Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Mau Jakarta Bebas Macet? Pemerintah Butuh Rp 600 T Sampai 2029
Mau Jakarta Bebas Macet? Pemerintah Butuh Rp 600 T Sampai 2029

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dibutuhkan biaya sekitar Rp 600 triliun agar Jakarta bebas macet, hal itu diungkapkan oleh Kepala BadanPengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihantono. Anggaran sebesar itu nantinya untuk keperluan menjalankan Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) hingga 2029.


“Kebutuhan pembiayaan ini tak hanya dari pemerintah pusat. Namun melibatkan Pemda di luar Kementerian PU, misalnya jalan tol,” katanya.


Dengan investasi tersebut, kata dia rencana penggunaan angkutan umum ditingkatkan menjadi 60 persen pada 2029 dibandingkan sebelumnya 20 persen. Kemudian untuk cakupan angkutan umum menjadi 80 persen dari sebelumnya 30 persen.


Sedangkan kecepatan rata-rata menjadi 30-40 km per jam dari 12 km per jam. Dan perpindahan moda tidak lebih dari tiga kali hingga pengadaan bus tambahan sebanyak 1000 unit.


Direktur Prasarana BPTJ Heru Wisnu mengatakan, akan dilakukan pembiayaan kreatif untuk mewujudkan RITJ. Misalnya menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atau pembiayaan investasi non anggaran pemerintah (Pina).


Heru menyebut proyek yang dikerjasamakan adalah TOD Poris-Plawad serta MRT East-West. “Salah satu pembiayaan KPBU adalah MRT East-West, di dalam RITJ juga kita luaskan 54 transit oriented development (TOD) sekitar Rp 150 triliun,” katanya.


Sumber






0
707
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.