alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0944de9a09510d738b4568/temuan-tim-kompas-blangko-e-ktp-asli-dijual-di-pasar-pramuka-hingga-tokopedia
Quote: JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran. Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang. Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan. Peredaran blanko e-KTP tersebut di
Lapor Hansip
06-12-2018 22:48

Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Past Hot Thread
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran.

Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang.

Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan.

Peredaran blanko e-KTP tersebut diketahui berdasarkan penelusuran Tim Kompas.

Seperti dikutip Harian Kompas, di Pasar Pramuka Pojok, yang berada di pojok tikungan yang mempertemukan Jalan Pramuka dan Jalan Salemba Raya, satu lembar blangko e-KTP dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Baca juga: Kemendagri Temukan Pelaku Penjual Blangko E-KTP

AN, salah satu penjual mengaku mendapat blangko dari perusahaan percetakan. Ia mengaku, tidak bisa sembarang orang bisa beli di percetakan tersebut, harus dasar saling percaya.

"Untuk lokasinya, tidak bisa saya sebutkan, karena ini ‘rahasia negara’,” ujar AN.

Satu lembar blangko KTP-el dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Dari AN, Kompas memperoleh satu keping blangko KTP-el baru yang dia jual seharga Rp 200.000.

Baca juga: Temuan Kompas, Blangko E-KTP yang Dijual Bebas Pakai Chip seperti E-KTP Asli

Secara kasat mata, blangko yang dijual AN sangat mirip dengan blangko asli, termasuk hologram di lembar muka blangko.

AN pun meyakinkan bahwa blangko itu asli dan di dalamnya tertanam chip.

AN juga tak ragu menawarkan blangko KTP-el dalam jumlah besar. Dia mengaku siap menyediakan 200-300 lembar jika dibutuhkan.

Sejumlah kios jasa pengetikan dan penjilidan dokumen di Pasar Pramuka Pojok juga menyediakan jasa pembuatan e-KTP asli tapi palsu, alias aspal.

Jasa pembuatan e-KTP aspal dikenakan ongkos Rp 500.000 per lembar.


OD, salah satu penyedia jasa pembuatan KTP-el aspal menjelaskan, data identitas hanya dapat dicetak di lembar blangko.

Ia mengaku tidak dapat merekam data identitas ke dalam chip yang ada di dalam blangko KTP-el.

KTP yang dia buat juga tidak bisa digunakan di instansi yang memiliki alat scan kartu, karena biodatanya tidak masuk ke dalam chip.

Salah satu penjual yang ada di plaftorm e-dagang Tokopedia, blangko KTP-el juga ditawarkan oleh toko Lotusbdl.

Toko yang mengidetifikasi dirinya berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, menawarkan selembar blangko KTP-el seharga Rp 50.000.

Untuk memperolehnya pembeli harus membeli 10 kartu sekaligus seharga Rp 500.000.

Direktur Jenderal Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya langsung menelusuri temuan tim Kompas tersebut.

Hasilnya, pihaknya sudah menemukan pelaku penjual. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya untuk diusut.

Sementara Tokopedia sudah menghapus produk e-KTP dari platform.


https://nasional.kompas.com/read/201...ngga-tokopedia


Pantes barangnya langka emoticon-Imlek
Diubah oleh kaskus.infoforum
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 14:02
Balasan post cebong2019
sorry, komentar anda mengarah tuduhan fisik dan ras, saya sipit, 30 tahun lalu saya lahir dari dibesarkan di indonesia, saya bangga dan cinta dengan negara ini. jujur, komentar anda mengiris hati saya, apakah prasangka dan tuduhan halal di keluarga anda?
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:02
200rb bikin ktp didukcapil gratis asal sabar nunggu aja n belat-belit petugas setempat
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:03
Langsung ringkus penjualnya emoticon-Mad (S)
2 0
2
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:05
diakui negara jika memiliki kartu
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 14:21
Balasan post dedyman19
astagfirullah, semoga Allah buka mata anda gan, dan mengkoreksi kata2 yang anda tulis.
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:24
Kenapa bisa bocoremoticon-Marah
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:26
ada2,setiap kali mau pemilu
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:29
itu blangkonya kw brp gan...?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 14:34
Balasan post mas_paimin
Quote:Original Posted By mas_paimin
maksud nya e-KTP ada chip nya apaan yaak


bentuk nya seperti apa emoticon-Bingung


Chipnya di sekitaran foto, kalau EKTP nya retak disekitaran posisi foto, atau kebelah jadi 2 otomatis chip nya ga kebaca.
Kebetulan kerjaan ane tiap hari scan EKTP pake alat biometrik utk pembukaan rekening mobile banking salah satu bank swasta.
Alat biometrik fungsinya utk tarik data dari EKTP & sidik jari kita yg terdaftar di Dukcapil.
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:36
Quote:Original Posted By cebong2019
gini saja deh
yg plonga plongo nongol di tps modal ktp, tanyain bisa bhs Indonesia ngga? kalau terbata bata dan mencurigakan silahkan mau di apain


Luh knapa?
Nenek gue orang jawa aslik dan gak bisa bahasa indonesiam
Terus dateng ke tps pake bahasa jawa, itu gimana?
Goblog!
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:42
eaa tuntas abis atau pengalihan isuemoticon-Ngakak
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 14:43
Balasan post dwiatmaja
Quote:Original Posted By dwiatmaja


parah emang, buka rekening di bank aja
bank2 besar sekelas bumn gak punya card reader ektp

klo ektp buat copy doank, securitynya dimana coba
pake yang palsu juga aman

emoticon-Leh Uga


Cuma satu bank yg sudah pakai, bank dari Singapore sudah pakai alat biometrik utk pendaftaran salah satu produk mobile banking mereka, kebetulan ane kerja sebagai verifikator nya wkwk udah setahun lebih berjalan, dan yg biasanya daftar akhirnya bisa merasakan FUNGSI dari EKTP mereka emoticon-Wakaka
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:45
wah banyak buronan yg bakal ganti identitas nih
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:47
waduh!!! kalo sim & stnk?? Ijazah?? hehehehe...
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 14:50
Balasan post bukansbytapifby
Quote:Original Posted By bukansbytapifby


Bank emg ga punya alatnya sih gan, tapi kata temen ane yg d Bank udah sinkronisasi dgn data di Dukcapil, jadi tinggal input NIK doang, nanti data yg dibutuhkan Bank muncul, sama ga dgm yg tertera di fisik E-Ktp sama yg di formulir yg diisi nasabah, kalau datanya ga sama ya berarti e-KTP aspal.


oh oke emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 14:51
Bukannya dari dahulukala hal - hal seperti ini dilakukan di Pramuka...aparat hukumnya ngga tegas,kejadian terulang kembali...terulang kembali,tidak membuat mereka jera,untuk pemainnya pastinya pemain lama yang dia dia lagi lah...Bre emoticon-Shakehand2
5 0
5
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:04
buat orang gila gimanaemoticon-Ngakak
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:05
Kudu diusut tuntas tuh, yg ngasih ide aja di .... emoticon-Takut
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:07
emejing yah, sekarang apapun bisa dijual
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:07
Buset dah
Apa aja bisa dijual kalo di indonesia
Sampai blanko e ktp pun juga ikutan dijual
Ntar lagi Nastak Laknat juga bisa dijual ke cinak kali ya
Biar dia tau gimana rasanya dijajah oleh si mata sipit
emoticon-Wakaka
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rizkybond
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia