autom942Avatar border
TS
autom942
Honda NM4 Vultus, Desain mewah dan Gagah

 
Jakarta- Honda merupakan salah satu produsen sepeda motor yang menguasai sebagian besar pangsa pasar sepeda motor yang ada di Indonesia. Dikenal akan kualitasnya, Honda kembali membuat inovasi terbaru dengan motor besar.

PT AHM ini ternyata memiliki satu buah koleksi motor sport dengan sistem pengoperasian automatic manual atau biasa disebut DCT. Motor sport dengan cc besar dan berbalut body mewah ini diberi nama Honda NM4 Vultus. Motor ini merupakan motor gede jenis grand-tourer yang memiliki desain antimainstream nan futuristik.

Motor ini dikhususkan untuk Anda para pecinta otomotif yang hobi berpetualang jauh, disamping memiliki desain yang besar, penempatan jok atau posisi duduk dari si pegendara terbilang sangat presisi, Anda dapat menjadikan jok tersebut sebagai sandaran yang cukup nyaman, yang dapat membuat berkendara lebih menyenangkan dan tidak mudah terasa capek.



Motor ini sangat revolusioner dengan menawarkan kelebihan-kelebihan yang ada. Harga daripada motor ini sendiri terbilang mahal jika dibandingkan dengan motor Honda lainnya. Namun jika dilihat dari desain, performa dan fitur yang diberikan bisa dibilang pantas buat motor ini.

Motor ini sendiri sangat cocok bagi mereka yang ingin bergaya sekaligus menginginkan kenyamanan dengan produk motor yang berkualitas tinggi. Setiap elemennya terlihat sangat elegan dan berkualitas, tidak semata-mata hanya mengedepankan model saja, namun juga untuk mengabulkan keinginan setiap pengendara dalam hal kenyamanan dan keamanan.



Selain itu, untuk mendukung kenyamanan lebih dari si pengguna, Honda juga mensetting bagian stang sesuai dengan kebutuhan para pengguna, yang mana dengan penempatan yang sesuai dan pas oleh para ahli didalamnya, dan dapat membuat pegendara lebih mudah untuk mengendalikan laju kendaraan ataupun bermanuver diberbagai medan jalan, baik itu jalan lurus, berlubang maupun menikung tajam, semua dapat dilalui dengan lancar.



Desain masa depan yang diusung Honda NM4 Vultus dibekali dengan mesin SOHC 2 silinder paralel bertenaga 750 cc. Selain itu, Honda juga menyematkan Automatic Dual-Clutch Transmission (A-DCT) pada Honda NM4 Vultus yang akan memberikan opsi berkendara secara mudah bagi penggunanya. Sedikit informasi, spesifikasi NM4 Vultus versi Indonesia ini memang berbeda dengan spesifikasi NM4 Vultus versi Amerika dan Eropa.

Berikut adalah spesifikasi dari Honda NM4 Vultus :

SPESIFIKASI HONDA NM4 VULTUS


MESIN


  • Tipe : SOHC parallel 2-cylinder 4-stroke 8-valve
  • Kubikasi : 745 cc
  • Rasio Kompresi : 10.7 : 1
  • Tenaga Maksimum : 40,3 kW/6.250 rpm (95/1/EC)
  • Torsi Maksimum : 68 Nm /4.750 rpm (95/1/EC)
  • Kapasitas Oli : 3,9 L
  • Kapasitas Tangki BBM : 11,6 L
  • Bore x Stroke : 77mm x 80mm
  • Sistem Bahan Bakar : Carburation PGM-FI Electronic Fuel Injection
  • Tipe Kopling : Wet Multiple Hydraulic 2-Clutch
  • Sistem Pendingin : Liquid Cooled
  • Sistem Starter : Electric
  • Kapasitas Baterai : 12V / 11,2AH ACG Output 450W / 5000rpm

TRANSMISI

  • Tipe : 6-Speed Dual Clutch Transmission
  • Tipe Pengaman : HISS

DIMENSI

  • P x L x T : 2380 x 933 x 1170 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1645 mm
  • Tinggi Jok : 650 mm
  • Jarak dengan Tanah : 130 mm
  • Berat : 245 kg

RANGKA

  • Tipe Rangka : Diamond; steel pipe

SUSPENSI

  • Suspensi Depan : 43mm Telescopic fork, 125mm stroke, Multi-Spoke cast aluminium
  • Suspensi Belakang : Monoshock Damper, Pro-Link swingarm, 100mm travel

PENGEREMAN

  • Rem Depan : 320mm single wavy hydraulic disc with 2-piston caliper and sintered metal pads
  • Rem Belakang : 240mm single wavy hydraulic disc with single-piston caliper and resin mold pads

KAKI-KAKI

  • Roda Depan : 200/50 ZR17
  • Roda Belakang : 120/70 ZR18

 
Mengusung konsep grand tourer, Honda NM4 Vultus hadir dalam bentuk besar dan lebar dengan dimensi ukuran seluas 2380 mm pada panjang, kemudian untuk ukuran lebar mencapai 933 mm, sedangkan untuk jarak tanah hingga posisi teratas pada Honda NM4 Vultus berkisar 1170 mm. Ukuran yang besar dan lumayan tinggi tersebut, mungkin akan menyulitkan sobat otomotif yang memiliki tubuh pendek pada saat awal mengendarainya. Terlebih dengan material kualitas tinggi yang membalut seluruh tubuhnya, menjadikan Honda NM4 Vultus memiliki bobot sebesar 245 kg.



Dari depan, Honda NM4 Vultus memiliki bentuk wajah yang 'gahar' seperti muka robot. Bentuk headlightnya berbentuk segitiga terbalik dipadukan dengan visor kaca yang cukup lebar. Kemudian, desain windshield samping Honda NM4 Vultus juga berbentuk unik dengan bentuk menyerupai 'kuping robot' yang dipermanis dengan dua buah lampu sein di ujung bawahnya. Sementara itu, nampak samping Honda NM4 Vultus memiliki bentuk ala moge HD dengan desain ergonomis yang mengusung jok bertingkat lengkap dengan jok belakang multifungsi, bisa untuk jok boncenger, bisa juga untuk sandaran pegendara depan.



Sementara di bagian belakang, Honda mendesain bagian ini mengikuti alur tubuh, yang membuatnya tampak runcing dan tampil lebih modern. Dibagian dashboard, Honda mendesain dengan full panel digital, yang memiliki setidaknya 25 corak warna. Sedangkan untuk pembagian, dashboard terbagi atas 3 bagian. Mulai dari bagian sebelah paling kanan, didapati indikator posisi gigi dan panel lampu utama. Lalu dibagian tengah di sematkan tachometer, speedometer digital, jarak tempuh dan indikator suhu mesin. Terakhir di bagian sisi kiri, Honda membenamkan indikator pendingin mesin. Indikator bahan bakar serta lampu sein, yang semua itu tersaji dalam desain yang futuristik dan akurat.



Berpindah ke spesifikasi Honda NM4 Vultus di bagian kaki-kakinya, akan dijumpai sepasang 'kaki' kokoh pada moge ini. Kaki-kaki NM4 Vultus ini cukup kokoh untuk menopang beban karena didukung oleh suspensi tangguh didepan dan dibelakang. Pada sektor depan, Honda NM4 Vultus mengusung sistem suspensi teleskopik fork yang menggunakan rangka multi-spoke cast aluminium. Sementara itu, sektor belakang Honda NM4 Vultus menggunakan sistem suspensi monoshock dumper dengan dukungan Pro-Link swingarm yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pemboncengnya. 
 
Untuk bagian roda, Honda NM4 Vultus dibekali dengan sepasang ban berukuran 200/50 ZR17 pada bagian depan serta ban 120/70 ZR17 pada bagian belakangnya. Guna menjamin keamanan pengendaranya, Honda menyematkan teknologi pengereman terbaik pada Honda NM4 Vultus ini. Rem depan NM4 Vultus menggunakan sistem Single Wavy Hydraulic Disc dengan dua piston berbahan metal. Sedangkan spesifikasi Honda NM4 Vultus pada bagian rem belakang mengusung sistem Hydraulic Disc dengan piston tunggal yang juga terbuat dari bahan metal.



Bukan gahar dalam bentuk tampilan saja, tetapi juga Honda NM4 Vultus Gahar dalam dapur pacu yang dimilikinya. Diperkuat adanya mesin tipe 4 langkah, 8 katup, dan disuguhkan dalam dua silinder pararel, yang dijalankan pada teknologi SOHC berpendingin Liquid, dengan kubikasi mesin sebesar 745cc. Honda NM4 Vultus dapat menghasilkan power maksimum hingga 40.3 kW pada putaran mesin 6250 rpm, sedangkan untuk torsinya meraih angka 68 Nm pada setiap 4750 rpm. Bila kita lihat dari power yang dihasilkan, mungkin anda akan mengira bahwa motor ini boros bahan bakar.

Akan tetapi berkat adanya teknologi PGM-FI atau sistem fuel injection, Honda NM4 Vultus hanya menghabiskan bahan bakar sebanyak 1 liter untuk menempuh perjalanan sampai dengan 28,4 km. Tak hanya itu saja, selain memuat irit, adanya teknologi tersebut menjadikan Honda dapat menghasilkan performa secara lebih, dan honda pun mengklaim, kalau dengan teknologi canggih yang digunakan pada sistem suplai bahan bakar miliknya, dan dari hasil power serta torsi yang diraihnya, Honda NM4 Vultus dapat mencapai top speed 180 km/ jam dalam hitungan detik.



Kemudian pada sektor transmisi, layaknya mobil jaman sekarang yang mengadopsi 2 model transmisi, begitu juga dengan Honda NM4 Vultus, dimana dirinya mengusung transmisi jenis DCT (Dual Cluth Transmission), yang memungkinkan pengguna untuk bisa menjalankan moge ini dalam versi automatic ataupun manual percepatan, yang bisa dirubah secara cepat melalui tuas dibagian kiri stang secara mudah.

Berikut adalah teknologi dan fitur Honda NM4 Vultus : 
  • Mesin berkapasitas 750cc dengan Parallel- Twin DCT Engine - Liquid-Cooled, 4-Stroke, 8-Valve, SOHC, 6-Speed, PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
  • Dual Clutch Transmition (DCT) Technology - DCT adalah transmisi masa depan dengan mode otomatis dan manual yang sangat halus dan ultra-responsif. NM4 Vultus menjadi motor pertama dunia dengan teknologi ini.
  • Front Massive Styling With Integrated LED Lighting System - Tampil berbeda sebagai identitas memukau dengan desain sisi depan berkarakter masif dan futuristik. Dilengkapi dengan terangnya lampu LED depan dan belakang yang tahan lama dan ciptakan penampilan dramatis.
  • 25 Color LED Panel Meter - Ekspresikan gaya futuristik dengan 25 variasi warna panel meter LED yang mengindikasikan mode berkendara.
  • ABS With Wavy Disc Brakes - Tak kenal kompromi berkendara di segala kondisi dengan cakram depan ganda dan cakram belakang tunggal berdesain wavy untuk tampilan sporti serta didukung dengan pengereman ABS untuk performa yang optimal.
  • Utility Boxes -  Simpan segala kebutuhan Anda di rak penyimpanan inovatif pada bagian kiri dan kanan depan motor dengan total kapasitas 4 liter dilengkapi stop kontak 12 volt.
  • Comfort Riding Technology - Sensasi kenyamanan baru dengan posisi berkendara ala kokpit didukung ketinggian jok 650mm, terendah dikelasnya. Sandaran jok pun dapat disesuaikan.
  • Flip-Down Passenger Seat - Nikmati postur berkendara sempurna dengan sandaran tempat duduk yang dapat diatur (3 tahap sudut kemiringan dan 4 tahap posisi longitudinal dengan interval 25mm).
  • Foot Board - Posisi berkendara ekstra nyaman dengan pinjakan kaki lapang.
  • Steering Handle - Dukung posisi berkendara nyaman ala motor besar dengan stang kemudi datar.

Seperti halnya harga moge Honda yang lain, harga dari Honda NM4 Vultus ini juga dibanderol dengan nominal yang sangat mahal. Selain karena merupakan jenis kendaraan CBU, harga Honda NM4 Vultus ini menjadi sangat mahal karena spesifikasi mesin dan juga desain futuristik yang dibawanya. Meski berbeda tipe dengan moge lainnya, namun Honda NM4 Vultus tetap mampu menarik perhatian publik pecinta otomotif Tanah air lewat desain tubuhnya yang unik dan modern. Harga dari Honda NM4 Vultus ini sendiri adalah sekita 435 juta rupiah. 
 

 
Kabar terbaru mengatakan bahwa  PT AHM tidak lagi diimpor di Indonesia karena penjualannya yang lesu. Namun tenang saja mobil ini masih diproduksi kok, Honda NM4 Vultus hingga saat ini masih di produksi di Jepang.




emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret



1
9.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.