T3buAvatar border
TS
T3bu
Dewan Syariah Kota Solo Gelar Demo Mozaik Jalan Diklaim Mirip Salib



Sekelompok orang yang mengatasnamakan Lembaga Umat Islam Surakarta , melakukan aksi damai menolak salibisasi Kota Solo, Jumat (18/1/2019).

Pasalnya, mereka mengklaim motif ruas jalan koridor di titik nol kilometer tepat di depan Balai Kota Surakarta, berbentuk salib .

Pimpinan Humas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Endro Sudarsono yang ikut dalam aksi tersebut, mengatakan desain baru koridor Jalan Jenderal Soedirman Surakarta, tampak seperti salib.

"Awalnya kami tahu dari Instagram. Di situ ribut warganet mempersoalkan ini. Kami akhirnya menyatakan sikap," katanya seperti diberitakan Antara.

Terkait hal itu, oleh Pemkot Surakarta ia diminta untuk melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan perwakilan Keraton Surakarta.

Ia mengatakan berdasarkan koordinasi tersebut, diperoleh hasil konblok memanjang ke arah selatan yang warnanya sama dengan persegi empat di titik nol kilometer diputus, sehingga hanya terlihat persegi empat berbentuk arah mata angin.

"Sebetulnya persegi ini berupa delapan arah mata angin. Menurut Gusti Puger dari Keraton Surakarta ini sesuai dengan filosofi arah mata angin," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua MUI Surakarta sekaligus Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Surakarta Subari mengatakan, desainer gambar koridor tersebut merupakan orang Muslim.

Karenanya, tidak ada niatan sedikitpun untuk menciptakan gambar salib. "Tadi sudah ada pertemuan, Gusti Puger sudah meminta agar delapan penjuru mata angin dibuat sama besar. Jadi bukan empat penjuru berukuran besar dan empat berukuran kecil. Usulan-usulan ini sudah disampaikan kepada Pemkot Surakarta dan ini untuk kenyamanan Kota Surakarta," katanya.

Mujahidin

Subhanallah

emoticon-Belgia
3
7.6K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.