Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Ada yang Gagal Paham Membedakan Mana Bon Dan Nota, Nih Infonya

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Masih Ada yang Gagal Paham Membedakan Mana Bon Dan Nota, Nih Infonya


[ HT# 423 ]

Sebagai salah satu bukti sahnya jual dan beli adalah adanya tanda tertulis dalam cetakan atau catatan rincian belanja yang sudah di beli. Memang tidak semua pedagang terutama pedagang kecil memilikinya. Namun satu hal yang menarik terkadang orang sering salah sebut atau memberikan mana nota mana bon, berikut sekilas penjelasannya.

Faktor terpenting selain bukti sahnya jual dan beli, catatan belanja ini menjadi salinan awal pembukuan pedagang atau perusahaan yang nantinya di pindah dalam buku penjualan/ buku penglaris. Meskipun terkadang catatan belanja ini hanyalah sebuah tulisan tangan pada sobekan kertas tapi ini penting untuk mengidentifikasikan atau bukti jual beli rincian belanja dan total rupiah belanja agar di kemudian hari tidak salah harga dan barang.





Dan catatan belanja ini di lapangan terutama di pedagang-pedagang tradisional penjual atau pembeli seringkali salah sebut, padahal kalau kita teliti secara mata awam meski sama-sama dari selembar kertas tapi tulisan dan tujuan yang terkandung jelas berbeda. Maksudnya mau kasih bon malah di kasihkan nota, mintanya nota malah di kasihkan bon atau malah salah kedua-duanya, mending nggak usah pakai aja keduanya, hehe. Ribet, namun pada intinya buat pembeli adanya list belanjanya sudah tercatat dengan jelas baik rincian barang berupa; harga satuan, jumlah barang yang di beli, serta total harganya dirasa sudah cukup. Dan supaya kesalahan ini tidak berlanjut berlarut-larut hingga seabad mendatang sebaiknya kita cari tahu perbedaan mendasar dan fungsi sebenarnya Bon dan Nota tersebut. Berikut penjelasannya.


Nota



Menurut KBBI Nota adalah:
surat peringatan (penunjukan, catatan), tanda jual beli secara kontan;

Nota terkadang disebut juga dengan Invoice, biasanya berupa print nan atau catatan tertulis rincian barang pembelian secara TUNAI. Nota selalu di buat oeh penjual dan diberikan kepada pembeli, dimana lembar kertas berwarna putih biasanya untuk pembeli sedang lembar ke dua biasanya untuk pedagang. Namun di lapangan sering juga di jumpai nota hanya selembar putih saja.


Bon



Masih menurut KBBI, Bon adalah mengambil atau meminjam barang atau uang yang akan dikembalikan atau dibayar kemudian dengan menyerahkan surat berisi keterangan pengambilan atau peminjaman;

Orang seringkali membayangkan nama bon identik dengan tagihan, dan memang tidak salah karena bon itu sendiri sebagai alat atau surat pengantar berisi informasi tentang tagihan pinjaman, pengambilan barang ke gudang dan lain sebagainya. Namun saat ini kertas bon hampir dibilang sudah jarang digunakan karena sudah menggunakan alat lebih ringkas, berupa kartu pinjaman, namun secara fungsi tidak merubah sedikitpun kegunaannya.

Jadi, dari keterangan sederhana diatas jelas sudah perbedaan mana kertas Nota, mana yang kertas Bon dan kegunaannya. Mungkin yang belum mengerti perbedaan sebelumnya, belum pernah membaca kamus Indonesia, atau kurang minum air mineral (termasuk saya sendiri), segera tercerahkan, hehe emoticon-Big Grin. Semoga bermanfaat!










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 27-12-2018 03:05
6
16.4K
126
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.