Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gile.itukerenAvatar border
TS
gile.itukeren
Ini Dia 11 Misteri Tanah Jawa yang Belum Terpecahkan
Asslamualaikum wr.wb



Sesuatu yang tidak bisa dimungkiri hingga saat ini adalah bahwa tanah Nusantara ini penuh dengan misteri. Alamnya, pulaunya, bahkan juga manusia-manusia penghuni Nusantara ini juga kerap diselubung misteri.
Namanya juga misteri, sehingga sangat sulit untuk dipecahkan. Karena tidak bisa dipecahkan, akhirnya semuanya pun tinggal dalam misteri itu sendiri. Demikian juga dengan tanah Jawayang hendak diulas dalam tulisan ini juga ya, penuh dengan misteri itu.
Kata di Pulau Jawa ini, dulunya merupakan koloni dari bangsa Atlantis, kemudian karena bangsa dan peradaban atlantis hancur lalu tinggal Jawa seperti ini. Lalu, juga asal-usul orang Jawa sendiri hingga kini masih juga diselimuti kabut misteri itu.
Selanjutnya misteri di balik semua ini akan disampaikan di bawah ini dengan mengelaborasi paparan Beatrix yang pernah dimtuat dalam Misteri.co.id.

1.Misteri dewa-dewi sebelum manusia sakti
Ada juga misteri misalnya, bahwa di tanah Jawa ini selama ratusan ribu tahun lalu dihuni oleh dewa-dewi yang menguasai daratandan lautan tanah jawa. Para dewa dewi itu kembali ke nirwana setelah manusia-manusia sakti mulai menguasai tanah Jawa.

2. Misteri Semar Sebagai Demit Paling Tua di Tanah Jawa
Semar merupakan tokoh wayang nan sakti, eang sepuh dari pandawa lima yang sangat populer sekaligus dalam pertokohan dia itu kedudukannya sebagai ayah dari Petruk, Gareng serta Bagong. Perlu diketahui ternyata konon itu adalah sosok demit yang paling tua usianya di kawasan tanah Jawa.

3. Misteri Masuknya Islam
Apakah kamu tahu Islam masuk ke tanah Jawa itu kapan? Kabarnya ajaran tersebut masuk pada abad 13. Ada sumber yang mengatakan kalau Islam itu masuk ke Tanah Jawa, sebagaimana juga masuk ke Nusantara selama Nabi Muhamad masih hidup. Konon Syekh Subakir sebagai utusan ulama dari kekaisaran ottoman yang datang, dengan menenteng batu hitam yang telah dirajah dari kawasan jazirah Arab.

4. Misteri Peredaman Pengaruh Negatif Makhluk Halus
Konon banyak kekuatan makhluk halus yang mengganggu kehidupan manusia di tanah Jawa. Mereka semua membawa pengaruh negatif kepada warga sekitarnya. Namun untungnya di puncak gunung Tidar ada rajah Aji Kalacakra yang mampu menangkalnya saat itu. Kemudian lambat laun kabarnya diteruskan oleh para Wali Songo. Sehingga ilmu ulama tersebut bisa meredam pengaruh negatif makhluk itu juga.

5. Misteri Tersingkirnya Hantu
Semakin berjalannya waktu, jumlah populasi manusia semakin banyak. Hutan, sawah, perkebunan pun kini telah berubah menjadi tempat tinggal, maupun perumahan. Sehingga para hantu dan sejenisnya tersingkir, serta pindah ke dasar laut selatan ataupun disekitar kawah gunung berapi kabarnya.

6. Misteri Ritual Tradisional
Konon ritual tradisional yang biasa kita kenal dengan nama Slametan itu, kabarnya ada kaitannya dengan kisah jin paling tua di tanah Jawa. Banyak yang bilang kalau kita melakukan ritual seperti itu, maka para dedemit akan melindungi warga. Apalagi jika dalam meminta bantuan disertai dengan tangisan, maka permintaannya akan segera terkabulkan.

7. Misteri Babad Tanah Jawi
Masyarakat bisa mengetahui silsilah raja zaman dahulu, seperti pada Singasari, kerajaan Padjajaran, Mataram, Majapahit, Demak, maupun yang lainnya dengan membaca buku babad tanah Jawi. Bahkan kabarnya ada juga cerita mengenai para nabi, yang dulunya dianggap oleh warga kerajaan Mataram Islam sebagai nenek moyang mereka.

8. Misteri Gugur Gunung
Tujuan gugur gunung dilakukan oleh masyarakat di tanah Jawa, adalah agar kita mengetahui betapa pentignya kebersamaan. Kata tersebut ibarat mengarahkan pada suatu permasalahan yang dialami seseorang, kalau dipecahkan secara bersama pasti akan terasa ringan.
Seperti itulah kiranya gambaran mengenai kebiasaan sesepuh kita zaman dahulu. Kalau sekarang ini kita lebih mengenalnya dengan kata gotong royong, kerja sama saling membantu meringankan pekerjaan secara bersama-sama.

9. Misteri Banyak Ahli Sejarah yang Mengkajinya
Kabarnya konon banyak ahli yang tertarik untuk mengkaji mengenai kisah tanah Jawa. Misalnya saja ahli sejarah yang bernama HJ de Graaf. Beliau sudah banyak sekali belajar tentang peristiwa yang terjadi di tanah itu, sejak zaman kerajaan Pajang. Akan tetapi hasilnya tak berani beliau sebutkan pada masyarakat umum, sebab kabarnya sangat berkaitan dengan kosmologi, dongeng, serta mitologi.

10. Misteri Syirik
Menurut sebagian orang kisah jin di tanah Jawa itu mengarahkan kita pada kesyirikan. Sebab tempatnya berdoa itu hanyalah kepada Alloh semata, bukan memberikan sesaji dan sebagainya pada makhluk halus.
Sebaiknya kamu jangan ikut-ikutan, karena semua itu adalah dosa besar yang tak akan mungkin dimaafkan. Saat di akherat nanti tempatnya yang kekal yaitu di neraka, maka dari itu janganlah kamu mencobannya.

11. Misteri Aji Saka
Salah satu legenda Jawa yang sangat populer yaitu kisah Aji Saka. Di dalamnya menceritakan mengenai asal mula adanya aksara Jawa. Banyak cerita yang mengatakan Aji Saka itu orang paling sakti dari India yang membangun kerjaaan pertama di tanah Jawa.
Selain itu juga menggambarkan tentang kedatangan peradaban di tanah Jawa yang mulai dirintis oleh Aji Saka itu. Hanya ada yang mengatakan kalau kerajaan yang dibangun Aji Saka itu masih bersifat sangat mistis.
Sayangnya terdapat berbagai pendapat mengenai darimana asal ceritanya, ada yang bilang kalau itu berasal dari pulau Bawean, ada pula yang kabar hal tersebut dari Jawa Tengah, dan masih banyak lagi anggapan lainya.

Nah, seperti itu misteri tanah Jawa ini yang kabarnya Semarlah dedemit paling tua di wilayah itu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Semar adalah anak ucunya para dewa yang sebelumnya sudah menguasai tanah Jawa.
Semoga bisa menambah wawasan kita.

Sumber : http://www.netralnews.com/news/rsn/r...an-hingga-kini
nona212
nona212 memberi reputasi
1
7.5K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.