budibenedektusAvatar border
TS
budibenedektus
Komponen-komponen penyebab mobil tidak bertenaga
Sebagai pengguna ataupun pemilik mobil pastinya akan sangat khawatir jika terjadi perubahan terhadap mobil kita, apalagi jika kita termasuk orang yang masih awam dalam seluk beluk mesin.
Terutama untuk peforma pada mobil, sering kali mobil mengalami kehilangan tenaga yang di sebab kan dari berbagai faktor seperti ada nya kerusakan pada satu komponen dan juga disebabkan oleh usia pada mobil.
Berikut ini saya akan menjelas kan faktor-faktor penyebab mobil tidak bertenaga (low power) beserta penjelasannya. 

1. Ring piston sudah habis/menipis.
Ring piston berfungsi untuk menahan kompres bahan bakar, sehingga ketika langkah kompresi campuran minyak dan udara terkompres dengan sempurna. Dan jika ring piston sudah habis/menipis maka akan menyebabkan bocor nya kompresi bahan bakar. Ring piston  habis ditandai dengan keluar nya asap putih pada knalpot yang tidak terlalu pekat.

2. Takaran setelan api, udara, dan bahan bakar tidak tepat.
Jika ketiga pengaturan di atas kurang atau lebih, maka efek yang ditimbulkan bervariasi, bisa jadi tenaga yang dihasilkan akan lebih namun pemakaian bahan bakar yang boros dan begitu sebaliknya.

3. Kamvas kopling sudah habis atau terbakar
Kamvas kopling sudah habis bisa mengurangi tenaga pada mobil karena kamvas kopling lah yang memindahkan dan memutus kan  putaran mesin ke transmisi. Gejala habis nya kamvas kopling dapat diketahui saat mengendarai mobil dalam posisi menanjak,  Rpm mesin akan tiba-tiba naik, tetapi kekuatan dan kecepatan roda tidak berubah. dan keluar nya bau seperti karet terbakar.

4. Saringan udara dan saringan bahan bakar kotor atau tersumbat.
Kedua filter tersebut sangat penting karena filter tersebut akan menyaring udara dan bahan bakar sebelum memasuki ruang bakar pada mesin dan jika dua filter tersumbat/kotor, kinerja mesin akan terganggu karena pasokan udara dan minyak akan terhambat. 
Filter udara dan filter bahan bakar yang kotor ditandai dengan warna asap yang keluar akan  berubah menjadi warna hitam keputihan atau hitam pekat. Dan mesin seperti akan mati.

5. Rem pada roda ada yang lengket.
Rem lengket bisa menjadi faktor lain penyebab mobil tidak bertenaga, karena jika rem lengket tarikan roda akan terasa berat yang menyebab putaran roda tertahan oleh kanvas rem. Biasanya untuk tarikan pertama si supir harus lebih menekan gas, agar bisa menggerakan mobil.

6. Ada kerusakan pada sistem penyuplai bahan bakar seperti nozel (untuk mesin tipe diesel), karburator dan pomps bosh.
Gejala yang muncul dapat bervariasi karena sistem kerja masing-masing penyuplai bahan bakar tidak sama. Namun secara umum asap yang keluar pada knalpot mobil akan berubah putih pekat. Dan suara mesin terasa agak kasar.

7. Ada nya kerusakan pada Turbo.
Fungsinya untuk memaksimalkan suplai udara ke ruang bakar agar tekanan kompresi yang dihasilkan menjadi tinggi. Sehingga  mesin mampu memaksimal kan rmp tertinggi nya.
Jika komponen turbo rusak maka suplay udara akan menurun dengan otomatis peforma mobil juga akan ikut menurun.
Sumber artikel lengkap KOMPONEN PENYEBAB MOBIL TIDAK BERTENAGA
Diubah oleh budibenedektus 05-06-2019 10:40
indriketaren
azidqi
azidqi dan indriketaren memberi reputasi
2
2.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.