Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thaburnquistAvatar border
TS
thaburnquist
mengapa kita berbohong ?
Pernah bertanya-tanya mengapa orang bisa berbohong?

halo agan yang kece dan sista yg ok. dimanapun kelen berada. izinkan ane membagikan tulisan yg disadur dan di ketik ulang. serta daei pemikiran ane sedikit. semoga berkenan.

Apa yang memicu mereka untuk berkata tidak jujur?
Ada alasan yang bervariasi untuk mencari tahu mengapa orang berbohong. Jelas, tidak ada jawaban tunggal untuk suatu aspek yang rumit dari sifat manusia.

Masing-masing dari kita, atau di beberapa titik dalam hidup kita, pasti pernah berbohong kepada seseorang tentang sesuatu. Kita, pada waktu itu, merasionalisasi dan membenarkan diri kita sendiri untuk menempatkan hati nurani kita agar nyaman, dan kemudian mengusir perasaan tidak nyaman yang masih terus ada, pada bagian belakang pikiran kita.

Apakah itu di dalam diri kita yang secara alami mendorong untuk menipu diri sendiri?

Hal ini diyakini bahwa keadaan yang berlaku pada saat itu memaksa orang untuk berbohong. Dalam kebanyakan kasus, orang berbohong untuk melindungi kepentingan pribadi mereka. Namun, ada orang-orang yang berbohong untuk menipu orang lain, sementara beberapa yang lain hanya kecanduan berbohong. Ada banyak orang yang berbohong untuk menghindari kritik dari orang lain. Penelitian telah menunjukkan bahwa 12% orang dewasa mengakui bahwa mereka kadang-kadang berbohong. Usia, tampaknya, tidak menanamkan kebijaksanaan kepada orang-orang. Beberapa studi, termasuk remaja hanya untuk mengevaluasi persentase berbohong atau ketidakjujuran, mengungkapkan bahwa 50% berbohong tentang hal yang berkaitan dengan uang, dan 83% berbohong kepada orang tua mereka.

semakin kita beranjak besar gan, semakin menjadi jadi membuat satu kebohongan untuk menutupi kebohongan lain. yaelah malah curcol
apalagi jika ditanya hubungan ini penjelasan ahlinya :

Mengapa Orang Berbohong dalam Hubungan?

Alasan di balik orang mengatakan kebohongan satu sama lain dalam hubungan begitu banyak, dan sangat bervariasi, bahwa bila diceritakan masing-masing, itu akan membuat sebuah buku tebal yang sangat besar. Motif yang mendasari orang untuk berbohong dalam suatu hubungan adalah kenyataan bahwa orang-orang melakukannya ketika :

Mereka berselingkuh
Mereka telah jatuh cinta pada orang lain tapi tidak punya keberanian untuk mengatakan pada pasangan
Mereka tidak nyaman mengungkapkan kebenaran tentang diri mereka sendiri atau beberapa aspek kehidupan mereka
Mereka tidak ingin konfrontasi atas beberapa masalah di mana berbicara pikiran mereka hanya akan menghasilkan pasangan mereka marah atau kesal.
Seseorang dapat menyembunyikan fakta tentang dirinya yang sebenarnya, untuk mencegah menimbulkan kemarahan pasangannya. Ada yang lain, motif halus karena berbohong. Orang kadang-kadang khawatir tentang mengungkapkan beberapa fakta yang berkaitan dengan masa lalu mereka, atau tentang diri mereka sendiri, yang mereka rasakan akan menghasilkan pasangan mereka keluar dari hubungan. Sebagai contoh, seseorang mungkin berbohong tentang hubungan sebelumnya, menyatakan bahwa penyebab kandasnya hubungan terdahulu karena kesalahan mantannya, bukan dia. Padahal, faktanya, dialah orang yang menyebabkan hancurnya hubungan dia sendiri dengan mantan terdahulu.

Membual adalah bentuk lain untuk menipu pasangan, tetapi orang-orang melakukannya di awal hubungan, dan jika terus berlanjut, mungkin menjadi tanda bahwa pasangan orang tersebut berhadapan dengan orang yang sangat egois.

selain diatas ada juga berbohong ditempat kerja alasan seperti dibawah ini gan :

Berbohong di Tempat Kerja

Persaingan tidak sehat di tempat kerja, dan keinginan untuk lebih unggul dari yang lain, adalah pemicu yang sering mendorong orang-orang untuk berbohong.

1. Orang berbohong mendiskreditkan dan “membalas” rekan saingan atau orang yang mereka anggap telah membuat api persaingan.

2. Orang yang malas dan sering menunda pekerjaan yang tidak dapat diperbaiki sering berbohong karena kebiasaan mereka. Sebagai contoh, banyak orang berpura-pura sakit atau beberapa lainnya “urusan keluarga”, untuk memutar fakta bahwa mereka memang sudah tidak menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

3. Banyak orang berbohong untuk membuat keuntungan keuangan cepat/korupsi.

4. Beberapa kebohongan untuk menghindari supaya tidak dibebani dengan tanggung jawab.

5. Yang lain melakukannya untuk mencegah agar tidak dipecat.

Kadang-kadang, orang berbohong karena kesalahpahaman, bahwa “pahitnya” kebenaran tidak diterima tanpa dilapisi manisnya perkataan tidak jujur, dan itu membumbui sedikit fakta tidak akan melukai siapa pun.

dan ada yg aneh gan, kita sering melakukan kebohongan untuk diri sendiri sebagai pembenaran, betul apa betul ?

Berbohong untuk Diri Sendiri

Orang terkadang berbohong kepada diri mereka sendiri atau, membenarkan kebohongan tersebut, tanpa menyadari bahwa mereka melakukannya, karena mereka telah “diinternalisasi” setengah kebenaran dan rekayasa setelah mengatakan terlalu sering, dan akhirnya percaya bahwa itu memang benar. Pikiran, ternyata cukup mampu melakukan penipuan seperti itu, dan hal itu terjadi ketika kita berada dalam penyangkalan kebenaran agak berat.

Kadang-kadang, seseorang mungkin tidak menyadari kebohongannya karena dia selalu percaya itu benar. Sebagai contoh, Anda suka sekali dengan barang-barang mistis seperti keris, batu akik dll. Anda sangat percaya bahwa didalam benda-benda itu menyimpan energi magis luar biasa. Padahal, benda-benda itu hanyalah sebuah benda mati saja.

ini dia gan, beberapa alasan mengapa kita berbohong :

Alasan mengapa orang berbohong dan memanipulasi mungkin tidak selalu negatif. Dalam beberapa kasus, kebohongan diucapkan untuk memastikan kesejahteraan seseorang. Dalam banyak situasi, seseorang tidak memiliki waktu untuk menjelaskan seluruh situasi ke orang dan meyakinkan dia, bahwa apa yang dilakukan adalah benar. Dalam banyak kasus, kebohongan dapat membantu untuk mengontrol situasi tertentu dari agar menghindari hal yang lebih buruk.

Cara Mengidentifikasi Pembohong

Ada banyak petunjuk yang dapat digunakan sebagai panduan cara mengenali gerak-gerik pembohong. Bahasa tubuh merupakan salah satu parameter penting. Seseorang yang berbohong biasanya :

1. Menghindari kontak mata, menyentuh wajah, hidung, garuk-garuk dll. Terkadang juga sering menunduk dan tidak fokus dengan lawan bicara.

2. Tersenyum hanya menggunakan beberapa otot di sekitar mulut sementara mata tetap awas dan waspada.

3. Banyak menggerakkan tubuh seperti posisi mundur, bermain kaki, tidak tenang seolah-olah dia ingin cepat-cepat pergi dari Anda.

Petunjuk verbal seperti :

1. Menjawab dengan suara keras dan tidak wajar atau cengengesan.

2. Menyangkal dengan lantang sesuatu yang dituduhkan, dan bukan dengan intonasi yang halus.

3. Menghindari menjawab pertanyaan secara langsung dan berbelit-belit.

3. Memberikan petunjuk sebaliknya atau menambahkan rincian yang tidak perlu dalam upaya untuk membuat kebohongan terkesan benar.

Dengan demikian, memahami di balik mengapa orang berbohong tidaklah sulit, tetapi motivasi dari tiap individu mungkin sulit untuk dapat menunjukkan. Namun, kebohongan diucapkan untuk tujuan yang baik (white lie), tidak boleh dipandang sebagai perilaku tidak jujur​​. Sejauh mungkin, berbohong memang harus dihindari, karena menciptakan kesalahpahaman dan mengikis kepercayaan bahwa orang lain telah terlanjur menaruh kepercayaan kepada Anda.

itu dia gan jawaban mengapa kita berbohong.
kalo ane pribadi gak mungkin kita gak pernah berbohong. apalagi kalau sudah kecanduan. tiada hari tanpa berbohong. baik itu dari hal kecil menjadi besar.

ingat gan, kebohongan itu bukan karena ada niat dari si pembohong tetapi karena ada kesempatan untuk berbohong yg akan menjadi rutinitas.

atau gimana menurut agan yang kece dan sista yg ok. ?????


sumur =
https://www.google.com/amp/s/bramardianto.com/psikologi-dibalik-mengapa-orang-berbohong.html/amp

Disclaimer : Artikel ini adalah untuk tujuan informatif saja dan tidak dengan cara apapun untuk menggantikan nasihat yang ditawarkan oleh seorang ahli pada subjek.
Diubah oleh thaburnquist 06-03-2018 14:00
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.