Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Kata Guntur Romli, Melarang Praktik Poligami Juga Jalankan Sunah Nabi
Kata Guntur Romli, Melarang Praktik Poligami Juga Jalankan Sunah Nabi


Sabtu, 15 Desember 2018 17:37 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli mengatakan melarang poligami bisa disebut sebagai 'Sunah Nabi' meskipun bagi kalangan yang pro poligami menganggap poligamisesuai ajaran Nabi.
Hal itu diungkapkannya menanggapi rencana politik PSI yang akan memperjuangkan larangan poligami untuk pejabat publik, baik di tingkat eksekutif, legislatif, yudikatif hingga aparatur sipil negara (ASN).

"Sunah artinya tradisi. Apa yang diucapkan, dikerjakan dan ditetapkan Nabi disebut sunnah. Nah, yang jarang dibahas, melarang poligami sebenarnya juga 'Sunah Nabi', karena beliau pernah melarang putri terkasih beliau Sayyidah Fathimah dipoligami suaminya, Imam Ali," ucapnya ditemui di Gado-Gado Boplo, kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (15/12/2018).

Guntur Romli menunjukkan beberapa hadits Nabi yang menegaskan larangan poligami bagi Fathimah, satu di antaranya hadits riwayat oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW.

"Semuanya hadits-hadits shahih, riwayat Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Tirmidzi bahwa Nabi Muhamad SAW menolak Sayyidah Fathimah dipoligami, karena alasan tidak mau punya besan bekas musuh Allah hingga poligami itu bisa menyakiti putrinya Sayyidah Fathimah," jelasnya.

Karena itu, kata dia,, menolak poligami tidak bisa dituduh anti Islam, bahkan itu mengikuti 'Sunah Nabi'. "Kalau ada istri menolak dipoligami itu mengikuti sikap Sayyidah Fathimah, kalau ada wali (orang tua) yang melarang putrinya dipoligami itu mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW. Penolakan terhadap poligami ada dalilnya, jadi yang menolak poligami tidak bisa disebut Anti-Islam," sambung dia.

Guntur Romli mengatakan. hukum poligami tetap mubah (boleh), tidak bisa diubah jadi haram.Menurutnya, Rasulullah SAW pernah melarang putrinya dipoligami tidak untuk mengharamkan poligami, tapi hanya melarang. "Poligami tidak bisa diharamkan, tapi bisa dilarang, hukum asal poligami tetap mubah dengan syarat-syarat yang ketat, kalau syarat-syarat nya tidak terpenuhi maka bisa dilarang," pungkasnya.

Sumber Berita
===========
Komen TS

Tante2 takut dipoligami..


mending dipoligami daripada lo jadi janda

Ahok jadi duda gara2 menolak poliandri, istrinya digondol gutpren sekarang

Aturan yang melarang anggotanya melakukan poligami itu inkonstitusional dan bertentangan dengan Pancasila
Silai 1 butir ke 7 : Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
Sila 4 butir ke-2 : Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

Jadi partai ini diduga anti Pancasila dan menggunakan ideologi komunis mengleng karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan ideologi Pancasila. Diduga ini adalah neo-PKI, karena dulu PKI juga melarang poligami.

Ini negara hukum, selama poligami itu tidak melanggar hukum positif, maka tidak bisa dilarang dan tidak bisa diharamkan.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh l4d13put 15-12-2018 20:32
0
2.7K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.