Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prabocor69Avatar border
TS
prabocor69
Sandiaga Mau Tiru Cara Putin Naikkan Penerimaan Pajak, Efektif?
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan, jika pasangannya terpilih akan menurunkan tarif pajak demi menaikkan rasio penerimaan pajak. Sehingga penerimaan negara bisa meningkat untuk membangun infrastruktur tanpa berutang.

Pasangan itu akan mengadopsi strategi perpajakan yang diterapkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Pada Januari 2001 Rusia menerpkan pajak penghasilan pribadi secara flat (flat tax) sebesar 13% dari semula 80%. Menurut BPN hal itu akan ampuh menaikkan tax ration.

Menurut Kepala Ekonom Bank BCA David Sumual bisa saja penurunan tarif pajak akan berdampak pada kenaikan tingkat kesadaran dari wajib pajak. Namun hal itu membutuhkan waktu.

"Mungkin dalam jangka pendek malah memperburuk, tapi dalam jangka panjang bisa meningkat. Karena harapanya aktivitas meningkat, sehingga tax ratio naik," terangnya kepada detikFinance, Minggu (9/12/2018).

Baca juga: Adakah Negara yang Bisa Bangun Infrastruktur Tanpa Berutang?

Baca juga: Penjelasan BPN soal Janji Sandiaga Lakukan Pembangunan Tanpa Utang

Menurut David setidaknya membutuhkan waktu paling cepat 1 tahun agar kebijakan itu berdampak pada kenaikan tax ratio. Namun dalam kurun waktu itu maka akan ada pengorbanan yang dilakukan.

Penerimaan pajak akan berkurang seiring dengan tarif pajak yang dikurangi. Alhasil harus ada pemangkasan belanja atau trade off, alias pemerintah harus ikat pinggang.

"Jadi harus ada yang dikurangi belanjanya. Mungkin dari anggaran militer, kesehatan atau dari anggaran birokrasi kita yang masih perlu diefisiensikan," tambahnya.

Baca juga: 'Digeruduk' GNCP, Prabowo Bicara Infrastruktur Tanpa Utang

Pemerintah sendiri tahun ini memperkirakan rasio perpajakan sebesar 11,6%. Tahun depan diperkirakan naik menjadi 12,1%.

https://finance.detik.com/berita-eko...-pajak-efektif

Nonsense! russia dari 80% ke 13% flat tax buat semua kalangan.
indo tax badan (perusahaan) 25% mau diturunin brapa lagi? dari mana nambal kekurangan penerimaan pajak?
Pajak penghasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) udah diturunkan jokowi dari 1% jadi 0,5%

indo tax perseorangan tidak kena pajak (ptkp) <54 juta/tahun (UMR 4,5 juta/bulan) sudah dinaikkan jokowi sejak 2015, dimana era sby itu ptkp <24,3 juta /tahun (UMR 2,02 juta/bulan) , lah si bocor katanya mau naikkan ptkp brapa lagi? dari mana nambal kekurangan penerimaan pajak?
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3568060/perjalanan-kebijakan-gaji-bebas-pajak-era-sby-dan-jokowi

reformasi perpajakan jokowi udah konsisten dan betul,
Pertama, melanjutkan reformasi kebijakan fiskal untuk menghadirkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) yang sehat, adil, dan mandiri, serta mendukung peningkatan kesejahteraan, penurunan tingkat kesenjangan, dan peningkatan produktivitas rakyat.

Kedua, melanjutkan reformasi perpajakan yang berkelanjutan untuk mewujudkan keadilan dan kemandirian ekonomi nasional, dengan target terukur, serta memperhatikan iklim usaha dan peningkatan daya saing.

Ketiga, mengoptimalisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan sistem yang terintegrasi serta tata kelola yang lebih transparan dan akuntabel.

Keempat, memperkuat sinergi tiga pilar, berupa kebijakan fiskal, moneter, dan sektor riil guna memperbaiki ketersediaan sumber pembiayaan, menurunkan tingkat bunga, sekaligus mendorong produksi nasional.

bukti

'Kado Manis' Penerimaan Negara dari Sri Mulyani untuk Jokowi
CNN Indonesia-6 Des 2018
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerimaan negara yang tak mencapai target selalu menjadi lagu lama pemerintah hampir setiap menjelang akhir ...
Lampaui Target, Penerimaan Negara Tembus Rp 1.936 T
Detikcom (Siaran Pers)-5 Des 2018
Sri Mulyani Sebut Untuk Pertama Kalinya, Penerimaan Negara akan ...
Serambi Indonesia-5 Des 2018
Pertama Kali Terjadi, Penerimaan Negara Lebih Besar dari Target ...
Tribun Jogja-5 Des 2018
http://jogja.tribunnews.com/2018/12/06/pertama-kali-terjadi-penerimaan-negara-lebih-besar-dari-target-apbn-capai-rp1936-triliun
Diubah oleh prabocor69 10-12-2018 05:29
1
3K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.