• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Cara Milih Ukuran Helm yang Gampang, Semuanya Bisa Melakukannya

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Cara Milih Ukuran Helm yang Gampang, Semuanya Bisa Melakukannya
Cara Milih Ukuran Helm yang Gampang, Semuanya Bisa Melakukannya



 
Assalamualaikum para Suhu... emoticon-Hai

Sebagai biker, salah satu perlengkapan wajib yang paling minim adalah Helm. Disebut wajib karena kepala enggak ada gantinya gan.. kalau sampai kenapa-napa, nyesel doang gan, ga ada solusi...emoticon-Hammer2

 
Ngomongin helm gan, nubi mau berbagai aja gan, baiknya kalau beli helm buat motor jangan sembarangan gan, emang kenapa? emoticon-Bingung



Nubi mulai awal dulu ya gan soal, fungsi dari helm memiliki peran penting dalam hal keselamatan berkendara, terutama buat pengemudi sepeda motor. Pelindung itu berfungsi melindungi kepala dari benturan, ketika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, dalam memilih helm tidak boleh sembarangan. Salah satunya, masalah memilih ukuran yang tepat. Pas... tidak terlalu kecil dan jangan kebesaran juga. Kalau kekecilan, biasanya efek sehabis naik motor itu, kepala agak pusing gan, karena tertekan batok kepala kita. Kalau sudah begini, bisa mengurangi konsentrasi di jalan, ujungnya bisa celaka..emoticon-Wagelaseh


Memang ada cara mengukur ukuran helm yang tepat, menggunakan meteran. Tapi, siapa sih yang bawa meteran waktu mau beli helm... ya kan gan. Dari pada ribet, ada tips yang jitu gimana cara milihnya gan.



Jadi kalau kata pemerhati helm, jangan salah di Indonesia ada komunitas pemerhati atau penggiat helm loh gan... emoticon-Shakehand2  Nah paling mudah ukur menggunakan kedua jari yang diposisikan horizontal.

"Ukuran yang pas, dua jari itu masuk antara celah helm dengan muka. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih juga," kata temen Nubi yang memang sebagai pemerhati helm gan.

Sebab jika terlalu kecil maka akan berbahaya buat pengguna, begitu juga kalau kebesaran. Faktor utama untuk keselamatan dan keamanan pengemudi motor.

"Kalau terjadi kecelakaan, kalau terlalu kecil juga bahaya buat kepala, dan kalau terlalu besar juga bahaya. Kalau terlalu besar, kepala bergerak ke kiri atau kanan helmnya tetap dalam posisi lurus, itu yang tidak boleh," kata si penggiat helm itu lagi gan.




Nah, jadi buat agan-agan yang berencana membeli helm, jangan salah ukuran lagi ya gan...

 
Salam cendol,

emoticon-Toast



1
2.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.