Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bulan.meronaAvatar border
TS
bulan.merona
Pesan Natal, Agama Tak Boleh Diperalat untuk Kepentingan Politik
Quote:

tirto.id - Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Mgr. Ignatius Suharyo imbauan gereja dalam rangka Pemilu 2019 untuk merayakan pesta demokrasi dengan penuh kedamaian, tanpa harus memperalat agama untuk kepentingan politik.

Bagi Ignatius, demokrasi yang berhikmat bukanlah demokrasi yang memperalat agama demi melanggengkan kepentingan politiknya.

"Agama diperalat untuk kepentingan politik, itu kan tidak bagus ya," jelas Ignatius Suharyodalam konferensi pers di Gereja Katedral Jakarta, Selasa (25/12/2018).


Menurut Ignatius, pesta demokrasi juga tak boleh menyertakan kebohongan, fitnah, serta kekerasan. Untuk itulah, nilai-nilai dasar dalam Pancasila sangat perlu dipahami guna menciptakan suasana pesta demokrasi yang aman dan damai.

Umat Nasrani dan umat agama lain, kata Ignatius juga diingatkan untuk memperjuangkan nilai-nilai demokrasi agar terwujud kebaikan bersama, siapapun pemenangnya di Pemilu 2019.

"Siapapun yang nanti menang, mestinya memperjuangkan kebaikan bersama. Kesehjahteraan bersama, bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Diskriminasi yang kerap terjadi pada saat ini sangat disayangkan semua pihak. Melalui semangat perayaan Natal inilah, semangat cinta kebangsaan harus ditumbuhkan. Ia mencontohkan semangat ini ketika bangsa ini masih dijajah oleh bangsa lain. 

Semangat mempersatukan bangsa dan bangkit melawan penjajah sangat terasa, apalagi kata Ignatius saat momentum Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 1908 dan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

"Selama itu tokoh-tokoh para pendiri bangsa, dari latar belakang apapun bersatupadu, enggak ambil pusing suku mana, agama apa tapi bersama-sama membangun dan mengembangkan semangat kebangsaan itu," pungkas Ignatius.

Code:
https://tirto.id/pesan-natal-agama-tak-boleh-diperalat-untuk-kepentingan-politik-dcyZ



Selamat natal dan tahun baru bagi seluruh saudara2 ana yg merayakanya emoticon-Smilie

Terutama untuk pak Prabowo,semoga beliau di beri kesehatan dan umur panjang untuk 2024 emoticon-Smilie

Quote:


3
3.2K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.