Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!
Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Gansis pernah mengalami kesulitan mengatur keuangan? Sudah ditabung, tapi masih terus digunakan untuk beli ini dan itu? Nah, ini pasti sering dialami, termasuk ane juga. Namun, sebenarnya mengatur keuangan nggak sulit, kok gansis, tapi dibutuhkan keseriusan.

Jika mau lebih efektif, gansis bisa memilih cara-cara tertentu untuk mengelola keuangan. Misalnya saja, mengikuti cara para miliarder mengatur uang mereka. Meski menerapkan langkah ini bukan berarti akan menjadi kaya dalam waktu cepat, setidaknya gansis sudah berada di jalan yang benar dengan cara yang tepat!

1. Berinvestasi

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang gansis. Oleh sebab itu, untuk menjadi sukses, jangan takut untuk menginvestasikan uang.

Meski mungkin uang yang diinvestasikan tidak sebesar para miliarder, setidaknya dengan berinvestasi gansis sudah bisa merencanakan dan menyiapkan masa depan lebih baik. Dengan investasi pula, uang bisa habis digunakan untuk keperluan yang baik dan berguna.
Investasi sendiri cukup beragam, ada yang berinvestasi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Jika bisa, usahakan memiliki investasi untuk ketiganya. Jika tidak, sesuaikan pilihan investasi dengan kebutuhan.

Yang pasti, investasi pendek dan menengah bisa dirasakan dalam kurun waktu yang cepat. Berbeda dengan investasi jangka panjang yang diperuntukkan untuk masa depan dan hari tua.

2. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Jangan kira orang kaya senang menghamburkan uang. Mereka justru menggunakan uang dengan cermat dan berhati-hati. Mereka hidup sederhana dan tidak menghabiskan uang di luar kebutuhan.

Nah, jika mereka yang sudah kaya saja tidak menghamburkan uang, kenapa gansis justru rela menambah utang hanya untuk membeli keinginan? Jadi, mulai sekarang cobalah untuk berhemat dan gunakan uang sesuai dengan kebutuhan.

Lagi pula, sebenarnya tuntutan gaya hidup saat inilah yang membuat pendapatan selalu terasa kurang. Sudah waktunya, untuk mengubah gaya hidup. Usahakan gunakan uang di bawah pemasukan. Kemudian, uang yang dihemat tersebut bisa dialihkan sebagai dana investasi, tabungan, atau dana darurat. Uang menjadi lebih berguna, bukan?

3. Rajin Menabung

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Bertambah pendapatan, bertambah banyak pula tabungannya. Menabung bukan hanya untuk anak kecil, justru para orang dewasa harus menabung lebih banyak demi menyiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Mengingat banyaknya kebutuhan di masa depan yang harus dipenuhi, sudah sewajarnya gansis memiliki cadangan uang. Oleh sebab itu, menabung harus dilakukan setiap bulannya.

Agar menabung menjadi lebih mudah, tentukan nominal yang akan disimpan dan pisahkan dari awal menerima gaji. Dengan begitu, tidak ada cerita tidak bisa menabung karena uang sudah habis dibelanjakan.

4. Berutang untuk Modal

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Berutang memang tidak dianjurkan, tapi jika untuk kepentingan yang menghasilkan uang, seperti modal bisnis atau usaha, gansis bisa menggunakan cara ini.

Dengan utang dijadikan modal usaha tentunya uang tersebut akan bertambah dan menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan itu pula, gansis bisa secara perlahan membayar utang. Namun, jangan mengambil pinjaman lebih besar dari keuntungan yang diperkirakan. Usahakan meminjam uang dalam nominal yang masih sanggup gansis bayar.

5. Miliki Lebih dari Satu Sumber Pendapatan

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Jika sudah punya pekerjaan tetap, usahakan memiliki cadangan sumber dana lain, gansis. Orang sukses tidak akan puas dengan satu sumber pendapatan. Mereka akan terus menyibukkan diri dengan sesuatu yang produktif.

Belajar dari mereka, gansis juga harus menyibukkan diri dengan hal baik yang menghasilkan. Gunakan waktu luang untuk mempelajari hal baru, memulai usaha kecil-kecilan, atau mengerjakan pekerjaan sampingan. Uang hasil bisnis atau pekerjaan sampingan ini tidak hanya bisa menambah penghasilan, tapi juga menambah wawasan dan pengalaman sehingga dapat menjadi bekal untuk masa depan.

6. Catat Rapi Anggaran Keuangan

Bingung Atur Keuangan? Gunakan Cara Seperti Miliarder Berikut Ini!

Kata siapa anggaran keuangan nggak penting? Justru penting banget, gansis agar bisa mengelola uang dengan baik. Dengan anggaran ini, gansis memiliki tujuan dan pembagian uang yang jelas setiap harinya sehingga tidak akan ada uang yang dibelanjakan secara percuma.

Orang sukses dengan uang hingga miliaran tentu memiliki anggaran keuangan pula agar penggunaannya sesuai dengan fungsi yang ditetapkan. Nah, sebelum mengelola uang dalam jumlah yang lebih besar, tidak ada salahnya belajar mengelola pendapatan bulanan terlebih dahulu. Dengan demikian, ketika mendapat bonus atau pemasukan yang lebih besar daripada biasanya, gansis bisa menggunakannya dengan bijak.




==========


Sebenarnya kenapa harus mengelola uang dengan baik, sih? Alasannya sederhananya, kalau mau hidup lebih teratur dan uang lebih bermanfaat, gansis harus memulainya dengan memiliki pengelolaan uang dengan baik.

Mengelola keuangan juga berarti mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Sekalipun awalnya terasa berat dan sulit, jika berhasil membiasakan diri mengelola uang dengan benar, keuangan pribadi pasti akan lebih sehat. Jika keuangan sehat, pastinya akan lebih mudah menyiapkan dana untuk masa depan dan hari tua.

Nggak ada ruginya, bukan? Jadi, kapan mau mengelola uang dengan baik?



Sumber
adnanami
adnanami memberi reputasi
1
1.5K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.