iqidbeatAvatar border
TS
iqidbeat
Ini sebuah pertanyaan dari seorang newbie komputer
Ane adalah seorang operator sekolah madrasah yang baru aja masuk, jadi di dalam dunia pendidikan khususnya sekolah madrasah ada aplikasi yang nama ARD ( Aplikasi Rapot Digital ) sebuah aplikasi offline yang membutuhkan internet ( ane gak tau pasti cara jelasinnya pokonya begitu dah) jadi para guru dan wali kelas mengisi rapot siswa tidak menggunakan cara manual lagi ( tulis tangan / microsoft ), dan tugas operator disini salah satunya menjadi admin ARD, karna ARD modelnya seperti jaringan LAN atau sejenisnya yang membutuhkan server dan guru adalah client nya.
nah pada satu waktu saya nggak sengaja nge hapus salah satu data di file ARD dan aplikasinya jadi error. saya coba otak atik tapi malah makin parah akhirnya karna panik saya coba uninstall lalu saya install ulang aplikasinya tapi datanya jadi ilang semua, kerjaan server dan input nilai guru guru hilang.
pertanyaannya. agan agan ada yang tau nggak cara membalikkan data yang hilang karna ter uninstall? mohon pencerahannya untuk newbie ini.
makasih ganemoticon-Maluemoticon-Shakehand2emoticon-Toast
nona212
nona212 memberi reputasi
1
738
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.