Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elang17Avatar border
TS
elang17
Jawaban Jokowi Soal Kenapa Elektabilitasnya di Sumatera Turun
Jawaban Jokowi Soal Kenapa Elektabilitasnya di Sumatera Turun

TEMPO.CO, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi yang juga calon presiden nomor urut 01 mengatakan penyebab penurunan elektabilitasnya, terutama untuk wilayah Sumatera, menjelang Pilpres 2019. Salah satunya, menurut Jokowi, akibat dari penurunan harga komoditas sawit, sehingga mempengaruhi kepuasan publik dan elektabilitasnya bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin pun menurun.

"Kenapa (elektabilitas) di Sumatera turun? Termasuk di Jambi turun, walau sedikit? Problemnya karena harga komoditas CPO (crude palm oil) turun, karet turun. Turun kok ditepuktangani, bagaimana?" kata Jokowi saat menyampaikan pembekalan calon anggota legislatif serta rapat Tim Kampanye Daerah di Jambi, Minggu, 16 Desember 2018.

"Harga kelapa turun, harga global turun, pemerintah tidak mungkin menguasai pasar global karena itu mekanisme pasar. Saya berikan contoh sawit di Uni Eropa kita di-banned, di-block karena di sana ada bisnis yang mirip-mirip kelapa sawit yaitu minyak bunga matahari di Prancis, untuk melindungi itu, minyak kita dipersulit," kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, "Ini sebenarnya urusan bisnis, terus kita mau apa? Bolak-balik, saya juga ketemu PM Cina, minta tambahan kelapa sawit 500 ribu ton tapi harganya tidak menarik. Jangan dipikir pemerintah tidak mengerti problem makro Sumatera, masalah makro Jambi".

Penurunan harga komoditas itu juga diakibatkan produksi CPO Indonesia terlalu besar. Indonesia, menurut Jokowi, punya lahan sawit 13 juta hektare, produksi 42 juta ton per tahun. "Bayangkan itu, 10 juta truk, banyak sekali begitu ada problem ekonomi global kita terimbas. Padahal harga manggis tinggi sekali, sedangkan semuanya menanam sawit dan sakit. Hal-hal seperti ini yang harus kita bangun," kata Jokowi.
Jokowi mengucapkan terima kasih atas semangat dan militansi warga di Jambi terhadap pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. "Saya melihat, di sini militansinya yang paling tinggi. Saya lihat betul, kalau Pak Ketua memberikan (kemenangan) 70 (persen), ya kita lihat saja pada Januari berapa, saya juga tadi lihat ke mal, feeling saya ya tinggi, tapi tergantung bapak, ibu dan saudara sekalian," kata Jokowi.

RUMUS : https://pilpres.tempo.co/read/115610...n/full&view=ok

Jangan ada yang sujut sukur, nanti diketawain sm cebong dungu. Dia bisanya cuma gitu. Dungu. emoticon-Big Kiss
1
1.7K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.