Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Menerawang "Future" Bersama Agan Papa.T.Bob
Akhir tahun begini adalan momen yang pas buat ngebahas tahun baru. Sekalian buat dijadiin bahan kontemplasi. Ya gak gan?


Spoiler for gak penting:


*****

Bagi sebagian orang pergantian tahun itu seperti titik nol, yang membatasi antara masa lalu (tahun lalu) dan masa depan (tahun depan).

Bagi sebagian lainnya tahun baru tidak bermakna apa-apa selain seremoni berulang. Perayaan yang juga ada di tahun-tahun sebelumnya dan akan kita ulangi lagi. Seperti yang digambarkan kartunis Mice dalam komik mingguannya, tertanggal 3 Januari 2016, berjudul "Nothing Changes" berikut,


tamtomo.blogspot.com

di mana Mice menganalogikan tahun baru tak ubahnya reffraindalam lagu. Ide komik Mice tersebut tentu berasal dari hasil kontemplasinya, dalam memaknai momen pergantian tahun.

*****

Quote:


Apa sih gunanya berkontemplasi? selain ngelamunin masa lalu dan mengkhayal tentang masa depan? output/hasilnya apa? bukannya malah bikin orang depresi ya?

Menurut ane gak juga. Tergantung orangnya. Dia pesimis atau optimis dalam melihat masa depan.

*****

Kalau agan adalah orang yang optimis dan ingin survive menghadapi masa depan, agan harus punya "kemampuan untuk menjadi insan pembelajar seumur hidup". Dengan kata lain agan harus beradaptasi tanpa henti. Kenapa?


dadangkadarusman.com

Sekarang jamannya disrupsi. Disrupsi adalah perubahan mendasar dalam tatanan peradaban. Disrupsi di era ini sebagian besar merupakan dampak dari evolusi teknologi digital dan liberalisme. Kita bisa lihat contohnya di sekitar kita: ojek online, toko online, uang elektronik. Semuanya adalah hal yang benar-benar baru dan tidak terbayangkan oleh mayoritas penduduk bumi sebelumnya.

Sekarang udah bukan jamannya Ramalan Jayabaya, yang jumlahnya 216 poin itu. Di era global, Ramalan Jayabaya udah lewat. Semua yang diramalkan udah terjadi. Kalau gak segera adaptasi agan akan "ketinggalan kereta".

*****

Tiap manusia punya kemampuan untuk bersyakwasangka, alias curiga pada masa depan. Apakah manusia bisa meramalkan masa depan? Jawabannya bisa.


rarebookhub.com

Kita bisa menerawang masa depan, dengan memperhatikan tren besar yang sedang menguat dan diyakini akan memegang peran dominan di masa depan. Sebab pada dasarnya sejarah akan berulang. "L'historie se repete". Untuk itulah kita memerlukan kacamata kaleidoskop, kilas balik ke masa lalu. Dari masa lalu-lah bisa lahir prediksi akan masa depan.

*****

Jadi setelah berkilasbalik dan bersyakwasangka apa resolusi agan untuk tahun depan?


nabilalaras.wordpress.com
Spoiler for gak penting:


Seperti yang ane sampaikan di poin sebelumnya, sekarang kita harus pinter beradaptasi, tapi jangan mau kebawa arus. Contohnya nih, sekarang lagi tren mobile legend, lalu datang tren PUBG, gak lama ada Ragnarok. Awalnya iseng-iseng lalu terbawa arus. Apa agan akan terus mengikuti satu tren ke tren selanjutnya. Jangan sampai gan. Agan harus "riding the wave" (menunggangi gelombang). Jangan jadi konsumtif tanpa mendapat apa-apa darinya.

Contoh satu lagi nih. Dulu si Raditya Dika (tau kan ya?) mengawali karir dari blog, kemudian jadi penulis, sempet jadi host, lalu jadi sutradara, akhir-akhir ini jadi komika, bahkan jadi juri kompetisinya, sampai akhirnya jadi youtuber. Ada beberapa orang yang sukses dengan mencoba meniti jalan karir seperti Raditya Dika, seperti Benakribo. Nah, Raditya Dika adalah salah satu contoh orang yang mampu survivedari disrupsi dengan beradaptasi. Sedangkan Benakribo adalah contoh orang yang pinter beradaptasi, tapi nggak sekedar jadi follower, melainkan ikut "riding the wave", bersama panutannya. See?

*****

Ke depannya masih banyak kejutan-kejutan yang belum akan berakhir dari era disrupsi ini. Dan agan harus selalu siap menghadapinya.

Buat mengakhiri tulisan ini ane mau nge-kuot lirik lagu lawas yang akhir-akhir ini sering ane dengerin lagi

Quote:


*****


Sekian dari ane Bre & Sis.
Setelah baca ini, agan yakin masih mau ngisi momen pergantian tahun dengan sekedar hura-hura, mabuk, atau ngedrugs? Silakan tulis di kolom komen emoticon-Angkat Beer
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bobselanjutnya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

*Thread ini terinspirasi dari koran Kompas tanggal 14 Desember 2018
1
6.2K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.