Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Erupsi Anak Krakatau Pemicu Tsunami di Selat Sunda


Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) memastikan gelombang tinggi yang menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda adalah tsunami. Diduga, tsunami dipicu oleh longsornya bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau.


'Tsunami bukan dipicu oleh gempa bumi, tidak terdeteksi adanya aktivitas tektonik,' kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jakarta, Minggu, 3 Desember 2018.


Selain bawah laut yang longsor, fenomena pasang laut juga jadi pemicu gelombang air tinggi. Disimpulkan, ada kombinasi antara fenomena alam yaitu tsunami dan gelombang pasang.


Sutopo mengatakan sekitar pukul 21.03 WIB, BMKG mendeteksi Gunung Anak Krakatau kembali erupsi dan menyebabkan peralatan seismograf setempat rusak. Namunm, seismik stasiun sertung merekam adanya getaran tremor terus menerus.


'Kemungkinan material sedimen di sekitar Anak Gunung Krakatau di bawah laut longsor sehingga memicu tsunami,' ujarnya.


Masyarakat diminta tenang dan tidak terpancing dengan isu yang menyesatkan yang disebarkan oleh pihak yang tidak jelas. Masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas di pantai Selat Sunda untuk sementara waktu. BMKG dan Badan Geologi masih melakukan penelitian lebih lanjut.


Tsunami menerjang laut Anyer, Banten, dan Lampung Selatan, Sabtu, 22 Desember 2018. Beberapa orang dinayatakan tewas dan luka-luka akibat bencana ini. Ratusan fasilitas juga rusak setelah diterjang gelombang tinggi tersebut.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...di-selat-sunda

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
546
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.