Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
10 Tahun Tapi Motor Masih Tetap Kinclong? Bisa..

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Dunia maya sedang diramaikan dengan tantangan #10YearsChallenge. Di tantangan ini, netizen diminta untuk mengunggah foto diri mereka sepuluh tahun yang lalu disandingkan dengan foto terkini. Meski tantangannya terkesan mudah dan receh, tapi banyak lohyang tak tertarik dengan tantangan ini. Alasannya beragam, salah satunya karena malu menunjukkan wajahnya sendiri sepuluh tahun yang lalu, yang masih terlihat culun jika dibanding dengan wajah kekinian.

Bagi saya sendiri tantangan semacam ini cukup menghibur dan hanya saya anggap sekedar buat lucu - lucuan saja. Nggak perlu diseriusin. Malahan saya juga ikutan tertantang buat ikut challenge ini. Tapi bukan wajah saya yang terpampang ya, tapi "wajah" motor kesayangan saya. Kebetulan motor saya bulan ini berulang tahun yang kesembilan. Yah, kurang setahun lagi doi sudah satu dasa warsa usianya.


Meski sudah hampir satu dasa warsa, tapi tampilan motor kesayangan ini tak banyak berubah. Masih standar tanpa modifikasi, bahkan kinclongnya pun masih hampir sama dengan saat baru beli dulu. Satu - satunya pembeda hanya penambahan stiker "KASKUS" di bawah dudukan sebelah kanan. Stiker ini saya dapat pada saat mengikuti acara Kaskus The Lounge (KTL) di Surabaya.


Lalu, ngomong - ngomong masalah kinclong, apa sih yang membuat tampilan motor saya tetap kinclong meski sudah hampir sepuluh tahun di pakai? Tentu jawabannya adalah karena saya rajin ngebersihinnya. Cat motor memang rentan terkena debu saat musim kemarau dan air hujan saat musim penghujan. Dua hal ini adalah musuh utama cat motor, karena kalau tidak segera dibersihkan maka keduanya akan membuat cat tampak kusam. Air hujan bahkan meninggalkan noda bintik putih jika tak segera dibersihkan. Mengelap dengan kanebo bersih sesaat setelah terkena air hujan adalah solusinya.

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat membersihkan sepeda motor adalah tidak menggunakan air yang mengandung garam untuk mencuci (air sumur yang dekat dengan laut) karena akan membuat cat dan logam yang ada cepat korosi. Selain itu, penggunaan shampoo khusus dan cairan pembersih khusus untuk sepeda motor juga penting untuk menjaga cat tetap kinclong. Faktor lainnya, parkir di tempat teduh terhindar dari sinar matahari langsung juga jadi salah satu hal penting yang wajib kita perhatikan agar cat motor kita tidak kusam.


Buat saya sendiri sih, mencuci dan mengelap sepeda motor lebih baik saya lakukan sendiri ketimbang membawanya ke tempat cuci motor. Bahkan bisa dibilang, selama hampir sepuluh tahun ini motor saya tak pernah di cuci di pencucian motor kecuali dapat gratisan saat service. Bagi saya, membersihkan motor itu butuh ketelitian dan ketelatenan yang belum tentu akan dilakukan oleh karyawan tempat pencucian sepeda motor.


Mengendarai sepeda motor yang bersih, selain membuat kita merasa percaya diri, terkadang bagi beberapa orang juga membuat kita merasa nyaman dan ujung - ujungnya kita jadi betah berkendara di tengah padatnya lalu lintas jalan raya. Bagi saya sendiri, motor yang bersih membuat tarikannya semakin enteng. Sebaliknya, mengendarai sepeda motor yang kurang terawat membuat motor menjadi kurang enak tarikannya.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Dok. Pribadi




1
3.7K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.