Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bungtariAvatar border
TS
bungtari
Proyek Tol Palembang - Bengkulu Akan Dibangun Mulai Tahun Depan
PT Hutama Karya (Persero) menggarap proyek tol Trans Sumatera. Salah satunya adalah ruas Palembang-Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km).

Rencananya proyek tersebut akan dimulai tahun depan. Manajer Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya Hasan Turcahyo, menyebut jika jalan bebas hambatan tersebut dapat memangkas jarak lintas antara kedua provinsi sepanjang 147 Km dari jarak normal 447 Km atau butuh waktu 5,5 jam.


Quote:


Proyek Tol Palembang - Bengkulu Akan Dibangun Mulai Tahun Depan

Hasan menjelaskan tol Palembang-Bengkulu akan dibagi 3 seksi yaitu Indralaya-Muara Enim 88 Km, Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 Km dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 Km.


Tol Palembang-Bengkulu bakal melewati Bukit Barisan, dan untuk ruas yang melewati Bukit Barisan akan dilengkapi terowongan.

"Kalau untuk panjang terowongan belum diputus apakah 6,67 Km atau mengambil jarak terpendek 5,42 Km," kata Hasan.


Hingga saat ini, Hutama Karya sedang menyiapkan prakonstruksi, antara lain studi kelayakan, AMDAL, dan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT). Semua persiapan itu ditarget rampung pada awal Januari 2019 sebelum nanti tol mulai dikerjakan.

"Setelah semua tahapan itu selesai baru kami bisa melakukan penetapan lokasi. Termasuk pembebasan lahan dan mulai konstruksi," katanya.

Untuk penyelesaian proyek ini sendiri ditaksir menelan biaya sekitar Rp 33 triliun, dan ditarget pada tahun 2022 untuk dua ruas pertama. Sedangkan ruas terakhir selesai pada tahun 2027 mendatang.

Terkait pendanaan, kata Hasan, sejauh ini masih menggunakan skema awal yakni 70 persen penyertaan modal dari negara. Sementara sisanya 30 persen menggunakan pendanaan luar, seperti obligasi atau pinjaman perbankan.

Sebagai imformasi, pemerintah menugaskan PT Hutama Karya menggarap jalan tol Trans Sumatera. Tol nantinya menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.704 Km yang terdiri dari 24 ruas jalan tol.

Spoiler for Sumber:

0
2.2K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.