• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Sebelum Olimpiade Modern, Dulu Ada Namanya Panhellenic Games

stheft.anouAvatar border
TS
stheft.anou
Sebelum Olimpiade Modern, Dulu Ada Namanya Panhellenic Games
emoticon-Jempol

Gansis

Sedikit banyak, kita tahu kalo olimpiade itu asalnya dari Yunani, sejarah dan semua olahraga bisa dilihat akarnya dari jaman kuno tersebut.
Tapi mungkin yang gak dimasukin di kurikulum adalah percabangan dari olimpiade itu sendiri.

Olimpiade/Olympic tadinya adalah salah satu dari keempat festival olahraga yang menjadi kesatuan dan mereka disebut Panhellenic Games.


Selain Olympic, tiga festival lainnya, dengan urutan sebagai berikut:

Quote:


Isthmian Games


Ada lagi namanya Heraean Games dan Panathenaic Games, tapi gak dimasukin ke panhellenic, bisa jadi karena gak sepopuler 4 sebelumnya. Ditambah lagi, hampir gak ada informasi mengenai festival Heraean Games, membatasi studi dan diskusi yang bisa lahir.

Penonton dari seluruh wilayah Mediterrania bakal berkumpul untuk nonton atlet berkompetisi. Awalnya, cuma orang Yunani yang boleh ikutan. Tapi, besar kemungnkinan, di bawah tekanan Romawi pada era Masehi, atlet non-Yunani bisa berpartisipasi di sejumlah Panhellenic games, tapi memang gak ada info spesifik kapan tepatnya. Mulai dari sini, non-Yunani gak cuma Romawi aja, Raja Persia Varazdat, filsuf Mesir Horus, dan orang asing lainnya boleh ikutan kompetisi, setidaknya sampai era Kaisar Roma Theodosius I tahun 393 Masehi.


Nemean Games Revival


Siklus Olympiad

Keempat Games ini diselenggarakan pada interval yang spesifik selama 4 tahun periode, yang disebut Olympiad. Olympiad di sini bisa digunakan menjadi satuan untuk mengukur tahun, 2 olympiad sama dengan 8 tahun. Tahun di mana Olympic Games dimulai adalah awal dari Olympiad-nya, dengan 3 festival berikutnya ngekor. Siklusnya lalu bakalan diulang.



Panhellenic games menggabung banyak event atletik (juga termasuk kompetisi artistik, seperti baca puisi dan musik). isthmian Games lebih fokus kepada olahraga tarung, sedangkan tiga festival lainnya lebih general. Event atletik primer yang jadi fitur keempat festival ini antara lain:
Quote:

Sekarang gansis jadi tahu, kenapa juga olimpiade 4 tahun sekali digelarnya, karena udah kulturnya.. Bedanya minus tiga festival lainnya, karena dianggap olympic udah bisa ngewakilin semua event olahraga yang ada dari jaman itu.

Semoga pengetahuannya bertambah emoticon-Cendol (S)
5
7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.