Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cakmamanAvatar border
TS
cakmaman
Kenali 11 Ciri-Ciri Kucing Hamil ini, Wajib Catlovers Ketahui!
 


Buat kamu yang punya kucing maupun pecinta kucingtentu harus mengetahui ciri-ciri kucing hamil. Jika tidak tahu, kebangetan sekali hehe.


Banyak yang bertanya dan mencari informasi nih, bagaimana sih ciri-ciri kucing hamil itu? Apa kita hanya baru tahu kucing hamil jika perutnya, tentu lebih baik jika kita sudah mengetahui sejak dini saat kucing hamil.
Untuk memastikan kucingmu sedang hamil atau tidak, kamu sendiri bisa mengenali ciri-ciri kucing hamil, tidak perlu melulu ke dokter atau klinik hewan untuk mengecek keadaan kucingmu.

Ada dua hal yang harus kamu perhatikan dan ketahui, yaitu mengetahui tingkah laku kucingmu dan melihat secara fisik kucingmu.

Mengetahui Ciri-Ciri Kucing Hamil dengan Tingkah Lakunya

Pertama, tingkah laku kucing lebih mudah dapat kita ketahui daripada secara fisik kucing. Ciri ini juga lebih nampak dahulu dan bisa diketahui dari rutinitas kucingmu.

Apa saja? Inilah perubahan tingkah laku kucing yang biasa terjadi.

Kucingmu Pernah Muntah Tidak?
Pada awalnya yaitu kucing sering muntah-muntah. Seperti halnya wanita yang hamil, tanda awalnya kehamilan adalah dengan adanya muntah. Namun tidak semua kucing akan mengalami hal ini.
Alangkah lebih baiknya kamu konsultasikan dengan dokter hewanmu, jika saran dokter untuk dibawa ke kliniknya maka bawa kucingmu segera. Sehingga dapat diketahui kucing kamu muntah karena sedang hamil atau sakit.

Kucing Lebih Suka Mencari Perhatianmu
Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang suka manja dan mencari perhatian. Tetapi ada juga kucing yang tidak terlalu manja, walaupun mungkin tidak banyak.

Namun pada saat kucing yang hamil akan lebih manja dan lebih suka mencari perhatian dari biasanya. Biasanya kucing datang kearah kamu untuk minta dielus, menggosok badannya ke tubuhmu, atau hanya sekedar bersantai dan tidur didekatmu.
Tentu sebagai pecinta kucing sangat senang jika kucing manja kepada kamu, maka belailah kucingmu dengan kasih sayang.

Berhentinya Siklus Birahi Kucing Hamil
Pada siklus birahi kucing atau disebut juga siklus estrus bisa berbeda-beda tergantung berbagai hal, salah satunya yaitu dengan dipengaruhi musim.

Di Indonesia yang merupakan negara tropis, rata-rata lama satu siklus birahi kucing sekitar 30-40 hari. Untuk waktu birahi kucing sekitar 7 hari.

Jika pada saat waktu birahi tersebut kucingmu tidak minta kimpoi, maka siklus birahi kucingmu telah berhenti. Ada kemungkinan besar kucingmu sedang hamil sekitar 7 hari atau kurang.

Sensitif dan Defensive dengan Kucing Lain
Seperti sudah menjadi fitrahnya semua ibu akan melindungi anaknya agar tetap baik-baik saja. Sama halnya dengan kucing, akan berubah sangat protektif saat hamil.

Misalnya kucingmu yang biasanya suka bermain dengan kucing lainnya, namun pada saat hamil kucingmu akan berubah tingkah lakunya. Seolah-olah tidak ingin diganggu oleh kucing lain pada saat dia hamil.

Nafsu Makan Kucing Meningkat Pada Saat Hamil
Kamu jangan heran ketika kucingmu pada saat masa hamil sering meminta makan terus. Karena kucing juga perlu protein dan energi lebih daripada kucing biasanya. Atau saat dia tidak hamil.

Pada masa kucingmu hamil, usahakan berikan makanan dan minuman yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan kucingmu dan bayinya. Yang dimana nafsu makannya lebih besar daripada saat tidak sedang hamil.
Oiya, buat kamu yang mengatur porsi makan kucingmu agar tidak kegemukan, berikan toleransi saat dia sedang hamil ya.

Tidur Sering Berpindah Tempat
Apakah kucingmu seing berpinfah tempat untuk tidur padahal sudah kamu sediakan untuk kucingmu tempat tidur?
Nah bisa jadi kucingmu sedang hamil, karena kucing yang hamil cenderung berpindah-pindah tempat yang menurutnya nyaman untuk kucingmu dan janinnya. 
Perilaku ini juga salah satu cara kucing untuk menemukan tempat untuk melahirkan.
Ciri-ciri kucing hamil ini terjadi sebelum kucing menemukan tempat untuk melahirkan.

Mencari Tempat Untuk Melahirkan
Kalau sudah seperti ini sudah dipastikan kucingmu sedang hamil tua dan akan melahirkan dalam waktu dekat.
Selamat yaa
Eits tunggu dulu, kamu juga harus peka jika kucingmu sudah berkelakuan seperti ini. Yang perlu kamu lakukan buatlah tempat yang telah dipilih kucingmu menjadi tempat yang nyaman. Seperti dengan memberikan handuk atau selimut agar tempat kucingmu melahirkan terjaga kehangatannya.
Terkadang pula tempat yang dipilih kucing tempat yang sunyi, yang sempit, atau bahkan daerah yang jarang kamu ketahui. Jadi kamu harus perhatikan baik-baik ya.

Melihat Ciri-Ciri Kucing Hamil dengan Fisiknya
Jika tadi sudah mengetahui ciri-ciri kucing hamil dengan melihat tingkah lakunya, maka sekarang melihat dengan perubahan fisiknya.
Jika kamu perhatikan dengan seksama dan rutin, perubahan ini akan mudah untuk diketahui

Puting Kucing Kemerahan dan Membesar
Ciri-ciri kucing hamil yang dapat dilihat selain perutnya semakin membesar adalah warna puting kucing kemerah-merahan dan membesar dari biasanya.
Hal ini biasanya terjadi pada 15-20 hari setelah kehamilan dimulai. Mudah untuk mengetahuinya kok.

Bulu Kucing Mudah Rontok
Kucing yang sedang hamil, biasanya akan mengalami kerontokan pada bulu-bulunya. Jika kamu perhatikan lebih seksama, bulu-bulu kucingmu tampak lebih tipis daripada biasanya.
Biasanya yang sangat nampak bulu kucingmu rontok adalah daerah sekitar puting. Dan jangan khawatir hal ini hanya bersifat sementara dan alami kok. Tetapi ada jika kerontokan bulunya tidak wajar perlu kamu waspadai, bisa jadi kucingmu sedang terkena penyakit.

Keluar Air Susu
Ciri-ciri kucing hamil yang ini sangat mudah untuk diketahui, caranya sangat gampang. Cukup kamu pencet puting kucingmu dengan lembut dan perlahan agar tidak menyakiti kucingmu. Jika keluar air susu maka kucingmu sedang hamil
Biasanya ciri ini menandakan kucingmu akan melahirkan dalam waktu 2-3 pekan lagi.

Cara Ampuh Pastikan Kucingmu Hamil
Setelah kamu mengetahui ciri-ciri kucing hamil, untuk benar-benar memastikan bahwa kucingmu hamil yaitu dengan diperiksakan ke dokter hewan. Dokter hewan yang berpengalaman tentu sudah dapat memastikan kehamilan dengan perabaan (palpasi). Kira-kira kehamilan kucing umur 3-4 pekan.

Ada juga dengan Rontgen dan Ultrasonografi (USG) dapat memastikan kehamilan kucing seperti memeriksa manusia.
Jika untuk memastikan kucingmu hamil, tentu kamu dapat mengetahuinya sendiri, mengapa harus ke dokter dan menggunakan alat? Boleh juga kok untuk sekalian cek kesehatan kucing kamu.

Keputusan ada ditanganmu kok, kamu sendiri juga bisa mengetahui sendiri mengenai ciri-ciri kucing hamil.
Oiya, untuk memastikan kucing dan janinnya selalu dalam pantauan, kamu dapat check up rutin ke dokter hewan. Penting nih buat kamu yang masih baru dalam merawat kucing.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri kucing hamil, semo kucingmu mempunyai banyak anak dan menyejahterakan dunia perkucingan. Terima kasih  telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Diubah oleh cakmaman 14-12-2018 07:56
onimanimallover
onimanimallover memberi reputasi
2
3.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.