Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Survei IRI: Popularitas Jokowi Melesat Dibandingkan Prabowo
Survei IRI: Popularitas Jokowi Melesat Dibandingkan Prabowo
Direktur Intermedia Research Indonesia (IRI) Mulyadi Nurdin mengatakan, popularitas Jokowi naik signifikan mulai September 2018 Menurut dia, kenaikan popularitas Jokowi naik paling drastis terjadi pada Desember 2018. Popularitas Jokowi di penghujung 2018 meningkat pesat jika dibandingkan dengan data bulan sebelumnya. Sementara Prabowo Subianto jauh berada di bawah sang petahana.

IRI melakukan survei dan analisis seputar popularitas capres Jokowi dan Prabowo Subianto dengan melakukan kajian semua pemberitaan kedua capres di media massa dan mesia sosial. IRI melakukan dua pola, yakni pertama hanya memantau jumlah berita di media massa dan kedua memantau semua pembicaraan di sosial media.

Metodologi yang digunakan adalah 'online realtime monitoring system' pada media massa dan media sosial yang memberitakan tentang topik tersebut. Mulyadi mengatakan, pihaknya merilis secara keseluruhan, total perbincangan dan 'postingan' seputar capres di semua kanal media, termasuk media massa sepanjang 2018.

"Adapun total pemberitaan media massa tentang capres sepanjang 2018 adalah Jokowi 6.128.000 kali dan Prabowo 3.820.600 kali," ujarnya.

Menurut Mulyadi, kenaikan juga terjadi pada Prabowo Subianto. Capres nomor urut 02 ini mengalami kenaikan popularitas pada September 2018. Yakni, jumlah berita tentang Prabowo sebanyak 315.000 kali dan 'postingan' di berbagai media lainnya, termasuk media sosial, sebanyak 1.510.000 kali.

"Peningkatan popularitas ini juga menunjukkan bahwa mesin pemenangan masing-masing calon presiden sudah mulai gencar melakukan publikasi dan sosialisasi calon masing-masing kepada masyarakat," tutup Mulyadi.
emoticon-Cendol Gan


Sumber Berita : https://news.okezone.com/read/2019/0...ingkan-prabowo
0
2.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.