Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

grace234Avatar border
TS
grace234
Indonesia di Mata IMF-World Bank: Kebal Krisis
Krisis ekonomi yang kini melilit sejumlah negara berkembang, seperti Argentina dan Turki membuat investor was-was terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Tak heran, rupiah sempat terseret hingga nyaris menyentuh level Rp15 ribu per dolar AS, dengan pelemahan mencapai 10 persen di sepanjang tahun ini.

Banyak yang kemudian membandingkan kondisi saat ini dengan krisis keuangan Asia 1998 silam yang menyeret Indonesia tak hanya pada krisis ekonomi, tetapi juga sosial dan politik.

Indonesia di Mata IMF-World Bank: Kebal Krisis

Ekonom BCA David Sumual menjelaskan IMF dan World Bank merupakan dua lembaga internasional yang anggotanya terdiri dari hampir seluruh negara di dunia. Kebanyakan investor yang berada di negara anggota tersebut turut mengandalkan pandangan kedua lembaga itu dalam membuat keputusan investasi.


Quote:



Kedua lembaga tersebut, menurut dia, selama ini cukup adil dalam menyajikan pandangannya terhadap ekonomi Indonesia. Mereka juga rajin memberikan saran bagi pemerintah yang dinilai cukup sesuai dengan kondisi ekonomi Indonesia.


Quote:



Bagaimana pandangan kedua lembaga ini terhadap ekonomi Indonesia?

Dalam laporan teranyar yang dipublikasikan World Bank, ekonomi Indonesia dinilai terus melanjutkan tren positif di tengah ketidakpastian global. Kondisi perekonomian Indonesia bahkan dipandang jauh dari krisis.

World Bank juga memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dalam beberapa tahun terakhir telah membuat angka kemiskinan berhasil ditekan dari 19,1 persen menjadi 9,9 persen. Lembaga tersebut memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini bakal berkisar 5,2 persen dan akan meningkat pada 2019 menjadi 5,3 persen.

Spoiler for Sumber:

-1
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.