si.kiutAvatar border
TS
si.kiut
Menara Eiffel Tutup Akibat Rencana Demo Besar di Paris
Para pengelola berbagai objek wisata penting di ibu kota Prancis, Paris, menyatakan akan menutup tempat-tempat tersebut pada Sabtu (08/12) karena khawatir akan terjadi kerusuhan lagi dalam rencana demonstrasi lanjutan menentang pemerintah. Di antara objek wisata yang akan ditutup meliputi Menara Eiffel, Museum Louvre serta Museum Orsay dan kompleks istana.

Kepolisian juga meminta tempat-tempat usaha di Jalan Champs-Elysees dan kawasan pertokoan lainnya untuk tutup. Mereka juga diperintahkan untuk memindahkan barang-barang dari luar toko, seperti meja dan kursi.


Sejumlah pertandingan sepak bola yang sedianya diadakan Sabtu ini juga ditunda, di antaranya adalah pertandingan antara Paris Montpellier, dan Saint-Etienne melawan Marseille. 
Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, kata Perdana Menteri Edouard Philippe, pihak berwenang menerjunkan 89.000 polisi di seluruh negeri. Di ibu kota, Paris, pihak berwenang akan mengerahkan puluhan kendaraan lapis baja.



Protes ini dimulai tiga minggu lalu. Awalnya menentang kenaikan pajak bahan bakar minyak (BBM), protes tersebut akhirnya mencakup berbagai masalah, termasuk tuntutan reformasi pendidikan dan ketidakpuasan terhadap pemerintah secara umum.


Kelompok pengunjuk rasa disebut sebagai "gilets jaunes" atau rompi kuning karena mereka mengenakan rompi kuning cerah, yang oleh peraturan Prancis diharuskan ada di setiap kendaraan. 
Menurut Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner, gelombang unjuk rasa menentang pemerintah selama tiga minggu terakhir telah "menciptakan raksasa yang lepas dari penciptanya."

Namun diingatkannya bahwa pihak berwenang akan mengambil tindakan secara tegas.

"Saya tidak akan memberikan toleransi kepada mereka yang memanfaatkan kesengsaraan warga," tambahnya.

Ia juga memperingatkan bahwa kelompok-kelompok ekstremis ingin menyusup ke aksi demonstrasi hari Sabtu itu.

Pekan lalu sejumlah lokasi di Paris mengalami pengrusakan, dan akhir pekan ini diperkirakan dalam keadaan semi lumpuh.
Pemerintah kota mengatakan mereka meningkatkan pengamanan tempat-tempat penting setelah Arc de Triomphe, gapura terkenal di Paris, dirusak pekan lalu. 

BBC World - detikNews

GettyImages Unjuk rasa juga berlangsung di lebih dari 280 sekolah di seluruh Prancis.

sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
4
1.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.