alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c18909eaf7e933f315ec330/bawaslu-akan-amati-jika-jokowi-masih-bagi-bagi-sepeda-saat-ke-daerah
Lapor Hansip
18-12-2018 13:15
Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.
Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah

Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap membagikan sembako dan hadiah sepeda kepada masyarakat saat berkunjung ke berbagai daerah. Namun pembagian hadiah sepeda atau sembako akan banyak disoroti mengingat Jokowi saat ini menjadi capres petahana yang akan maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

Untuk membedakan apakah pembagian sembako atau sepeda itu murni program presiden atau justru masuk kategori politik uang, Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin mengatakan publik harus melihat orientasi pemberian hadiah tersebut.
"Pasti (lihat) orientasinya, apakah diberikan pada masa kampanye atau tidak. Kalau program kan tidak di masa kampanye. Termasuk (melihat) pemberinya tim kampanye atau tidak," katanya ditemui di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (25/9).

Afifuddin mengingatkan agar publik cermat dan hati-hati membedakan dua hal ini. Jika Jokowi membagikan sepeda saat agenda kampanye, maka dipastikan itu masuk kategori politik uang.
"Saya kira harus hati-hati dan cermat untuk membedakan. Kalau event-nya di kampanye tentu itu pemberian saat kampanye yang mana kita sudah ada aturannya. Bagi yang akan memberi suvenir ada 9 atau 10 kategori barang itu bisa dengan konversi Rp 60 ribu per barangnya," jelasnya.

Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.

Jika saat memberikan sembako atau sepeda Jokowi juga mengajak orang untuk memilihnya, maka dipastikan itu politik uang. "Pasti kita akan lihat case-nya nanti, apakah ini bagian dari politik uang atau tidak. Kalau bersifat program ya pasti tidak dilakukan pada saat kampanye. Kalau ada aktivitas program yang orientasinya untuk kampanye, pasti ini tidak boleh," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU, Arief Budiman. Cara membedakan politik uang atau murni program presiden atau pemerintah, akan dilihat momen pemberian tersebut.
"Tergantung nanti kan bisa kelihatan dia baginya di mana, dalam momen apa, itu kelihatan. Itu harus kami lihat case by case ya," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi sendiri karena sudah masuk masa kampanye Pilpres akan mematuhi aturan kampanye yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
"Mulai kemarin kita sudah enggak boleh lagi bagi sepeda," kata Jokowi di sela-sela pembagian sertifikat dilakukan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/9).

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku tahu betul warga ingin sekali mengikuti kuis singkat berhadiah sepeda. Namun, aturan kampanye Pilpres 2019 membuatnya menghentikan bagi-bagi sepeda.
"Ya senangnya bapak ibu kan diberi sepeda. Nah sekarang enggak boleh. Jadi karena enggak boleh, enggak ada yang maju," pungkasnya. [did]
Sumuer : https://www.merdeka.com/politik/bawa...ke-daerah.html

Ikan-ikan apa yang suka kasih kuis ??
Cebong termasuk jenis ikan bukan ??
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
18-12-2018 13:18
Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.
2
18-12-2018 13:20
apa hubungannya coba ngasih sepeda ama milih...
malah kalo dilarang makin banyak yg bakal milih wiwi nanti krn nunggu dapet hadiah sepedanya.
2
18-12-2018 13:22
Nasbungtod udah pada gemeteran nahan berak emoticon-Ngakak
2
18-12-2018 13:23
knp kampret banyak yg gk ngaku klo dia pendukung wowok ya? begitu hinanya wowok sampe banyak kampret yg ngakunya golput
-2
18-12-2018 13:23
thread nasbung terguncang

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
2
18-12-2018 13:24
TS ketinggalan berita.. Dari bulan september jokowi udah stop bagi bagi sepeda karna masuk masa kampanye.. kan dia ngomong waktu kunjungan kemana gt trus pidato bahas itu...
Diubah oleh noisscat
3
Lihat 1 balasan
18-12-2018 13:26
cebong udah pada berdatangan. Daritadi kemana ? kejebak macet ?? 🤣
1
18-12-2018 13:27
itu kan emang udah tradisi dia selama ini...

kecuali kalo sebelumnya gak pernah,
lalu pas mau pilpres dia bagi2 sepeda.
baru aneh itu

emoticon-Traveller
3
18-12-2018 13:38
gak lah jokowik bakal bagi2 bukunya dia yg so inspiring biar rakyat indon kagak plonga plongo.. cita2 cuman jadi cebong sama ojol..
Diubah oleh zinaitudosa
-1
18-12-2018 13:38
Mantap
0
18-12-2018 13:57
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
knp kampret banyak yg gk ngaku klo dia pendukung wowok ya? begitu hinanya wowok sampe banyak kampret yg ngakunya golput


lah kan dari kmrn,, saya ngaku pndukung PRABOWO... emoticon-Request


dan saya juga, ndak akan ambil pusing, jika prabowo nnti akan kalah... emoticon-Cool


sdh kelihatan dari kmrn2 kok...! emoticon-shakehand
-1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
18-12-2018 14:04
Balasan post noisscat
Quote:Original Posted By noisscat
TS ketinggalan berita.. Dari bulan september jokowi udah stop bagi bagi sepeda karna masuk masa kampanye.. kan dia ngomong waktu kunjungan kemana gt trus pidato bahas itu...


nasbung mana mau ngerti emoticon-Traveller
pokok ad yg bs di gorengan lanjut aj tanpa dicek beritanya emoticon-Traveller
Diubah oleh rumputteki99
1
Lapor Hansip
18-12-2018 14:16
Balasan post kakekane.cell
Quote:Original Posted By kakekane.cell


lah kan dari kmrn,, saya ngaku pndukung PRABOWO... emoticon-Request


dan saya juga, ndak akan ambil pusing, jika prabowo nnti akan kalah... emoticon-Cool


sdh kelihatan dari kmrn2 kok...! emoticon-shakehand


Ga takut indonesia punah gan?
0
18-12-2018 14:19
Quote:Original Posted By sireeris


Ga takut indonesia punah gan?


siapapun PRESIDENNYA... Sampai saya jd KAKEK beneran...! Saya prcaya INDONESIA nggak bklan PUNAH... emoticon-I Love Indonesia
-1
18-12-2018 14:21

Bawaslu cepat tanggap banget kalau ngawasi kampanyenya Jokowi dan (dulu) Ahok. emoticon-Malu
1
Lihat 1 balasan
18-12-2018 14:22
Quote:Original Posted By elang17
cebong udah pada berdatangan. Daritadi kemana ? kejebak macet ?? 🤣




Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.
1
Lapor Hansip
18-12-2018 14:29
Balasan post qavir
Quote:Original Posted By qavir

Bawaslu cepat tanggap banget kalau ngawasi kampanyenya Jokowi dan (dulu) Ahok. emoticon-Malu


nah itu. ane nangkepnya juga, kalo KPU agak pro petahana, nah bawaslu ini agak condong ke lawannya. mungkin biar seimbang kali ya. emoticon-Shakehand2
0
18-12-2018 16:14
Istirahat bagi-bagi sepeda 🚲
Diubah oleh srks87
0
19-12-2018 11:37
lah kan bisanya cuma itu doang emoticon-Cool

Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.

Bawaslu akan amati jika Jokowi masih bagi-bagi sepeda saat ke daerah.

-Media gerombolan siberat + rezim kolam cetek-
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.