Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

19ilham22Avatar border
TS
19ilham22
Palestina vs Israel, Apa Benar itu Perang Agama ?
Benarkah Israel vs Palestina itu Perang Agama ?


Palestina vs Israel, Apa Benar itu Perang Agama ?


Tak bisa dipungkiri bahwa perseteruan antara negara Israel dan Palestina sudah berlangsung cukup lama. Terdapat banyak kontroversi antara kedua belah pihak yang menimbulkan berkembangnya opini dimasyarakat umum. Diantaranya menimbulkan opini bahwa terjadi konflik antar agama yaitu Yahudi dan Islam. Maka dari itu TS ingin mengupas permasalahan ini, Apakah benar konflik ini ditunggangi Agama atau adanya faktor lain. oke Cekibrot !!



Quote:



Kita mulai dari awal terbentuknya negara Israel yang merupakan dampak dari pecah nya PD 1. setelah ottomann kalah perang, LBB mengeluarkan Mandat Britania Atas Palestina pada Tahun 1920 yang berisi bahwa tanah palestina akan diserahkan kepada inggris untuk di adminitrasikan. pada masa ini arus trasmigrasi bangsa Yahudi mulai membanjiri tanah palestina akibat kerasnya penolakan di Eropa dan dimulainya era NAZI. pada 28 November 1948 PBB mencabut Mandat Britania Atas Palestina dan mengeluarkan Resolusi 181 yang membagi tanah palestina menjadi 2 bagian. Secara kasar pihak Yahudi mendapat jatah 55% dan Palestina 45% sehingga konflik antara bangsa yahudi dan Arab dimulai (wikipedia)


Dari skenario diatas dapat dilihat sekilas bahwa bangsa arab tidak mau adanya pendatang yang mengambil tanah mereka, Namun disatu sisi akibat kekalahan Ottoman menyebabkan tanah palestina dalam kondisi vacum of power sehingga LLB/PBB harus menggambil keputusan untuk mengelolanya. Dari sini bisa agan/sista simpulkan apabila yang bermigrasi ke tanah palestina itu Beragama lainapakah bangsa arab juga akan memusuhi ?



Quote:



Cuplikan wawancara diatas ada beberapa poin yang bisa diambil. Diantaranya ialah agama Yahudi dalam (kasus ini diwakili rabbi mereka) mengecam perbuatan negara Israel saat membangun negara ini, mencaplok wilayah palestina, dan melakukan pembunuhan. satu poin lagi yg bisa dipetik yaitu perkataan rabbi bahwa "Bangsa Yahudi dilarang mendirikan sebuah negara walaupun di tanah yang tandus" dari statement tersebut bisa disimpulkan berdirinya negara israel bukan karena suatu bentuk keinginan dari seluruh bangsa Yahudi, tetapi lebih ke memenuhi dahaga akan kekuasaan, politik, serta kekuatan oleh segelintir orang-orang tertentu. dan di akhir cuplikan rabbi tersebut bahkan mengatakan bahwa saudara umat yahudi yang sesungguhnya ialah bangsa yahudi turki dan islam arab yang telah menolong mereka dari kejaran NAZI.

Mungkin agan dan sista sekalian bertanya perang agama itu seperti apa sih ? nah menurut TS perang agama itu perang yang faktor utamanya dimotori oleh kepentingan beragama. walau tak menampik kemungkinan ada faktor lainnya yang juga mengikuti. dan pada studi ini terdapat 2 kesimpulan utama yaitu negara Israel berperang murni untuk mendapat wilayah dan Kebijakan negara israel tidak sesuai dengan ajaran yahudi. dari sisi ini bisa disimpulkan bahwa Israel berperang tidak ditunggangi agama Yahudi.



Quote:



Disisi Palestina sendiri baru memproklamirkan kemerdekaannya pada 15 November 1988 oleh PLO (Organisasi Pembebasan Palestina). padahal PBB mengeluarkan Resolusi 181 40 tahun sebelumnya tepatnya pada tahun 1948. jadi negara palestina tertinggal selama itu dengan negara israel yang sudah mendirikan negaranya jauh sebelumnya. Kemungkinan tidak ada rencana untuk mendirikan negara Palestina oleh negara-negara Arab. dan karena itu palestina mendapat jatah wilayah yang sedikit akibat otoritas yang mengelola daerahnya kalah perang dengan israel. disini saya berasumsi apabila negara palestina segera memproklamirkan kemerdekaan setelah Resolusi 181 keluar maka wilayah mereka akan sesuai dengan yang semestinya.


Mungkin agan/sista sering melihat terjadi serangan dijalur gaza dan sangat damai di daerah tepi barat. Palestina terbagi menjadi 2 otoritas yaitu Hamasyang menguasai jalur gaza dan Fatah yang menguasai tepi barat. di pihak Hamas ingin membebaskan tanah palestina dari negara Israel, tetapi karena tidak ada support dari negara-negara sekitar maka perlawanan hamas sangatlah kecil. Disini bisa ditarik kesimpulan bahwa Hamas berperang murni untuk mengusir penjajah. apakah ini bisa disebut perang agam ? menurut saya ini Hamas berperang Bukan demi Agama Islam.


   Palestina vs Israel, Apa Benar itu Perang Agama ?


Salam dari TS

Disini TS tidak membenarkan perbuatan yang dilakukan Israel ke jalur gaza, saya juga membenci disaat mereka membunuh sipil dan merusak fasilitas. TS hanya ingin membuka pikiran kita semua bahwa ini murni konflik perebutan wilayah tanpa embel-embel agama tertentu. Karena fenoma palestina begitu hype karena mengekor masalah agama. Disini TS terbuka tentang semua masukan dan apabila ada yang ingin disampaikan silahkan berdiskusi secara sehat komen. The last i say Thank for Read


Salahkan Negara, Bukan Agamanya

Salahkan Perintahnya, Bukan Prajuritnya

Salahkan Sifatnya, Bukan Orangnya


Spoiler for Sumber:


sebelahblog
anasabila
yonalpro
yonalpro dan 2 lainnya memberi reputasi
3
10.1K
58
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
KASKUS Official
80.1KThread13.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.