News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2ced3d365c4f1f8739cbfc/malaysia-mau-ubah-lahan-sawit-dengan-pertanian-durian-musang-king
Perusahaan perkebunan Malaysia berencana mengubah 5.000 hektare (ha) perkebunan sawit dengan tanaman durian, karena dianggap menguntungkan. Malaysia mengincar potensi ekspor durian di China, yang selama ini didominasi oleh Thailand. Pada 2017 lalu, China mengimpor 350.000 ton durian senilai UAS 510 juta atau sekitar Rp 7,4 triliun. Dari pasar sebesar itu, 40 persennya dikuasai Thailand yang merupa
Lapor Hansip
02-01-2019 23:56

malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king

malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
Perusahaan perkebunan Malaysia berencana mengubah 5.000 hektare (ha) perkebunan sawit dengan tanaman durian, karena dianggap menguntungkan. Malaysia mengincar potensi ekspor durian di China, yang selama ini didominasi oleh Thailand.
Pada 2017 lalu, China mengimpor 350.000 ton durian senilai UAS 510 juta atau sekitar Rp 7,4 triliun. Dari pasar sebesar itu, 40 persennya dikuasai Thailand yang merupakan produsen dan eksportir durian terbesar di dunia.
Sebelumnya, Malaysia hanya menyumbang 1 persen dari total impor tersebut. Tahun ini, ekspor durian Malaysia ke China hanya sekitar 14.600 ton. Malaysia memproyeksikan, pertumbuhan impor durian China masih tumbuh rata-rata 15 persen per tahun.
Atas dasar itu, dikutip dari Reuters, Malaysia kini secara agresif mengembangkan perkebunan buah dengan bau khas yang tajam itu. Dengan pengembangan kebun-kebun baru, Malaysia memproyeksikan produksinya akan melonjak jadi 22 ribuan ton pada 2030.
Selama ini, penduduk Malaysia hanya menanam durian di halaman rumah atau pada lahan yang tak terlalu luas. Total area penanamannya sekitar 72.000 hektare. Tapi dengan pasar China yang terbuka luas, mereka akan mengembangkannya ke skala bisnis perkebunan yang lebih luas.

Kulit durian terlihat di luar toko buah selama penjualan 12 festival belanja ganda, di Hangzhou. (Foto: REUTERS)
“Industri durian sedang bertransformasi dari pertanian lokal ke global, dalam skala besar karena banyaknya permintaan dari China,” kata Lim Chin Khee, konsultan industri durian.
Lim mengaku, raksasa kelapa sawit seperti IOI Corp serta konglomerat properti Berjaya Corp, telah mendekati dia untuk berkonsultasi terkait rencana pengembangan perkebunan durian. Tapi IOI dan Berjaya menolak menanggapi permintaan konfirmasi dari Reuters.
Sementara perusahaan minyak sawit milik negara, Felda, mengatakan sudah mulai menanam durian di lahannya tahun ini.
Kementerian Pertanian pernah membuat kalkulasi, perkebunan durian untuk varietas terbaik yakni Raja Musang, dari setiap hektare kebun bisa memberikan pendapatan hingga sembilan kali lipat dibandingkan perkebunan sawit. emoticon-Big Grin
indon dilarang jiplak ya cari acara sendiri biar nanti tidak ada lagi over suplay seperti sawit emoticon-Leh Uga sumber
Diubah oleh ranganu
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:03
Durian musang king paling enak menurut pasar dunia....indo ekspor singkong mukibat aja buat gaplek ...
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:16
Kalo durian onta king enak ga?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:27
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
kemaren emang sempet dapet info dari temen jg di kaltara krn sawit ngenes mulu jd kepincut tanem nih jenis durian. pertanyaannya knp kt kalah sm mereka sdgkan durian kita biodiversitasnya tertinggi di dunia. Balik lg kpd petani kt yg pola pikirnya msh lingkup lokal. Jd marilah kt mulai berpikir global. Jgn mcm katak di dlm tempurung. emoticon-Belgia
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:39
mau bikin saingan wonosalam nih emoticon-Leh Uga
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:47
bisnis durian itu susah kalo yang ngerjain orang indonesia gak bakal sukses
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:53
Quote:Original Posted By Koncong
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
kemaren emang sempet dapet info dari temen jg di kaltara krn sawit ngenes mulu jd kepincut tanem nih jenis durian. pertanyaannya knp kt kalah sm mereka sdgkan durian kita biodiversitasnya tertinggi di dunia. Balik lg kpd petani kt yg pola pikirnya msh lingkup lokal. Jd marilah kt mulai berpikir global. Jgn mcm katak di dlm tempurung. emoticon-Belgia


Agribisnis itu perputaran uangnya lama
Buat yg bener2 baru, Invest skrg, 5-10 tahun kemudian baru kerasa hasilnya
Makanya jrg ada yg mao

Padahal labanya bisa 10x lipat dr modal

Btw, enakan duri hitam drpd musang king emoticon-Big Grin
4 0
4
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:55
Quote:Original Posted By Cydwax
mau bikin saingan wonosalam nih emoticon-Leh Uga

Fakta bahwa wonosalam masih kalah di market lokal sm duren bali.
Quote:Original Posted By ssdestroyer
bisnis durian itu susah kalo yang ngerjain orang indonesia gak bakal sukses

Bisa gan kalo pake manajemen perkebunan. Kyk sengon, jabon, karet dsb. Tp balik lg ke luas lahan jd faktor pembatasnya.
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 00:57
Quote:Original Posted By sebatang.rokok
Agribisnis itu perputaran uangnya lama
Buat yg bener2 baru, Invest skrg, 5-10 tahun kemudian baru kerasa hasilnya
Makanya jrg ada yg mao

Padahal labanya bisa 10x lipat dr modal

Btw, enakan duri hitam drpd musang king emoticon-Big Grin


Ohhh itu tergantung komoditasnya gan. Kalo bisnis tanaman semusim sih cepet balik asal HPP nya rendah dibanding harga jual jd ROI nya kenceng.
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:02
Quote:Original Posted By Koncong

Fakta bahwa wonosalam masih kalah di market lokal sm duren bali.

Bisa gan kalo pake manajemen perkebunan. Kyk sengon, jabon, karet dsb. Tp balik lg ke luas lahan jd faktor pembatasnya.


iya gan punya sepupu gue sampai saat ini bahkan belum balik modal padahal udah 5 musim. Kayaknya kalo berkebun durian ini harus orang yang rajin dan kreatif, kebanyakan di daerah gue memperlakukan durian sama seperti rambung
Diubah oleh ssdestroyer
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:06
Quote:Original Posted By ssdestroyer
iya gan punya sepupu gue sampai saat ini bahkan belum balik modal padahal udah 5 musim. Kayaknya kalo berkebun durian ini harus orang yang rajin dan kreatif, kebanyakan di daerah gue memperlakukan durian sama seperti rambong


Emng sodara ente tanam populasi brp per luasan lahan gan? Trs pake jarak tanam brp?
Saran ane banyak baca jurnal2 penelitian gan krn klo asal tanam gak pake ilmu ya gak bkal bs bagus hasilnya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:10
Quote:Original Posted By Koncong


Emng sodara ente tanam populasi brp per luasan lahan gan? Trs pake jarak tanam brp?
Saran ane banyak baca jurnal2 penelitian gan krn klo asal tanam gak pake ilmu ya gak bkal bs bagus hasilnya.


gak tau populasi sama jarak tanam tapi katanya luas lahannya 2 hektar.
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:17
kita impor durian salman king ajemoticon-Big Grin
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:19
Quote:Original Posted By ssdestroyer
gak tau populasi sama jarak tanam tapi katanya luas lahannya 2 hektar.


Widihh bagus tuh potensinya gan klo seluas itu. Jarak tanam yg bagus buat cari keuntungan itu 9x9 meter gan. Bisa jg 8x9meter. Di sela2 jarak tanam bs ditanam pohon sirsak dan alpukat sbg catchcrop alias sbg penutup kerugian klo panen krn harga market sirsak dan alpukat gak jelek2 amat.
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:25
Quote:Original Posted By l4d13put
perawatan dan panen durian itu juga susah apalagi tinggi pohon durian yang bisa berbuah itu rata2 di atas 15 meter

Kata siapa??
ane punya sendiri ada bukti
BUKTI

Tinggi tanaman gak ngaruh brayy.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:47
Quote:Original Posted By l4d13put
ini pohon durian kuntet ini.. panennya dikit kalo dikuntetin gitu


Haduhhh lu sekolah kagak sih brayyy??. Asal jeplak ajh lu. Lu bilang panen dikit tp dari panen kyk gitu gw bs beli rumah di citraland. Miris ya hidup lu brayy. Kasihan gw sm lu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 01:54
Quote:Original Posted By Koncong


Haduhhh lu sekolah kagak sih brayyy??. Asal jeplak ajh lu. Lu bilang panen dikit tp dari panen kyk gitu gw bs beli rumah di citraland. Miris ya hidup lu brayy. Kasihan gw sm lu.


woah chill! tampilin foto kwitansi penjualan hasil panennya. biar org percaya.
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 02:07
Quote:Original Posted By re2may
woah chill! tampilin foto kwitansi penjualan hasil panennya. biar org percaya.


Ini jg apa muncul lg manusia bebal (tipikal kamfret). Apa2 minta bukti tp klo udh dikasih msh ttp menyangkal/denial kyk contoh di atas. Saran gw klo lu mau sukses mulailah usaha. Pemerintah ngasih kemudahan berwirausaha kok. Emng dasar lu males dan bebal jd klo lht org usaha sukses bawaannya iri dan dengki.
1 0
1
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 02:13
Quote:Original Posted By Koncong
Ini jg apa muncul lg manusia bebal (tipikal kamfret). Apa2 minta bukti tp klo udh dikasih msh ttp menyangkal/denial kyk contoh di atas. Saran gw klo lu mau sukses mulailah usaha. Pemerintah ngasih kemudahan berwirausaha kok. Emng dasar lu males dan bebal jd klo lht org usaha sukses bawaannya iri dan dengki.


Kok lu malah nge-bash gw sampai bawa2 politik dan kebijakan pemerintah? Woles bro!
Jgn apa2 pake emosi.

Lu yg bilang pohon cebol lo bisa beliin lu rumah, lah gw saranin buat pajang bukti malah nuduh gw ga percaya. Lo aja belum pajang bukti. Wkwk.

No pic = hoax.
Anda hoax? Wkwk
0 0
0
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 02:23
Quote:Original Posted By re2may
Kok lu malah nge-bash gw sampai bawa2 politik dan kebijakan pemerintah? Woles bro!
Jgn apa2 pake emosi.

Lu yg bilang pohon cebol lo bisa beliin lu rumah, lah gw saranin buat pajang bukti malah nuduh gw ga percaya. Lo aja belum pajang bukti. Wkwk.

No pic = hoax.
Anda hoax? Wkwk


Lhooo goblok kan lu. Faktanya emang pemerintah support wirausahawan kok dan bahkan ada anggarannya. Apa lu yg dungu sampek tutup mata krn kebencian lu kpd pemerintah?? Gw klo mau pamer bukan disini tempatnya prett. Lu ngatain pohon cebol segala. Keliatan banget lu itu cm lulusan SMK swasta akreditasi C. Makanya kuliah tong biar pinter. Biar dpt kawan pengusaha2 jg. Gw debat sm elu bs kyk rebutan pepesan kosong jdnya. Klo gw kasih bukti apa emang bisa ngerubah hidup lo?? Apa lu bisa terinspirasi dari gw? Gw ketemu makhluk bebal mcm lu gini di real life udah puluhan kali. Dan gw bilang k mreka sama kyk gw bilang ke elu skg ini. Lu mau ngerubah hidup lu? Ya buruan usaha.. jgn ngaskus mulu nyebar hoax. Paham?
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
malaysia mau ubah lahan sawit dengan pertanian durian musang king
03-01-2019 02:29
Quote:Original Posted By Koncong
Lhooo goblok kan lu. Faktanya emang pemerintah support wirausahawan kok dan bahkan ada anggarannya. Apa lu yg dungu sampek tutup mata krn kebencian lu kpd pemerintah?? Gw klo mau pamer bukan disini tempatnya prett. Lu ngatain pohon cebol segala. Keliatan banget lu itu cm lulusan SMK swasta akreditasi C. Makanya kuliah tong biar pinter. Biar dpt kawan pengusaha2 jg. Gw debat sm elu bs kyk rebutan pepesan kosong jdnya. Klo gw kasih bukti apa emang bisa ngerubah hidup lo?? Apa lu bisa terinspirasi dari gw? Gw ketemu makhluk bebal mcm lu gini di real life udah puluhan kali. Dan gw bilang k mreka sama kyk gw bilang ke elu skg ini. Lu mau ngerubah hidup lu? Ya buruan usaha.. jgn ngaskus mulu nyebar hoax. Paham?


I guess youre quite educated for knowing that a mere photograph of your sale receipt is enough to support your claim. Yet you havent showed it.
You make yourself look stupid to be honest because i dont have to prove any claim, you do, yet you refused.

Im out.
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia