Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Jokowi: Kinerja Pasar Modal RI Terbaik Kedua di Dunia
Jokowi: Kinerja Pasar Modal RI Terbaik Kedua di Dunia
Presiden Joko Widodo mengatakan kinerja pasar modal Indonesia saat ini terbaik kedua di dunia. Adapun, kinerja pasar modal Indonesia hanya kalah dari India dari segi penurunan indeks secara tahun kalender (year-to-date).

Jokowi tak memungkiri bahwa kinerja seluruh pasar modal di dunia tengah melesu karena riuhnya sentimen eksternal sepanjang tahun ini. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saja melemah 2,69 persen secara tahun kalender dari 6.366 poin di awal tahun menjadi 6.194,5 di akhir tahun.

Namun, pelemahan itu dianggap bukanlah yang terparah di dunia. "Kita tahu di tengah pasar saham dunia yang melesu, tapi saat ini Indonesia merupakan yang terbaik kedua di dunia terkait dengan kinerja bursa," jelas Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jumat (28/12).

Meski IHSG melemah dibanding awal tahun, ia juga tak berkecil hati. Sebab, perusahan yang melantai di bursa efek tahun ini mencapai 57 perusahaan atau naik ketimbang tahun lalu yang hanya 37 perusahaan.

Menurutnya, kenaikan tersebut adalah indikasi bahwa sektor produksi dan konsumsi Indonesia masih menggeliat. "Ekonomi kita berada pada transisi dari konsumtif ke produktif, dari yang kurang berkualitas ke berkualitas meski ekonomi global tidak mendukungnya," papar dia.

Selain itu menurut dia, BEI juga telah mencapai target yang diinginkan yakni membawa nilai IHSG di atas 6.000 di penghujung tahun. Ia berharap, nilai IHSG bisa bertengger di atas 6.000 poin tahun depan.

"(Menurut saya) kinerja BEI betul-betul terasa positif meski kondisi ekonomi global yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Termasuk juga beberapa pasar modal masih bergejolak dengan kondisi eksternal yang mempengaruhi psikologis pasar kita," kata Jokowi.

Jokowi menutup perdagangan terakhir di 2018 pada Jumat (28/12) pukul 16.15 WIB. Pada posisi penutupan, IHSG bertengger di angka 6.194,5 poin atau naik 0,06 persen dari pembukaan hari ini

Sumber Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...kedua-di-dunia

0
1.3K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.