alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.71 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2df1bf54c07aec2a8b456a/battle-of-castillon-penutup-perang-100-tahun
Lapor Hansip
03-01-2019 18:27
Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Past Hot Thread
Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Battle of Castillon

Pertempuran Castillon adalah pertempuran yang terjadi pada tanggal 17 Juli 1453 di Gascony dekat kota Castillon-sur-Dordogne. Kemenangan Perancis yang menentukan, dianggap menandai berakhirnya Perang Seratus Tahun. Sebagai hasil dari pertempuran, Inggris kehilangan semua wilayah tanah di Perancis , kecuali Calais.


Quote:
Awal mula perang

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Altilery sudah digunakan

Pada tahun 1451, arah angin Perang Seratus Tahun berbalik menguntungkan Prancis, Raja Charles VII mengerahkan pasukan ke selatan dan berhasil merebut Bordeaux. Penduduk kota yang lebih suka dipimpin oleh Inggris dan membenci Prancis secara diam-diam mengirim utusan ke London agar Inggris menghimpun pasukan untuk membebaskan wilayah mereka. Sementara itu dilain pihak pemerintahan Inggris sedang dalam kekacauan karena Raja Henry VI sedang berurusan dengan kegilaan Duke of York dan Earl of Somerset yang bersaing untuk mendapatkan kekuasaan, walau demikian upaya tetap dilakukan untuk mengirimkan pasukan di bawah kepemimpinan komandan veteran John Talbot, Earl of Shrewsbury.


Quote:
Talbot tiba di medan Pertempuran

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Peta Pertempuran

Pada tanggal 17 Oktober 1452, Talbot mendarat di dekat Bordeaux dengan kekuatan 3.000 pasukan. Seperti yang telah dijanjikan, penduduk kota segera mengusir garnisun Prancis yang ada disekitar situ dan menyambut kedatangan pasukan Talbot of Shrewsbury. Seketika itu, Inggris langsung membebaskan sebagian besar daerah di sekitar Bordeaux, di lain pihak, Prancis mundur dan menghabiskan musim dingin sambil menyiapkan sebuah pasukan yang lebih besar untuk menyerbu kembali wilayah tersebut. Meskipun diperkuat oleh putranya, Lord Lisle, dan sejumlah pasukan lokal yang royal terhadap Inggris, Talbot Shrewsbury hanya memiliki sekitar 6.000 orang dan kalah jumlah dengan Prancis yang semakin dekat. Prancis datang dan membagi pasukannya dalam 3 sisi, menyerang dari berbagai sisi yang berbeda dan merebut kembali desa-desa dan wilayah disekitar kota tersebut.

Prancis menyerbu dengan tiga pasukan terpisah, namun semuanya menuju Bordeaux. Talbot saat itu mendapatkan 3.000 bala bantuan tambahan dari putra favoritnya, John, Viscount Lisle. Prancis mengepung Castillon pada tanggal 8 Juli, sementara itu, Talbot mengikuti saran dari komandan kota untuk mengabaikan rencana semula yang menunggu bala bantuan di Bordeaux, dan segera keluar untuk menyerang Prancis.

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Rekonstruksi Battle of Castillon

Tentara Prancis dikomandoi oleh beberapa orang, diantaranya ada seorang perwira persenjataan Charles VII, Jean Bureau yang berinisiatif mengatur garis pertahanan untuk memaksimalkan kekuatan artileri Prancis. Dalam pengaturan pertahanan, pasukan Bureau membangun sebuah kompi artileri di luar jangkauan tembak Castillon.

Talbot meninggalkan Bordeaux pada tanggal 16 Juli. Dia tiba di Libourne saat matahari terbenam dengan 500 prajurit dan 800 pemanah. Hari berikutnya, pasukan ini berhasil menghancurkan detasemen pemanah Prancis yang ditempatkan di sebuah biara di dekat Castillon. Setelah kemenangan awal ini, pasukan Talbot berencana untuk menunggu kedatangan bala bantuan yang sudah disiapkan, namun Talbot mendesak pasukannya untuk melanjutkan serangan langsung ke kamp pertahanan Prancis, karena ia yakin, pasukan bantuan akan tiba sebentar lagi. Waspada dengan posisi Inggris yang semakin dekat, Bureau memindahkan 300 senjata berbagai jenis dari posisi menembak di dekat kota untuk mempertahankan kamp. Dengan pasukannya yang ditempatkan di belakang garis pertahanan yang kuat, Bureau menantikan serangan langsung dari Talbot.


Quote:
Jalannya pertempuran

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Ilustrasi

Ketika pasukan Talbot tiba di medan perang utama, seorang pengintai memberitahukan Talbot bahwa pasukan Prancis telah mundur dari daerah itu namun awan debu besar menghalangi pandangan. Gumpalan debu ini disebabkan oleh kepergian pasukan kamp Prancis yang telah diperintahkan untuk mundur oleh Bureau. Mencoba untuk melakukan sebuah serbuan yang menentukan, Talbot memerintahkan pasukannya untuk melanjutkan perang dan mengirim mereka maju tanpa mengintai terlebih dahulu posisi Prancis. Mereka menyerbu ke garis pertahanan Prancis, dan mereka kaget ketika mengetahui jumlah pasukan Prancis dalam jumlah besar sudah menanti.

Merasa tidak gentar, Talbot mengirim pasukannya maju dan menyerbu walau dihujani panah dan tembakan artileri. Talbot sendiri didalam posisi yang tidak diuntungkan karena dia tidak mengenakan armor karena dia sebelumnya telah ditangkap oleh Perancis dan dibebaskan dengan syarat perjanjian tersebut. Talbot menyerbu melintasi medan perang mendorong pasukannya ke depan, namun naas dia dan pasukannya tidak dapat menerobos garis pertahanan yang dijaga oleh Bureau, pasukan Inggris pun dibantai secara massal. Dengan serangan dari samping, pasukan Prancis muncul di sisi Talbot dan langsung menerjang. Situasi memburuk dengan cepat, kuda Talbot terkena serpihan peluru meriam dan ia terjatuh hingga kakinya patah.

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Talbot terjatuh dari kudanya dan dibunuh ditempat

Sekonyong pasukan Prancis yang awalnya mempertahankan garis pertahanan segera keluar dan mengepung Talbot beserta pasukannya dan membunuhnya ditempat. Disisi lain pertempuran, Lord Lisle juga tertabrak. Dengan kedua pemimpin militer mereka tewas, moral pasukan Inggris jatuh dan mereka mundur dari pertempuran, mereka semua lari kembali ke Bordeaux. Setelah itu pasukan Prancis pun mengarah ke Bordeaux, mengepungnya selama tiga bulan lamanya dan berhasil merebutnya pada tanggal 19 Oktober.


Quote:
Akibat dari Perang

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
War of Roses, salah satu penyebabnya adalah ketidakpuasan sebagian bangsawan Inggris atas hasil perang 100 tahun

Pertempuran Castillon adalah pertempuran besar terakhir dari Perang Seratus Tahun, perang ini membuat Inggris kehilangan 4.000 orang prajuritnya, sebagian karena terluka dan ditangkap, serta kehilangan salah satu komandan lapangan mereka yang paling terkenal. Sebaliknya, korban dipihak Prancis hanya sekitar 100 orang. Setelah itu kesehatan mental Henry mulai menurun dan berkobar perang saudara di Inggris yang dikenal dengan nama Perang Mawar (War of Roses) sehingga Inggris tidak akan mampu lagi untuk mengobarkan perang lanjutan ke Prancis dan kembali mengklaim Tahta atas Prancis.



Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Diubah oleh liamonters
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
03-01-2019 18:28
Akhir Karier Militer Joan Of Arc
https://kask.us/izep4

Puncak Kampanye Loire Battle Of Patay
https://kask.us/iyIbq

Epic Comeback Siege Of Orléans
https://kask.us/ixML8

Edward Of Woodstock The Black Prince
https://kask.us/ixe67

Longbowman Dan Perannya Dalam Perang 100 Tahun
https://kask.us/iw5t7
Diubah oleh liamonters
2
03-01-2019 21:05
good story
-1
03-01-2019 22:06
yah
goodbye talbot
0
11-01-2019 09:01
#21,193
Mau tanya, di utara Prancis kan ada wilayah yang disebut Britanny. Apa namanya berhubungan dengan British Isles?
Diubah oleh gilbertagung
1
11-01-2019 09:14
Quote:Original Posted By gilbertagung
Mau tanya, di utara Prancis kan ada wilayah yang disebut Britanny. Apa namanya berhubungan dengan British Isles?


yes ada

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)

Quote:Immigration of Britons

Toward the end of the 4th century, the Britons of what is now Wales and the South-Western peninsula of Great Britain began to emigrate to Armorica. The history behind such an establishment is unclear, but medieval Breton, Angevin and Welsh sources connect it to a figure known as Conan Meriadoc. Welsh literary sources assert that Conan came to Armorica on the orders of the Roman usurper Magnus Maximus,[a] who sent some of his British troops to Gaul to enforce his claims and settled them in Armorica. This account was supported by the Counts of Anjou, who claimed descent from a Roman soldier[b] expelled from Lower Brittany by Conan on Magnus's orders. Regardless of the truth of this story, Brythonic (British Celtic) settlement probably increased during the Anglo-Saxon invasion of Britainin the 5th and 6th centuries. Scholars such as Léon Fleuriot have suggested a two-wave model of migration from Britain which saw the emergence of an independent Breton people and established the dominance of the Brythonic Breton language in Armorica.[22] Their petty kingdoms are now known by the names of the French counties that succeeded them—Domnonée (Devon), Cornouaille (Cornwall), Léon (Caerleon); but these names in Breton and Latinare in most cases identical to their British homelands. (In Breton and French, however, Gwenedor Vannetais continued the name of the indigenous Veneti.) Although the details remain confused, these colonies consisted of related and intermarried dynasties which repeatedly unified (as by the 7th-century Saint Judicaël) before splintering again according to Celtic inheritance practices. The area was finally consolidated in the 840s under Nominoein resistance to Frankish control.[23] Among the immigrant Britons, there were some clergymen who helped the evangelisation of the region, which was still pagan, particularly in rural areas


sebelum disebut britanny, nama wioqyah itu Almorica, setelah para bangsa kelt berimigrasi ke situ, baru nama brittany dikenal. brittany juga dikenal sebagai brittania kecil sebagai pembeda dengan kepulauan utama British
1
11-01-2019 09:17
#21,197
Quote:Original Posted By liamonters
yes ada

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)



sebelum disebut britanny, nama wioqyah itu Almorica, setelah para bangsa kelt berimigrasi ke situ, baru nama brittany dikenal. brittany juga dikenal sebagai brittania kecil sebagai pembeda dengan kepulauan utama British


Apakah bahasa yang digunakan di Britannya berkaitan dengan bahasa di British Isles, terutama Old English?
Apakah Perang 100 Tahun membuat Inggris dan Prancis tekor secara finansial?
Diubah oleh gilbertagung
0
11-01-2019 09:26
Quote:Original Posted By gilbertagung
Apakah bahasa yang digunakan di Britannya berkaitan dengan bahasa di British Isles, terutama Old English?
Apakah Perang 100 Tahun membuat Inggris dan Prancis tekor secara finansial?


yang diketahui sebagai bahasa tradisional mereka adalah gallo. bahasa sekitar yg mendapat pengaruh dari normandia, hanya skrg rata2 ud pake bahasa prancis standard. btw pas imigrasi breton, inggris modern blm ada, soalnya si bastard belom nyebrang, jd masih anglo-saxon.

inggris di akhir perang iya. salah satu pemicu perang mawar gara2 para baron dan bangsawan lain yg kenyang makan janji kemenangan dan kekayaan di prancis di akhir perang harus menelan pil pahit, akhirnya jadi perang mawar. emoticon-Big Grin
0
11-01-2019 09:31
#21,199
Quote:Original Posted By liamonters
yang diketahui sebagai bahasa tradisional mereka adalah gallo. bahasa sekitar yg mendapat pengaruh dari normandia, hanya skrg rata2 ud pake bahasa prancis standard. btw pas imigrasi breton, inggris modern blm ada, soalnya si bastard belom nyebrang, jd masih anglo-saxon.

inggris di akhir perang iya. salah satu pemicu perang mawar gara2 para baron dan bangsawan lain yg kenyang makan janji kemenangan dan kekayaan di prancis di akhir perang harus menelan pil pahit, akhirnya jadi perang mawar. emoticon-Big Grin


Berarti Perang 100 Tahun berakhir sia-sia untuk Inggris? Wilayah baru gak dapat, keuangan tekor, dan perang saudara.
0
11-01-2019 09:46
Quote:Original Posted By liamonters


yang diketahui sebagai bahasa tradisional mereka adalah gallo. bahasa sekitar yg mendapat pengaruh dari normandia, hanya skrg rata2 ud pake bahasa prancis standard. btw pas imigrasi breton, inggris modern blm ada, soalnya si bastard belom nyebrang, jd masih anglo-saxon.

inggris di akhir perang iya. salah satu pemicu perang mawar gara2 para baron dan bangsawan lain yg kenyang makan janji kemenangan dan kekayaan di prancis di akhir perang harus menelan pil pahit, akhirnya jadi perang mawar. emoticon-Big Grin


ada penemuan2 revolusioner atau mutakhir apa saja dlm hal militer slama era perang 100tahun itu, gan... ??
Diubah oleh yoseful
0
11-01-2019 09:58
Quote:Original Posted By gilbertagung
Berarti Perang 100 Tahun berakhir sia-sia untuk Inggris? Wilayah baru gak dapat, keuangan tekor, dan perang saudara.


pihak kerajaan rugi, selain karena kalah dan dana terkuras untuk perang, mesti perang saudara lagi, dan juga normandy dan aquitaine direbut prancis. tapi sebagian orang untung karena penjarahan di prancis slama perang ini.

diprancis sendiri hancur bgt karena sumber daya semua tersedot untuk perang, awal2 perang yg berdarah2 membuat kerajaan menarik pajak lebih dari rakyatnya. kedepannya setelah perang, pajak ini masih ditarik, untuk membentuk angkatan perang yang lebih kuat dan berbasis messiu seperti meriam.

Quote:Original Posted By yoseful
ada penemuan2 revolusioner atau mutakhir apa saja dlm hal militer slama era perang 100tahun itu, gan... ??


lanjutan diatas, setelah perang 100 tahun, lambat namun pasti, panah mulai tergantikan dengan teknologi messiu, artilery mulai digunakan untuk menjebol kastil2 yg kuat.
0
11-01-2019 10:01
#21,204
Quote:Original Posted By liamonters
pihak kerajaan rugi, selain karena kalah dan dana terkuras untuk perang, mesti perang saudara lagi, dan juga normandy dan aquitaine direbut prancis. tapi sebagian orang untung karena penjarahan di prancis slama perang ini.

diprancis sendiri hancur bgt karena sumber daya semua tersedot untuk perang, awal2 perang yg berdarah2 membuat kerajaan menarik pajak lebih dari rakyatnya. kedepannya setelah perang, pajak ini masih ditarik, untuk membentuk angkatan perang yang lebih kuat dan berbasis messiu seperti meriam.


Sekarang aku bisa nonton anime ini dengan hati yang lebih tenang.
Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Kalau penasaran, anime ini tentang Perang 100 Tahun.
0
11-01-2019 10:30
Quote:Original Posted By liamonters


pihak kerajaan rugi, selain karena kalah dan dana terkuras untuk perang, mesti perang saudara lagi, dan juga normandy dan aquitaine direbut prancis. tapi sebagian orang untung karena penjarahan di prancis slama perang ini.

diprancis sendiri hancur bgt karena sumber daya semua tersedot untuk perang, awal2 perang yg berdarah2 membuat kerajaan menarik pajak lebih dari rakyatnya. kedepannya setelah perang, pajak ini masih ditarik, untuk membentuk angkatan perang yang lebih kuat dan berbasis messiu seperti meriam.



lanjutan diatas, setelah perang 100 tahun, lambat namun pasti, panah mulai tergantikan dengan teknologi messiu, artilery mulai digunakan untuk menjebol kastil2 yg kuat.


walo jelas2 bs membangkrutkan apbn, tp perang tsb bs berlangsung sampe 1 abad lama nya?? paham kebencian yg mendalam dr rakyat inggris ke perancis & sebaliknya, gimana cara menghilangkan nya bg ke2 belah pihak pd saat itu, gan??

Quote:Original Posted By gilbertagung


Sekarang aku bisa nonton anime ini dengan hati yang lebih tenang.
Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
Kalau penasaran, anime ini tentang Perang 100 Tahun.


yg an etau hny serial maria the virgin witch, selebihnya, judul anime apa itu, gan ??
0
11-01-2019 10:32
#21,209
Quote:Original Posted By yoseful
yg an etau hny serial maria the virgin witch, selebihnya, judul anime apa itu, gan ??


Ulysses Jeanne d'Arc to Renkin no Kishi.
Sesuai judulnya, ini tentang "Jeanne d'Arc", tapi versi KW supernya.emoticon-Ngakak
Baru tamat tanggal 30 kemarin.
0
11-01-2019 23:07
Quote:Original Posted By yoseful
walo jelas2 bs membangkrutkan apbn, tp perang tsb bs berlangsung sampe 1 abad lama nya?? paham kebencian yg mendalam dr rakyat inggris ke perancis & sebaliknya, gimana cara menghilangkan nya bg ke2 belah pihak pd saat itu, gan??



yg an etau hny serial maria the virgin witch, selebihnya, judul anime apa itu, gan ??


sorry baru balas. beberapa hal mungkin yang harus diketahui tentang perang 100 tahun ini.

1. perang 100 tahun bukan berarti selama 100 tahun mereka berperang terus tanpa henti, ada masa dimana mereka berperang, lalu ada yang tertawan dan diadakan perundingan dan damai beberapa tahun kemudian panas lagi dan perang lagi, terus damai lagi hingga 100 tahunan lama nya situasi itu terus berputar terjadi kembali berulang2.

2. Hub antara prancis dan inggris ini agak unik sebenarnya, kadang akur kadang berantem begitu terus selama seribuan tahun ini. hal itu lumrah karena memang selain bersebrangan, pada dasarnya raja2 inggris itu juga ancestornya dari Prancis yang notabenenya Duke of Normandy, yaitu William 1/ the conqueror yang menginvansi anglo saxon di Hasting. lalu di masa selanjutnya juga terjadi pernikahan campuran antar bangsawan dari kedua belah pihak.

3. Dibalik dari semua itu, karena raja2 setelah William 1 ini bisa dibilang banyak yang moyangnya juga noble2 prancis, maka timbul keinginan untuk mengklaim tahta atas Valois/France.

4. Cassus belli paling utamanya adalah Pada tahun 1328, Charles IV dari Prancis meninggal tanpa meninggalkan putra atau saudara. Kerabat laki-laki terdekatnya adalah keponakannya Edward III dari Inggris , itu karena emaknya edward 3, Isabella dari Perancis, saudaranya almarhum Raja Prancis. Isabella mengklaim tahta Prancis buat anaknya , jelas Prancis menolaknya, Prancis berpendapat bahwa Isabella tidak bisa mengklaim gt aja karena dia ga punya hak atas itu. Sebagai gantinya, tahta prancis dikasihkan kepada Philip, Pangeran Valois , sepupu patrilineal Charles IV, yang kelak jadi Philip VI dari Prancis , raja pertama dari Keluarga Valois. Inggris sebenarnya ga ngarep2 bgt buat klaim mahkotanya prancis dan enggak mendesak masalah ini ketika ditolak. Namun, ketidak akuran antara Philip dan Edward mendorong mereka buat nyita tanah moyangnya raja dan noble inggris di Perancis, dan pada gilirannya hal itu bikin Edward III geram dan menegaskan kembali klaimnya kepada takhta Prancis.
3
12-01-2019 05:17
aku subscribe biar bisa di save bang emoticon-Big Grin

aku merasa bodoh emoticon-Frown
jurusan HI dan aku juga sudah mempelajari tentang sejarah sejarah eropa,tapi yang ini aku tidak tau emoticon-Frown

ilmuku masih kurang...
makasih bang emoticon-Big Grin emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh uang5ratus
2
12-01-2019 05:20
Quote:Original Posted By uang5ratus
aku subscribe biar bisa di sae bang emoticon-Big Grin

aku merasa bodoh emoticon-Frown
jurusan HI dan aku juga sudah mempelajari tentang sejarah sejarah eropa,tapi yang ini aku tidak tau emoticon-Frown

ilmuku masih kurang...
makasih bang emoticon-Big Grin emoticon-Angkat Beer


pelajaran sejarah ini bang gopek
0
12-01-2019 05:21
Quote:Original Posted By edsixteen


pelajaran sejarah ini bang gopek


kukira pengetahuanku sudah cukup untuk di HI soal sejarah eropa ed emoticon-Frown
ternyata belum emoticon-Big Grin
0
12-01-2019 05:31
Buset jatuh korban nya timpang bgt 4000:100 itu pasukan inggris ngapain aja yak 😂
0
12-01-2019 05:37
Setrategi perangnya kurang cerdas, nafsuan.. Aturan main dalam tower aje emoticon-Shakehand2
Diubah oleh mukhlys
0
12-01-2019 05:41
pernah didongengin perang ini, perang 100 tahun ini kan pindah2 tempat ya?
kok perang ini banyak yang menyumpulkan bahwa kemenanwgan prancis? apa krn valois bs menduduki tahta di prancis atau krn wilayah inggris banyak yang di caplok?
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.