• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • KTM 790 DUKE, Motor Asal Austria yang seperti Motor Kamen Rider

autom942Avatar border
TS
autom942
KTM 790 DUKE, Motor Asal Austria yang seperti Motor Kamen Rider

 
AGG- Sosok KTM Duke 790 menjadi Fenomenal ketika diperkenalkan pada ajang EICMA 2017, setelah sebelumnya hanya diperkenalkan dalam versi prototipe. Motor gagah yang diklaim bakal menjadi penantang Triumph 765 Street Triple ini pun juga dipastikan juga bakal dipersenjatai dengan bekalan spesifikasi mumpuni, terutama pada sektor dapur pacunya.

Tidak ketinggalan pula fitur-fitur baru dan canggih pun juga ditanamkan pada KTM 790 DUKE, sehingga tak heran jika naked bike buatan asal Austria ini siap menjadi penantang baru untuk para kompetitornya pada segmen kelas menengah.

Motor gagah ini merupakan motor KTM pertama yang menggunakan mesin parallel twin terbaru dan diberi dengan kode LC8C. Suatu kehormatan tentunya dengan penggunaan mesin terbaru ini dimana akan membuat performa naked bike ini akan terasa lebih mantap, bahkan tenaga yang dihasilkan dari mesin ini sangatlah bagus sekali dan mampu menembus 103.5 Hp pada 9.000 rpm. 



KTM 790 DUKE sendiri merupakan naked bike yang membawa tampilan gagah khas motor adventure bergaya Eropa. Hal itu tampak jelas dari struktur bodinya yang begitu apik nan tekesan agresif dari setiap sisinya. Motor ini juga bakal dilengkapi beberapa fitur canggih dan modren untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengendaranya. 

Berikut adalah Spesifikasi dari KTM 790 DUKE :

SPESIFIKASI KTM 790 DUKE


MESIN

  • Tipe Mesin : 2-cylinder, 4-stroke, DOHC Parallel Twin LC8C
  • Kapasitas : 799cc
  • Daya Maksimum : 103,5 hp / 9.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 104 Nm / 8,250 rpm
  • Diameter x Langkah : 88mm x 65,7mm
  • Rasio Kompresi : 11.6 : 1
  • Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel Injection
  • Starter : Electric Starter
  • Transmisi : 6-speed
  • Kopling : PASC™ antihopping clutch, mechanically operated

DIMESI

  • Panjang : -
  • Lebar : -
  • Tinggi : -
  • Berat : 169 kg
  • Tinggi Tempat Duduk : 825mm
  • Jarak Terendah ke Tanah : 186mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1,475 ± 15mm
  • Kapasitas Tangki : 14 Liter


RANGKA-RANGKA

  • Tipe Rangka : Chromium-Molybdenum-Steel Tubular
  • Suspensi Depan : WP Upside-Down Ø 43mm
  • Suspensi Belakang : WP Monoshock absorber with preload adjuster
  • Rem Depan : 4-piston radial fixed calliper, DISC 300mm Single
  • Rem Belakang : 2-piston caliper, brake disc 240mm Double
  • Ban Depan : Tubeless 120/70
  • Ban Belakang : Tubeless 190/55

Dilihat dari spesifikasi dapur pacu dari KTM 790 DUKE ini bisa kita bayangkan performa dari motor ini akan menjadi sangat gahar pastinya. Motor ini dipersenjatai mesin tangguh berkode LC8C tipe DOHC 8 katup dengan kapasitas mesin mencapai 779 cc. Mesin canggih yang dibawa motor ini diklaim bakal sanggup mengeluarkan tenaga hingga 103.5 Hp (77 kW) pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 8.000 rpm. 




Performa tersebut juga ikut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan dengan kopling PASC Antihopping clutch, mechanical operated sehingga mampu memberikan akselerasi yang sangat mumpuni. Motor ini sendiri juga menggunakan Electric Starter, dan kode pada mesin terbaru mereka yang menggunakan huruf C pada bagian belakang merupakan singkatan dari Compac yang berarti ringkas. 




KTM 790 DUKE disematkan sistem pembakaran berteknologi modern yang sanggup menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan yang begitu optimal. Dengan disematkan teknologi ini tentu saja membuat motor ini menjadi naked bike garang yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.




Pada bagian desain motor gagah buatan pabrik asal Austria ini ditampilkan dengan memperlihatkan gaya desain yang lebih sporty dan modern. Hal ini dapat dilihar dari headlamp dibagian depan dan dibentuk dengan konsep unik dan berbeda dari naked bike buatan pabrik lain. Headlamp yang dipakainya memakai teknologi LED yang dipastikan bakal memberikan penerangan secara lebih maksimal saat dikendarai ditengah malam. 




Pada bagian samping bodi tampak tangki bahan bakar berkapasitas 14 Liter dibuat dengan lekukan tajam. Apalagi, dibagian bawah tangki tersebut terlihat susunan blok mesin yang membuat tampilan KTM 790 DUKE semakin terkesan gagah dan garang. Rangka yang digunakan motor ini mengandalkan rangka berupa Chromo Steel yang memiliki ketangguhan dan kekokohan namun sangat lentur untuk menopang bobot dari motor ini. 




Selain itu, motor ini juga dibangun dengan Sub-Frame Cast Aluminium yang tampak membalut blok mesin hingga knalpotnya yang membuatnya terkesan gagah dan garang. Ketinggian tempat duduk motor ini setinggi 825mm serta jarak sumbu roda 1475mm. Dengan demikian tentu dipastikan akan membuat posisi riding pun kian pas dan nyaman. Kemudian KTM 790 DUKE juga memiliki ground clearance 186mm dan berbobot 169 kg yang sudah dirasa sangat ideal untuk sekelas naked bike premium. 


Disisi lain, tampak knalpot Akrapovic yang begitu unik dan terkesan sangat sporty yang dipastikan bakal sanggup mengeluarkan hasil emisi pembakaran mesin secara lebih sempurna dengan suara dentuman yang begitu sporty. Sementara itu, jok pada KTM 790 DUKE pun dibuat bertingkat antara jok pengemudi dan penumpang dengan posisi sedikit meninggi dan condong ke belakang layaknya motor sport masa kini. Desain belakang motor ini dibuat runcing dan sangar disertai stop lamp modren yang keren.




Pada bagian speedometer motor ini diusung panel full digital dengan layar TFT Multicolor Combination. Pembekalan panel full digital pada speedometer yang diusung KTM 790 DUKE ini tentu tidak lepas dari tema konsep naked bike premium yang dibawanya. Beberapa informasi yang akan ditampilkan pada panel full digital ini adalah seperti kecepatan Km/jam, rpm, indikator bahan bakar, indikator oli, suhu mesin, jam digital, posisi gear, jarak tempuh/range, odometer, dan juga pilihan mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.


Kemudian beberapa instrumen indikator yang dibawa KTM 790 DUKE ini juga dilengkapi dengan beberapa lampu indikator penting, seperti lampu netral dan indikator lampu sein.




Bagian suspensi dari motor ini sangatlah kokoh dan handal, dengan dibekalo suspensi Stressed Element-Powder Coated yang terpasang dibagian depan, sedangkan untuk suspensi bagian belakang menggunakan WP Shock Absorber with Preload Adjuster. Kedua suspensi itu memiliki tingkat keseimbangan yang sangat tinggi sehingga akan memberikan kenyamanan saat berkendara diberbagai medan. 




Selain itu, motor ini juga dibekali dengan rem 4-piston Radial dengan Caliper untuk bagian depan, dan untuk sektor bagian belakang menggunakan tipe rem cakram standar yang dilengkapi 2-piston Caliper. Dengan adanya komponen ini maka dipastikan keselamatan pengendara semakin terjamin. Kedua rem ini juga sudah dibekali dengan teknologi pengereman ABS.


Untuk Vleg yang digunakan pada motor ini menggunakan tipe Light Alloy Wheels yang dibalut dengan ban Tubeless jenis Maxxis Supermaxx ST yang sangat berkualitas. Ukuran ban yang digunakan adalah 120/70 untuk bagian depan dan 190/55 dibagian belakang.


Mengenai harga dari KTM 790 DUKE untuk saat ini masih belum ada kepastian, Namun diprediksi bahwa motor jenis naked bike ini akan dibanderol dengan harga yang mencapai ratusan juta rupiah. Kenapa ratusan juta rupiah? Jika berkaca pada motor-motor KTM jenis lain maka harga tersebut masuk akal mengingat fitur yang diberikan sangat bagus dan motor ini sejaatinya belum dipasarkan di Indonesia, jadi bagi Anda pecinta naked bike yang ingin membeli diharapkan untuk bersabar.








emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret

3
13.8K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.