Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oet82Avatar border
TS
oet82
Bertaruh Nyawa di Kawah Ijen
Di balik idahnya kawah Ijen di Jawa Timur, ada sejumlah orang yang rela mempertaruhkan nyawanya demi mengais rupiah dengan mencari sebongkah belerang. Ya mereka adalah penambang belerang tradisional yang beroperasi di kawasan kawah Ijen.

Bertaruh Nyawa di Kawah Ijen

Hanya berbekal masker dan linggis, para penambang memulai aktifitasnya dari pagi hingga menjelang malam. Seakan tak menghiraukan pekatnya gas beracun, mereka satu demi satu turun ke kawah mencari bongkahan belerang di pinggir kawah yang berwarna hijau itu. Bagi penambang yang beruntung, belerangnya akan dikumpulkan dengan keranjang yang terbuat dari bambu hingga terkumpul 75-100 kilogram.

Bertaruh Nyawa di Kawah Ijen

Setelah dirasa cukup, belerang kemudian diangkut dengan cara dipikul hingga ke tempat penampungan. Disamping memikul beban yang berat dan ancaman gas-gas beracun, mereka juga harus berjibaku saat naik ke atas hanya dengan menggunakan tangga seadanya.

Namun, bagi penambang yang bernasib sial, biasanya mereka akan terus mencari belerang hingga larut malam. Hanya berbekal lampu senter dan patromak mereka menyusuri tebing-tebing curam. Salah sedikit melangkah, bisa-bisa terperosok, bahkan tragisnya jatuh ke kawah.

Bertaruh Nyawa di Kawah Ijen

Akibat seringnya terpapar gas beracun dan belerang, sebagian besar kulit para penambang menjadi lebih gelap. Disamping itu, kelelahan fisik yang digenjot setiap hari, tampak jelas dari raut wajah mereka yang kusam. Bahkan, mereka mengaku hanya memiliki harapan hidup 50 tahun saja.

Bertaruh Nyawa di Kawah Ijen

Meski pekerjaan bertaruh nyawa itu hanya diganjar Rp 120 ribu per hari. Namun, mereka mengaku tetap pasrah menggantungkan nasibnya di kawah Ijen. Alasanya, mereka tak memiliki pekerjaan lain demi dapurnya tetap ngebul selain mencari bongkahan belerang. Sumurnya disini gan
Diubah oleh oet82 14-12-2015 03:21
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
6.1K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.