Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Kapan Sih Mobil Perlu di Spooring-Balancing?
Kapan Sih Mobil Perlu di Spooring-Balancing?



Halo semuanya, balik lagi sama Nubi yang lagi hobi nulis seputar otomotif. Semoga informasi kali ini bisa berguna buat para suhu di sini.emoticon-Nyepi

Pembahasan nubi sekarang ini, soal kenapa sih mobil perlu melakukan spooring dan balancing, terus kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Jadi, berbekal obrolan dengan mekanik andalan Nubi gan, spooring dan balancing merupakan bentuk dari pencegahan dan perawatan komponen kaki-kaki, mulai dari suspensi sampai ban.
 
Fungsi spooring dan balancing, sederhananya menjaga stabilitas roda mobil. Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disanggah oleh komponen suspensi juga seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.



Balancing, biasanya dilakukan waktu Agan membeli mobil ban baru. Perputaran ban akan diukur sebelum dipasang di kaki-kaki mobil. Kalau tidak stabil, biasanya ditambahkan timah pemberat di bibir dalam pelek. Coba deh agan perhatiin, ada ga semacam deretan timah yang menempel di bagian dalam pelek, nah itu salah satu proses balancing.emoticon-Matabelo
 
Sedangkan, Spooring dilakukan untuk meluruskan posisi keempat ban mobil ketika sudah terpasang, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh si pembuat mobil. Jadi lurus tumpuan bebannya di keempat ban. Tidak mengangkang atau mengarah ke dalam perputaran ban-nya.


 
Biasanya, kalau habis ganti ban, sudah wajib deh melakukan sepaket, balancing dan spooring sekaligus.
 
Tapi, kapan kita tahu kapan mobil harus melakukan perawatan itu? Paling gampang adalah, misalnya ada kesempatan lagi jalan lurus dengan kecepatan konstan. Lepaskan tangan dari kemudi, kalau mobil tetap lurus, berarti masih oke. Tapi, kalau sudah ngebuang ke kanan atau ke kiri, artinya sudah harus spooring lagi Gan..emoticon-Cool


Supaya enggak harus sering-sering melakukan spooring, cara paling mudah adalah dengan kurangi kecepatan saat melewati jalan berlubang dan hindari membawa beban yang berlebihan.


(Mayan ya gan... montirnya cakeps..)

Semoga bermanfaat ya gan. Kalau suka sama thread Nubi ini boleh sedikit dikasih cendolnya gan. Terima kasih!!!

Salam Cendol,
emoticon-Toast




0
3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.