Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

michelin234Avatar border
TS
michelin234
Resmikan 3 BWM di Jombang, Presiden: Bank Wakaf Mikro Kembangkan Ekonomi Umat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan tiga Bank Wakaf Mikro sekaligus yang berada di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Bank Wakaf Mikro di Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, dan di Pondok Pesantren Tebuireng.


Quote:


Resmikan 3 BWM di Jombang, Presiden: Bank Wakaf Mikro Kembangkan Ekonomi Umat

Jokowi pun mengungkapkan alasannya mendirikan bank wakaf mikro di pondok pesantren. Menurut dia, pemerintah ingin mengembangkan ekonomi umat. Pasalnya, problem yang kerap ditemui pelaku UKM ialah sulitnya mendapat akses permodalan.


Quote:



Program Bank Wakaf Mikro, kata Jokowi, baru dimulai setahun belakangan. Namun, pertumbuhannya begitu pesat karena sudah direalisasikan di 41 pondok pesantren.

Kendati begitu, Jokowi memastikan akan mengevaluasi kinerja Bank Wakaf Mikro. Misalnya, apakah nasabah sudah terseleksi dengan baik atau belum, banyak nasabah yang menunggak atau tidak.


Quote:



Skema pembiayaan melalui Bank Wakaf Mikro adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp 3 juta dan margin bagi hasil setara 3 persen. Selain itu, dalam skema pembiayaan Bank Wakaf Mikro disediakan pelatihan wirausaha dan pendampingan serta pola pembiayaan yang dibuat per kelompok atau tanggung renteng.

Lembaga ini tidak diperkenankan mengambil simpanan dari masyarakat karena memiliki fokus pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan disertai pendampingan usaha. Lembaga ini juga berstatus sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang diberi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Spoiler for Sumber:

2
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.