lishandokoAvatar border
TS
lishandoko
Tiga Kesalahan Fatal Saat Membeli Motor Bekas
Sebelum membeli motor bekas, pastinya agan dan sista perlu menyiapkan beberapa hal. Pertama, yang pasti dan tidak boleh terlewat adalah uang. Ya, kalau tidak ada uang, tidak ada penjual motor yang mau bertransaksi dengan agan dan sista.

Kedua, agan dan sista pasti menentukan motor apa yang cocok buat jadi teman bepergian. Jangan sampai bingung waktu sampai showroom, akhirnya beli sepeda Family.  


credit: kompas.com

Motor bekas kondisinya sulit ditebak, karena kita tidak tahu riwayat pemakaiannya. Bisa saja motor itu tidak pernah diganti oli, bensinnya dicampur adem sari, atau rantainya dilumasi minyak bawang biar anget. emoticon-Ultah

Makanya saat beli motor bekas, agan dan sista harus cermat. Jangan sampai termakan rayuan manis penjualnya. Di sini ane merangkum beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat membeli motor bekas.

Pertama, jangan tergiur dengan bodi mulus. Bodi mulus bisa saja cuma akal-akalan penjual dengan cara membeli cover bodi kw.

Agan dan sista harus tahu jeroannya. Terus harus dibongkar gitu mesinnya? 

Enggak juga. Mekanik-mekanik berpengalaman dan telah teruji di desa Konoha bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus membongkar mesin. Mereka bisa tahu kondisi mesin dan komponen penting lainnya hanya dengan mendengarkan suara, melihat getaran, dan cara lainnya. Jangan khawatir, telinga dan syaraf-syaraf mereka bisa mendeteksi masalah pada motor. Kalau menemukan kerusakan pada motor, si mekanik akan mengaum seperti macan…ngga..ini lebay…. emoticon-Ngakak


credit: tempo.co

Kedua, haram hukumnya melihat dokumen motor hanya sekilas-sekilas saja. Jangan langsung cinta buta pada motor yang agan dan sista taksir. Dia belum tentu baik untukmu. Pastikan asal-usul motor itu, cek keabsahan STNK, BPKB, dan Faktur.

Sekarang sudah ada aplikasi digital buat memastikan legalitas dokumen kendaraan. Salah satunya aplikasi Cek Ranmor DKI, Cek Pajak Kendaraan, dan sebagainya yang bisa didonlot di Play Store dan App Store. 


credit: Honda Cengkareng 

Ketiga, cari perbandingan harga pasaran motor. Jangan mentang-mentang suka dengan motornya, langsung setuju dengan harga dari penjual. Tawar harganya kalau kemahalan, tapi kalau terlalu murah jangan dibeli. Sama saja menjatuhkan martabat anda sebagai pembeli. Karena pembeli adalah raja. Raja tidak mau barang murah.

Ane punya rekomendasi nih kalo agan dan sista mau cek kondisi motor. Pake aplikasi Otomoto Indonesia. Di situ ada fitur Smart Inspection buat melakukan inspeksi motor di bengkel terpercaya. Setelah diinspeksi, akan keluar laporan soal kondisi motor, komponen yang harus diganti, dan taksiran harga motor yang agan dan sista mau beli. 

Udah dulu deh ya thread kali ini, moga moga ada manfaatnya buat agan dan sista yang mau beli motor. See ya bubaay. Nih kalau mau coba pake aplikasinya, bisa donlot di sini
Diubah oleh lishandoko 18-12-2018 01:24
1
2.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.