Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Di Korea Selatan, Tak Hanya Pesawat Yang Di Pasang Black Box, Mobilpun Juga

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Di Korea Selatan, Tak Hanya Pesawat Yang Di Pasang Black Box, Mobilpun Juga

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Apa yang terbersit dalam benar GanSis saat mendengar nama Korea Selatan? Apakah drama korea? Atau si unyu - unyuBlack Pink? Jawabannya tentu bermacam - macam tergantung dari apa yang sering terlintas di depan mata kita. Kalau TS sih karena hobby nonton drakor jadi yang teringat tentu adegan - adegan romantis ala - ala drakor. Ceile..

Eits, jangan salah ya, drama korea nggak melulu tentang cinta - cintaan kok. Ada juga drama korea yang berkisah tentang tragedi penbunuhan yang penuh teka - teki. Untuk genre ini, TS sangat suka dengan drama berjudul Defendant. Drama ini berkisah tentang seorang jaksa yang difitnah telah melakukan pembunuhan terhadap istrinya sendiri. Ia berusaha membuktikan bahwa dirinya bersih dari tuduhan tersebut. Perjuangannya tersebut tidak mudah dan penuh tantangan. Cerita yang dikemas apik juga jadi nilai plus drakor yang satu ini. Buat yang penasaran sama cerita dari drakor yang satu ini, mendingan langsung streaming aja deh. Udah banyak kok situs yang menyediakan streaming plus subtittle Bahasa Indonesia.


Di thread kali ini, saya nggak akan bahas mengenai drakornya tetapi salah satu adegan yang sering kita jumpai jika melihat drakor tentang kriminalitas, salah satunya ya di drakor Defendant tadi. Apa itu? Di negeri Ginseng ini polisi lebih mudah memecahkan berbagai tindak kriminal, karena dukungan teknologi yang ada. Misalnya saja, CCTV yang sudah terpasang hampir di semua sudut kota. Tak hanya di jalan - jalan protokol, bahkan CCTV ini juga dipasang disetiap mobil yang ada di Korea. Berbeda dengan CCTV di jalan yang langsung terhubung dengan ruang kontrol Dishubnya Korea, CCTV di dalam mobil ini rekamannya tersimpan dimasing - masing blackbox yang ada di ruang kemudi mobil.


CCTV ini merekam semua aktivitas kendaraan, termasuk jalan raya yang dilalui. Sehingga jika sewaktu - waktu terjadi kecelakaan, pihak berwajib akan dengan mudah melihat kronologi peristiwa tersebut dari kendaraan yang ada disekitarnya. Dari drama - drama yang pernah saya lihat sih, CCTV ini juga bisa merekam audio yang ada di ruang kokpit mobil. Semua pembicaraan yang dilakukan pengemudi juga bisa didengar di blackbox tersebut. Wah canggih ya, mengemudi mobil serasa mengemudi pesawat saja.

Spoiler for rekaman CCTV kecelakaan artis Korea, Kim Joo Hyuk:

Kalau kita sering melihat di acara On The Spotatau semacamnya, yang menampilkan kecelakaan di jalan raya, seperti itulah hasil rekaman dari CCTV yang terpasang pada dashboard mobil. Salah satu kecelakaan jalan raya yang menimpa artis senior Korea, Kim Joo Hyuk juga bisa dilihat dari hasil rekaman CCTV ini. Dengan bantuan rekaman tersebut, polisi dengan mudah mengusut kronologi kecelakaan yang menyebabkan artis tersebut tewas.


Di Indonesia alat ini sebenarnya juga sudah dijual bebas, meski penggunannya masih belum banyak. Di kutip dari Otomotif.net, harga untuk satu buah blackbox mobil sekitar Rp. 2,9 jutaaan. Alat canggih buatan Korea ini tak hanya mampu merekam video jalanan, tapi juga bisa merekam posisi, informasi kecepatan, bahkan getaran mobilpun tersimpan. Jika saja alat ini sudah diwajibkan untuk dipasang diseluruh kendaraan yang ada di Indonesia, maka sudah pasti tidak akan ada lagi saling menyalahkan saat terjadi kecelakaan di jalan raya.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini
Sumur Gambar : Om Google






si.pistol
si.pistol memberi reputasi
4
6.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.