nyairaraAvatar border
TS
nyairara
ICW: Prabowo Bebas Tawarkan Imajinasi Berantas Korupsi, Jokowi akan Ditagih


Jakarta - Capres Prabowo Subianto dinilai lebih leluasa bicara program pemberantasan korupsi dibanding capresJoko Widodo (Jokowi). Jokowi disebut akan lebih banyak ditagih mengenai kinerja pemberantasan korupsi sebagai incumbent. 

"Sebagai penantang, Prabowo akan leluasa menawarkan imajinasi pemberantasan korupsi. Tentu tantangannya soal implementasi," kata Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, Selasa (15/1/2019).

Namun karena Prabowo belum punya rekam jejak di jabatan publik, maka penilaian kerja nyata pemberantasan korupsi tidak bisa dilakukan. Hal ini kontras dengan Jokowi sebagai incumbent.

"Jokowi juga pasti ditagih apa yang sudah dilakukannya sehingga dalam debat Kamis (17/1) mendatang, tantangan Jokowi lebih besar dibanding Prabowo. Karena tidak hanya menjelaskan visi-misi di sektor pemberantasan korupsi tapi juga ditagih apa yang sudah dilakukan 5 tahun ini," sambung Donal.

ICW juga menyoroti tawaran visi-misi capres-cawapres pada pemberantasan korupsi soal reformasi institusi penegak hukum dan tata kelola kepartaian.

"Ini yang tidak disentuh kedua kandidat," sebut Donal.

Capres Prabowo dalam pidato visi-misi Indonesia Menang, menegaskan program penegakan hukum tanpa pandang bulu. Keadilan menurutnya harus untuk semua pihak.

"Untuk memberantas korupsi sampai akar-akarnya kami akan memperkuat KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman. Kami pastikan tidak ada intervensi dan politisasi penegakan hukum," kata Prabowo, Senin (14/1) malam.

Prabowo juga berbicara mengenai posisi TNI yang diinginkannya menjadi angkatan pertahanan yang kuat. 

"Tentara yang kuat bukan menakuti orang lain, tentara kuat menjamin kedaulatan bangsa Indonesia. Kami juga ingin meningkatkan kualitas kepolisian agar mampu menjadi polisi yang unggul," sambungnya.



Diubah oleh nyairara 15-01-2019 04:46
0
3.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.