Salah satu penyebab utama sebuah motor sering mogok adalah karena kerusakan busi atau busi basah akibat berkendara di jalanan banjir atau genangan. Sebab kerusakan dan basah busi menyebabkan terganggunya proses pembakaran pada mesin dan berakibat motor susah untuk dihidupkan.
Namun agan tak perlu terlalu khawatir mengalami gangguan akibat busi tersebut, asalkan kita mau sedikit rajin untuk membersihkan kotoran atau memperhatikan kondisi busi kita.
Tapi apakah merawat busi itu susah? Berapa lama kita harus mengontrol busi? Apakah perawatan itu memerlukan tenaga ahli atau teknisi? Bisakah kita merawat busi sendiri?
Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul di dalam benak kita. Enggak deng, jangan-jangan cuma TS seorang diri yang mikirin ini wkwkw Berikut ini kita akan melihat bahwa perawatan busi ternyata tergolong sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh orang-orang yang sama sekali buta soal mesin motor. Tidak percaya, silakan lihat proses-prosesnya.
Quote:
Lepaskan Busi
Pertama yang perlu kita lakukan adalah melepaskan busi. Di sejumlah motor, tahap ini biasanya sulit dilakukan. Karena itu pastikan betul bahwa agan mengetahui lokasi atau tempat busi berada. Jika tidak paham, agan bisa melihat buku manual motor agan.
Untuk melepaskan busi dari tempatnya, jangan pernah menarik kabel busi, karena hal itu bisa mengakibatkan kop busi terputus. Setelah membuka kop busi, agan bisa melihat bagian dari busi yang terpasang, maka pastikan agan membukanya dengan kunci yang pas. Biasanya pada setiap motor akan disediakan kunci busi yang sesuai dengan ukuran busi pada motor kita, kecuali agan membeli motor dalam keadaan second alias tangan kedua, maka kunci busi mungkin saja tidak ditemukan.
Kemudian putar perlahan-lahan busi dengan kunci ke arah yang tidak keras. Sebab jika ke arah yang keras maka dipastikan busi akan dol dan kita kesulitan membukanya.
Quote:
Rendam busi
Setelah busi dibuka, pastikan tidak ada kotoran atau air pada busi. Kalau terlihat kotor sebaiknya, rendam busi pada bensin yang sudah agan taruh pada wadah tertentu. Setelah beberapa menit, agan bisa mengambil busi dan mulai menggosoknya dengan kain lap. Pastikan busi dalam keadaan kering terlebih dahulu. Agan bisa menggunakan teknik menipu bagian ujung dari busi agar cepat kering.
Quote:
Gunakan sikat kawat/amplas
Setelah busi dipastikan kering, untuk memastikan tidak ada lagi kotoran tersisa pada busi, maka agan boleh menyikat bagian atas budi agan dengan sikat kawat atau amplas. Hal ini sangat efektif untuk menyingkirkan dan mengangkat kotoran yang masih menempel pada busi dan tidak tapat tergerus oleh bensin. Namun saat menggosok, agan tak boleh lupa bahwa menggosok menggunakan sikat kawat hanya boleh dilakukan di tempat yang terlihat kotor saja, karena jika tidak akan membuat permukaan busi yang tidak kotor menjadi lecet dan otomatis busi agan jadi rusak.
Quote:
Keringkan Busi
Kalau sudah selesai melakukan itu, pastikan lagi bahwa busi yang agan periksa tadi sudah benar-benar kering. Karena ketika agan merasa busi sudah cukup bersih namun belum kering pasti akan mengganggu proses pengapian pada motor agan. Kalau agan bisa menggunakan compressor bertekanan tinggi untuk meniup sisa-sisa kotoran kecil yang tidak kasat mata ada dalam busi.
Selain itu, sebelum memasang busi pada tempatnya, lakukan pembuangan uap air yang mungkin masih tersisa di lubang besi atau mesin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara tidak mencabut kain yang digunakan untuk menutup lubang busi, lalu menyela motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off. Lakukan pengulangan agar sisa-sisa air bisa keluar sampai bersih dari lubang busi.
Quote:
Pasangkan kembali busi
Setelah yakin kalau semuanya sudah bersih, agan bisa kembali memasang busi pada tempatnya. Pastikan agan memasang pada posisi yang tepat dan jangan memutar busi secara paksa karena jika memang letaknya pas busi akan terpasang dengan mudah. Namun jika posisi tidak tepat dan agan memaksakannya, drat yang ada di lubang busi akan rusak dan agan perlu melakukan korter lubang busi lagi. Setelah memastikan busi masuk, langkah terakhir adalah tutup kop busi dengan benar dan pas dan agan tinggal menstater motor agan.
Mudah bukan? Silakan mencobanya sendiri. Mungkin thread ini akan lebih indah jika ada mulustrasinya ya, selanjutnya TS akan kasih deh buat agan
*Cek sumur:
Di Sini
Budayakan komeng setelah membaca
TS nungguin lho
Simak artikel lainnya:
5 Cara agar Busi Nggak Rembes Air
Biaya Servis Motor Injeksi di Bengkel Resmi & Umum
Akibat Sering Lupa Servis Motor Rutin
Cara Merawat Motor yang Sudah 10 Tahun
Perbedaan Sistem Kerja Motor Karbu dan Injeksi