iskrimAvatar border
TS
iskrim
DIY, Kreasi Botol Bekas Jadi Tempat Pensil Sekolah (Share Pengalaman)



Entah ini suatu kebetulan atau apa, ketika saya terbentur ide membuat sebuah thread even yang tinggal satu thread lagi belum saya selesaikan tiba-tiba sepulang sekolah kakak mendapat tugas dari gurunya untuk membuat barang jadi berguna dari bahan bekas, terutama dari botol plastik sampah.

Nggak pakai lama setelah diskusi kecil dengan kakak, kami putuskan membuat tempat pensil atau tempat bolpoin dari botol air mineral bekas. Ide sudah di dapat namun masih bingung harus memulai dari mana. Beruntung sekarang zamannya internet maka kami dapatkan ide cukup bagus untuk bisa mewujudkan dengan hasil yang lebih menarik.




Tempat Pensil
Dari Botol Mineral Bekas







Step 1
Sebelum memulai, bahan-bahan dan alat yang di gunakan adalah : Kain perca (bekas), botol bekas, cutter, gunting, resleting/zipper, dan lem tembak/ glue gun




Step 2
Gunting bagian leher botol mineral dengan cutter atau gunting. Sisakan bagian belakang tak terpotong sekitar 4 cm nanti sebagai engselnya. Maka akan terlihat seperti pada gambar, botol terbuka seperti memiliki mulut





Step 3
Potong kain bekas parca tadi menjadi dua bagian, atas dan bawah seperti terlihat pada gambar.





Step 4
Kemudian panaskan lem tembak tadi, setelah lem panas oleskan beberapa titik ke bagian ujung bawah sisi resleting, lalu tempelkan reslesting tersebut ke masing-masing bibir botol bekas tadi.




Step 5
Tempelkan resleting yang sudah di beri lem tadi ke sekeliling bibir botol hingga bertemu dengan ujung resleting pertama tadi.




Step 6
Rapihkan setiap ujung resleting dengan gunting. Jika sudah selesai maka akan tampak seperti terlihat pada gambar di atas.




Step 7
Langkah selanjutnya adalah menempelkan potongan kain perca bekas pertama tadi untuk bagian bawah botol. Lem secara merata seluruh bagian botol supaya kain menempel dengan kuat dan rapih.




Step 8
Dengan bantuan lem tembak tadi maka rapihkan juga kain bekas perca tadi pada bagian bawah botol. Lipat ke dalam dan buat serapih dan rata supaya nanti botol bisa berdiri tegak, tidak mudah jatuh.



Step 9
Lakukan cara yang sama pada bagian botol atas, oleskan botol dengan lem tembak tadi secara merata supaya kain menempel dengan rapih. Jika ada tambahkan potongan kertas mas lalu tempelkan sebagai pemanis seperti terlihat pada gambar.




Step 10
Botol sudah nampak 'berpakaian' dan botol bekas sudah tidak terlihat lagi. Terlihat sudah layak di gunakan dan cocok diletakkan dimeja manapun.




Step 11
Tempat pensil saat diisi; gunting, spidol, pensil, dan lain sebagainya. Botol air mineral bekas kini sudah di sulap menjadi tempat pensil dan sudah tidak menjadi limbah yang merugikan alam.

Nah, itulah satu contoh cara membuat tempat pensil yang dibuat dari botol air mineral bekas yang bisa digunakan kembali. Solusi hemat, kreatif dan berguna. Monggo yang memiliki pengalaman dengan limbah khususnya botol bekas mungkin bisa saling berbagi cerita disini. Komentar terbaik bakalan saya beri hadiah cendol. Terimakasih, salam iskrim!









Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Opini iskrim | Image: Koleksi pribadi | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 20-01-2019 22:29
3770372
dellesology
tata604
tata604 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.