• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Musim Hujan Gan, Ini Fitur Berguna Dan 'Wajib' Ada Di Mobilmu!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Musim Hujan Gan, Ini Fitur Berguna Dan 'Wajib' Ada Di Mobilmu!


[ HT# 412 ]

Musim hujan telah tiba. Yes, bagi kita pemilik kendaraan biasanya kesibukan bertambah karena perlu perawatan ekstra dalam merawat kendaraan, terutama mobil yang kita tahu memiliki dimensi lebih besar daripada motor. Oleh karena itu beberapa fitur kekinian di mobil zaman now biasanya memiliki fitur lebih lengkap termasuk fitur untuk musim penghujan.

Kalau dahulu beberapa fitur di bawah ini tidak tersedia di mobil versi lawas, biasanya kita perlu meng upgrade jika memiliki kocek lebih dalam, tapi ada juga beberapa fitur tidak tersedia di mobil modern saat ini, tidak perlu berkecil hati karena tentu saja kita tetap bisa mengupgradenya.




Fitur 1
Control Traction




Atau kita kenal dengan sebutan traksi kontrol. Fitur ini sangat bermanfaat ketika mobil melibas di jalur licin. Agar ban roda tidak mudah slip saat akselerasi maka Control Traction lah yang bertugas menjaga putaran roda lebih stabil terlebih saat mobil manuver dan menikung dalam kecepatqn diats rata-rata hingga tinggi.

Control Traction akan bekerja secara otomatis ketika sensor telah mendeteksi adanya satu atau lebih roda berputar lebih cepat dari normal. Control Traction akan mengirim sinyal untuk mengaktifkan rem sehingga putaran roda dibuat lebih lambat dan terkontrol. Control Traction berbeda dengan ABS yang tugasnya hanya mencegah roda agar tidak mengunci. Control Traction adalah fitur terobosan teknologi terbaru yang kini masih terus disempurnakan.





Fitur 2
Foglamp




Kita kenal dengan sebutan lampu kabut. Ketika hujan datang begitu derasnya atau kabut menyelimuti badan dan pandangan jalan maka fitur Foglamp ini sangatlah berguna. Foglamp atau lampu kabut memiliki jenis lampu berbeda dari headlamp, lampu khusus foglamp sejatinya adalah berwarna kuning yang pancarannya lebih terang dari lampu headlamp sehingga dapat menembus hujan deras dan kabut. Foglamp membantu arah pengemudi dan menunjukkan keberadaan kendaraan kita dari arah berlawanan terutama di waktu malam hari dengan kondisi jarak pandang yang sangat terbatas. Mengganti lampu foglamp selain kuning sangat berbahaya dan tidak di sarankan.

Foglamp berbeda dengan headlamp yang bertugas menerangi jalan jarak jauh di perkotaan, dan posisi headlamp biasanya selalu ada diatas lampu foglamp. Foglamp, karena terangnya melebihi lampu headlamp maka pemilik mobil wajib bijak dalam menggunakannya, selain itu daya listrik forglamp juga terbilang rakus daya.





Fitur 3
TMS




Tire Management System (TMS); atau kita kenal dengan sensor pengukur tekanan ban ideal. Dengan tms ini kita jadi tahu tekanan ideal ban di berbagai kondisi cuaca, tekanan ban yang ideal membuat daya cekram ban misalkan di aspal yang licin menjadi lebih stabil. Idealnya tekanan angin ban tidak boleh lebih atau kurang. Jika tekanan angin berkurang permukaan ban akan menempel di jalan lebih melebar yang berakibat laju mobil jadi lebih berat dan boros bahan bakar. Sebaliknya jika terlalu tinggi tekanan anginnya maka semakin sedikit permukaan ban menempel di permukaan aspal, ban jadi tidak mencengkeram penuh permukaan aspal ini, sangat berbahaya jika kondisi jalan licin apalagi hujan.

Tms sendiri ada beberapa jenisnya, di tanam di dalam ban dan atau di taruh di tutup pentil ban dimana setiap tutup ini memiliki sensor khusus yang akan mengirimkan data ke layar lcd tms. Informasi yang di tampilkan biasanya berupa angka tekanan angin ban dalam satuan PSI, jika tekanan angin berkurang sesuai ketentuan maka tms akan mengirimkan bunyi alarm kepada driver.





Fitur 4
Wiper




Bisa juga kita sebut dengan penyeka air di kaca mobil saat air menutupi jarak pandang driver. Ditemukan oleh Maria Anderson pada tahun 1903 kemudian di kembangkan beberapa model dan jenia oleh penemu berikutnya.

Nah, di mobil modern biasanya wiper ini telah dilengkapi dengan sensor hujan, dimana ketika sensor mengetahui adanya air dengan membaca dingin suhu tertentu wiper ini akan bekerja secara otomatis. Semakin deras hujan turun maka wiper akan bergerak lebih cepat, begitu sebaliknya kecepatan wiper akan berkurang ketika hujan tidak lagi deras tanpa driver mengatur secara manual.





Fitur 5
Defogger




Atau dikenal dengan penghangat kaca belakang, sangat berguna dikala musim hujan. Defogger mampu mengusir embun pada kaca saat hujan turun atau suhu diluar lebih dingin dari suhu di dalam mobil. Embun pqda kaca biasanya sangat mengganggu pandangan driver terutama bagian kaca depan dan belakang.

Tidak semua mobil memiliki fitur ini, tanda kaca mobil memiliki fitur Defogger biasanya terdapat garis-garis horizontal di kaca belakang. Garis-garis ini akan menghantarkan suhu hangat pada kaca sehingga embun bisa di usirnya. Ada dua macam jenis Defogger, yang memanfaatkan udara masuk ke dalam mobil melalui ventilasi yang berada dibagian dasbor kaca depan, dan defogger jenis elektrik biasanya digunakan untuk bagian kaca belakang. Yang perlu di ingat adalah jangan menggunakan fitur ini di musim panas karena akan memperpendek umur kaca dan kaca film. Garis-garis berupa kabel penghantar panas ini juga terbilang ringkih jadi perlu mendapat perhatian khusus agar tidak mudah tersenggol atau terbentur benda keras. Matikan fitur Defogger jika kaca sudah tidak mengembun tujuannya adalah untuk menghemat listrik dan memperpanjang umur defoger itu sendiri.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: internet | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 12-12-2018 14:07
10
7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.