Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

madridzoners116Avatar border
TS
madridzoners116
SANKSI SOSIAL EKS PKI
SANKSI SOSIAL EKS PKI
Mengungkit atau membahas kekelaman sejarah dimasa lalu memang kurang afdol. Tetapi demi kebaikan bangsa, rasanya tidak apa-apa jika dibicarakan atau dibahas.


Peristiwa puncak kekelaman bangsa Indonesia terjadi pada tahun 1965, dimana komunis melakukan pemberontakan/kudeta untuk merebut kekuasaan dari pemerintahan yang sah. Dalam kudeta yang itu, terjadi pembantaian keji terhadap para putra terbaik bangsa yang disinyalir dilakukan oleh PKI.

Sehingga orang yang terlibat PKI secara langsung ataupun tidak langsung (dituding terlibat), saat itu dicap sebagai musuh bangsa; pantas untuk dihukum dan dilenyapkan dari muka bumi.

"Terlepas Pro-Kontra, seluk-beluk terjadinya peristiwa kelam nan keji tersebut".

Dari berbagai literasi, stigma negatif melekat kepada mereka yang terlibat sebagai imbas dari peristiwa itu. Para pelaku yang lolos dari pembantaian, dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) eks PKI diberikan tanda/inisial 'ET' (Eks Tapol). Tanda itu berguna untuk membatasi pergerakan eks PKI tumbuh kembali. Namun setelah era demokrasi, inisial khusus itu sudah ditiadakan dari KTP.

Tak ayal pada akhir-akhir ini, fenomena para oknum politisi serbet meja sering menggunakan/menggoreng isu PKI terhadap lawan politik --untuk menjatuhkan elektabilitas sang rival dalam kontestasi politik--.

Mudah saja sebenarnya mengungkap jika seseorang itu PKI. Tinggal mencari dokumen terkait inisial ET dalam KTP, kelar itu masalah.

Kan mudah? Bahlul...!!

Paling lucunya, isu-isu PKI muncul pada saat-saat tertentu saja. Palingan 5 tahun sekali, sesudah itu hilang bak uap panas dan 5 tahun berikutnya muncul lagi.

Sehingga fenomena ini jua tak jarang membuat bulu ketek berdiri, disebabkan oleh rasa geli yang ditimbulkan.

Untung saja sebagian besar masyarakat Indonesia sudah pintar, tidak mau lagi dibodohi dengan isu-isu basi yang tidak jelas juntrungannya.

~Salam WaraS-
0
1.3K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.