Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

achilles29Avatar border
TS
achilles29
Mengapa Orang Jepang Jarang Merayakan Ulang Tahun?
Jumat, 4 Januari 2019 07:45 WIB

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kue Ulang Tahun




Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM TOKYO - Hingga saat ini masyarakat Jepang sangat jarang merayakan hari ulang tahun. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, orang-orang Jepang juga tidak mau menyusahkan orang lain dengan merayakan ulang tahun.

"Di Jepang pada umumnya tidak ada perayaan ulang tahun, itu hanya meniru gaya barat saja terutama dari Eropa dan Amerika," ungkap Ryuji Kinugawa, seorang pengamat ulang tahun Jepang kepada Tribunnews.com, Jumat (4/1/2018).

Menurutnya, pengaruh budaya barat membuat Jepang memunculkan peraturan UU mengenai penghitungan usia di Zaman Meiji (Law No. 50 tanggal 2 Desember 1878) dan diberlakukan tanggal 22 Desember 1902.

"Oleh karena itu secara resmi perayaan ulang tahun sebenarnya dimulai sejak tahun 1902, terutama yang baru lahir tanggal 22 Desember 1902," kata Ryuji Kinugawa.

Butuh waktu agak lama sampai perayaan ulang tahun di Jepang menyebar luas.

Maka awal tahun 1950 kecenderungan perayaan ulang tahun semakin luas di Jepang terutama untuk anak berusia satu tahun.

Mengapa ulang tahun jarang dirayakan di Jepang hingga saat ini?

"Orang Jepang pada dasarnya pemalu, sungkan, menyusahkan orang kalau buat pesta ulang tahun," tambahnya.

Meskipun orang yang berulang tahun yang mengeluarkan biaya misalnya untuk sewa tempat, menyediakan makanan, minuman dan lainnya, tetapi yang diundang biasanya akan membawa oleh-oleh atau hadiah atau tanda terima kasih sehingga harus ke luar uang.

Contohnya, saat pesta pernikahan di Jepang, paling sedikit harus memberikan uang tunai 30.000 yen kepada pasangan pengantin tersebut.

Tidak sedikit yang memberikan 50.000 yen, sehingga memberikan beban kepada yang diundang (yang hadir).

"Itulah sebabnya kita buat pesta yang berulang tahun biasanya segan buat pesta karena orang lain yang diundang pasti akan membawa sesuatu dan hal itu akan memberatkan (menyusahkan) orang yang diundang. Supaya tidak menyusahkan, maka tidak buat pesta ulang tahun," kata dia.

Ada pengecualian yaitu orang kaya raya, biasanya yang diundang tak membawa hadiah atau bingkisan, karena yang berulang tahun kaya raya dan tak membutuhkan hadiah.

"Kalaupun mau bawa sesuatu biasanya bunga untuk semakin menyemarakkan pesta ulang tahun," ujar dia.

Perayaan uang tahun di Jepang umumnya dilakukan oleh pasangan saja, pacar atau yang sudah menikah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ozmall pada Juni 2011, 56 persen dari 800 wanita berusia 20 hingga 29 tahun ingin menghabiskan hari ulang tahun mereka sendirian dengan pacar atau suami mereka.

Adapun hadiah, 27 persen ingin aksesori, 20 persen ingin pergi ke restoran, 17 persen hanya ingin menghabiskan waktu bersama pasangannya, 9 persen ingin melakukan perjalanan di Jepang, 7 persen ingin bepergian ke luar negeri.

Sebanyak 6 persen ingin diusulkan, 5 persen ingin hal-hal bermerek seperti tas atau dompet, 2 persen ingin arloji, dan 7 persen ingin sesuatu yang lain (bermacam-macam).

Penelitian lain terhadap 200 pria yang memiliki istri atau pacar dan dijawab oleh mereka bahwa 70 persen ingin berkencan untuk merayakan ulang tahun mereka.

Lalu terkait dengan hadiah ulang tahun, 28 persen mengatakan bahwa mereka ingin pergi "kencan makan malam ke restoran mewah," diikuti oleh 16 persen yang ingin "menginap di hotel," 15 persen yang ingin pergi ke onsen (pemandian air panas alam).

Sebanyak 13 persen ingin menikmati malam dengan santai, 6 persen yang ingin pergi ke taman hiburan (misalnya Disneyland), 4 persen yang ingin menonton olahraga, 4 persen yang ingin makan di restoran yang biasa, 3 persen yang ingin kencan sambil santai di spa (pijat), 1 persen yang menginginkan kencan pantai, dan 10 persen menginginkan hal-hal lain (bermacam-macam).




http://m.tribunnews.com/internasional/2019/01/04/mengapa-orang-jepang-jarang-merayakan-ulang-tahun?page=all




Yang namanya pesta gk perlu keluarin duit banyak-banyak....

Yang penting meriah dan sederhana.... emoticon-Cool
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.