Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • JANGAN LIAT DARI BENTUKNYA! BUNGA INI TERNYATA BANYAK KHASIATNYA LOH

syif4ghettiAvatar border
TS
syif4ghetti
JANGAN LIAT DARI BENTUKNYA! BUNGA INI TERNYATA BANYAK KHASIATNYA LOH
Sebagian dari kita mungkin pernah melihat bunga ini. Atau buat yang pertama kali melihatnya mungkin menganggap bentuk bunga ini mirip organ vital wanita. Yup, memang bunga ini memiliki nama latin Clitoria ternatea. Kalau di Indonesia sering disebut Bunga Telang.

Spoiler for Bunga Telang:


Jaman dulu, bunga ini sering dijumpai di pagar-pagar rumah. Tanaman ini masih keluarga polong-polongan yang berasal dari beberapa bagian di Asia. Tanaman ini punya biji yang kalau menurut ane mirip kacang kapri. Dan ada beberapa senyawa yang terkandung dalam bunga telang yaitu fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, dan ca-oksalat. Bagian daunnya juga mengandung senyawa seperti kaemferol 3-glukoside dan triterperroide.

Spoiler for Biji Telang:


Biasanya bunga telang dipakai untuk membersihkan mata bayi yang baru lahir. Caranya dengan merendamnya di sebuah mangkuk berisi air bersih. Lalu air yang terperangkap di kelopak bunga diteteskan ke mata bayi. Beberapa saat kemudian, kotoran-kotoran mata (belek) akan keluar dan membuat mata menjadi bersih dan jernih.


Selain itu, ternyata masih banyak manfaat bunga telang yang perlu diketahui. Diantaranya:

Quote:


Selain digunakan sebagai racikan minuman, saat ini bunga Telang juga digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Contohnya di Klantan, Malaysia bunga ini sering digunakan sebagai pewarna alami untuk nasi kerabu atau ketan. Sedangkan di Thailand ada yang berkreasi menciptakan latte dan macchiato dengan campuran bunga Telang.


Kira-kira seperti ini penampakannya gan. Seger banget ya keliatannya emoticon-Angel

Spoiler for Kreasi Minuman Bunga Telang:


Nah abis baca thread ini mungkin sebentar lagi bakal ada tren minuman baru nih pengganti Thai Tea. Selain enak, pastinya berkhasiat juga dong buat kesehatan agan dan sista. emoticon-2 Jempol


Sekian thread dari ane semoga bermanfaat emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:

Diubah oleh syif4ghetti 17-01-2019 10:00
nona212
mbsus
mbsus dan nona212 memberi reputasi
4
3.7K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.