partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Kenapa Harus Nyari Black Box?
Salam Jumpa...emoticon-Toastemoticon-Toast



Akhirnya black box pesawat Lion Air JT 610 ditemukan pada Kamis 01/11/2018. Black box ini berhasil ditemukan oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL. Black box ini ditemukan pada kedalaman 30 meter. Begitulah kita-kita headline di beberapa media online yang ane baca Gan.




Ane jadi bertanya-tanya Gan, kenapa selalu black box yang dicari saat terjadi kecelakaan pesawat terbang? Ada apa dengan black box?

Setelah ane cari tau Gan, ternyata ada beberapa hal menarik yang terdapat pada black box ini Gan.

Menurut sumber yang ane baca ya Gan, black box adalah perangkat pesawat yang berfungsi sebagai perekam seluruh aktivitas pesawat saat penerbangan. Mulai dari omongan air traffic control (ATC) dengan pilot sampai informasi tekanan udara dan cuaca selama penerbangan.




Berbeda dengan namanya, ternyata black box bukan berwarna hitam, melainkan berwarna orange Gan. Kenapa berwarna orange? Supaya mempermudah dalam pencarian jika terjadi kecelakaan pesawat.

Menariknya lagi Gan, Black box ini hampir tidak bisa dihancurkan. Jadi, sebelumnya pernah dilakukan perobaan Gan, Seorang peneliti membakar black box dengan suhu 1.100 derajat celcius dan menenggelamkannya ke dalam tangki air garam bertekanan, serta memasukkan kedalam bahan bakar jet, namun alat ini masih tetap utuh Gan. Gokilll sih ini alat...

Black box ini terbagi atas dua item Gan, yang pertama berfungsi untuk merekam suara kokpit dan yang satunya lagi berfungsi untuk merekam data penerbangan.




Menurut Natgeotv, Biasanya perekam suara kokpit terletak pada ekor pesawat. Nah, alat inilah yang merekam semua omongan di kokpit dan memonitor semua suara di kokpit Gan. Jadi omongan pilot sebelum kecelakaanlah yang bakal dijadikan bahan penyelikan penyebab terjadinya kecelakaan Gan.

Penyelidik yang berpengalaman akan menganalisa setiap suara yang muncul sebelum terjadi kecelakaan. Biasanya penyelidik bisa mengetahui penyebab kecelakaan dari suara tersebut Gan, misalnya suara mesin, peringatan, atau ping darurat.

Selain itu, dari hasil rekaman penyelidik juga bisa mengetahui kapan terjadinya kecelakaan. Hal ini biasanya diperoleh berdasarkan obrolan terakhir kru pesawat dengan kontrol darat atau dengan pesawat lainnya.

Selanjutnya yang gak kalah penting adalah perekam data penerbangan Gan. Alat ini berperan untuk merekam data penerbangan seperti waktu, ketinggian, kecepatan udara, arah yang akan dituju pesawat, kondisi bahan bakar, pilot otomatis dan berbagai data lainnya.




Untuk memudahkan pencarian, black box juga dilengkapi dengan Underwater Locator Beacon (UBL). Perangkat ini nantinya akan segera mengirimkan sinyal jika black box terkena air. Perangkat ini mampu mengirimkan sinyal pada kedalaman maksimal 14.000 kaki. Baterai UBL ini hanya mampu bertahan selama 30 hari Gan.

Nah begitulah kira-kira sekelumit tentang black box Gan. Jadi intinya kenapa perangkat ini selalu yang pertama dicari selain pencarian korban, adalah untuk menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan Gan. Nah hasil penyelidikan ini nantinya akan di jadikan bahan evaluasi bagi maskapai dan sebagai barang bukti pastinya.


Mudah-mudahan segera diketahui penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 ini Gan.


Dan harapannya di kemudian hari gak ada lagi kecelakaan di dunia penerbangan.


Salam hangat...emoticon-Siap Ganemoticon-Siap Gan

 

 

Diubah oleh partaioliang 01-11-2018 08:11
6
6.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.