Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

magelysAvatar border
TS
magelys
Tantangan Salat, Jurus Sia-sia Kubu Jokowi 'Jegal' Prabowo
Jakarta, CNN Indonesia -- Isu agama kembali digulirkan oleh kubu calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Adalah mantan politisi Gerindra yang hijrah ke Partai Bulan Bintang (PBB), La Nyalla Mattaliti yang beberapa waktu lalu mengklaim pemahaman Jokowi mengenai agama jauh lebih baik daripada Prabowo. Bahkan, La Nyalla menantang Prabowo memimpin salat dan membaca Alquran.

Isu terkait agama ini sebenarnya sudah beberapa kali bergulir. Paling dekat, pada September 2018 lalu, isu serupa juga digulirkan kubu Jokowi tatkala menanggapi kubu Prabowo yang menantang debat pilpres menggunakan Bahasa Inggris. Kala itu kubu Jokowi meminta Prabowo diadu untuk lomba mengaji Alquran.


Pengamat politik dari Populi Center Usep S Ahyar menilai serangan tersebut dilancarkan kubu Jokowi untuk menjatuhkan Prabowo di pemilihan presiden (pilpres) 2019. Usep menilai, isu agama memang menjadi salah satu titik kelemahan Prabowo. 

Maka dari itu, isu agama diyakini akan terus bergulir. Pola ini, kata Usep, juga digunakan untuk 'menyerang' Prabowo pada pilpres 2014 lalu.

Lihat juga:Prabowo Ditantang Salat, Sandi Sebut Pemilu Soal Ekonomi


Di sisi lain, imbuh Usep, La Nyalla yang baru merapat ke Jokowi juga ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa berkontribusi dalam memenangkan Jokowi-Ma'ruf. 

Melalui isu ini, mantan Ketua PSSI itu sekaligus mengklarifikasi isu yang sebelumnya ia gulirkan, yakni Jokowi terkait dengan Partai Komunis Indonesia(PKI) dan anti ulama. Namun upaya itu dinilai semakin kuat jika menunjukkan sisi kelemahan Prabowo yang kembali menjadi rival petahana itu.

"Itu upaya mengklarifikasi sambil menyerang juga, karena banyak juga pemilih atau tidak memilih Jokowi karena termakan isu itu," ujar Usep saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (14/12).

Meskipun isu seperti itu bergulir, namun menurut Usep, hal ini tidak akan mempengaruhi elektabilitas Prabowo. Karena, simpatisan Prabowo sudah cukup kuat.

Baik Usep maupun Siti menilai pengguna isu agama untuk menarik simpati publik seperti yang dilakukan La Nyalla tidaklah tepat. Pasalnya, publik kini lebih cerdas. Mereka akan melihat bagaimana setiap calon mampu mengutarakan visi dan misinya secara jelas.

Secara khusus terhadap kubu Jokowi, Siti menyampaikan sedianya lebih baik mengutarakan berbagai program yang sudah berhasil dijalankan dan yang akan berjalan. Menggunakan isu agama untuk menyerang lawan politiknya sama saja melanggar kesepakatan tidak mempolitisasi agama.

"Selama empat tahun terakhir dan apa yang akan diterobos untuk lima tahun ke depan, sehingga visi misinya lebih membumi dan dibutuhkan rakyat," kata Siti.

Lihat juga:La Nyalla: Prabowo Tak Berani Pimpin Salat dan Baca Alquran


Sementara Usep mengingatkan agar isu seperti ini tidak diangkat lagi dan digantikan dengan isu yang lebih substansial. Khsusunya terkait peningkatan ekonomi dan pembangunan bangsa.

"Saya kira ini (isu agama) sebenarnya enggak perlu dibesarkan karena seringkali melupakan pada isu pokok, ekonomi pembangunan yang seharusnya dapat porsi lebih banyak," ujarnya.

Sebelumnya La Nyalla menilai Prabowo Subianto tak begitu memahami ajaran agama Islam jika dibandingkan Jokowi. Ia juga menuding Prabowo tak berani memimpin salat berjamaah maupun membaca Alquran dengan baik.

"Pak Prabowo berani suruh mimpin salat? Enggak berani. Ayo kita uji ke-Islamannya Pak Prabowo. Suruh Pak Prabowo baca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, baca bacaan Salat," kata La Nyalla di Kediaman Ma'ruf, Menteng, Jakarta, Selasa (11/12).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20181215143628-32-353897/tantangan-salat-jurus-sia-sia-kubu-jokowi-jegal-prabowo

Isu apa lagi

-4
5.2K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.