kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Ingin Hidup Go Green? Ini Masalah Yang Harus Agan Hadapi

Hallo Gan Sist..,

Sudah tahu belum kalau salah satu restoran cepat saji di Indonesia sudah tidak lagi menyediakan sedotan?

Yep, kalau dari yang ane baca sih, restoran cepat saji ini ingin mengurangi sampah pelastik.

Mungkin sebagian Agan Sista berpikir bahwa sedotan itu Cuma sampah yang kecil dan yaahh cukup remeh, tapi tahu ngga, ternyata sedotan plastik menyumbang angka yang cukup tinggi dari total sampah pelastik di dunia. Ngga percaya? Coba cek trit ane yang ini.


Nah, langkah yang dilakukan oleh restoran cepat saji tersebut termasuk go green, tapi apa sih yang dimaksud dengan go green?

Go green kalau boleh ane sederhanakan memiliki pengertian tindakan penyelamatan bumi dengan mengurangi hal-hal yang mampu merusak bumi. Contoh tindakan go green sendiri seperti mengurangi penggunaan energi yang tidak tergantikan, lalu mengurangi sampah, mengurangi polusi udara, ada juga langkah penghijaun dengan menanam pepohonan.

Tujuan dari go green sendri adalah menyelamatkan bumi yang sudah mulai mengalami kerusakan, demi kelangsungan hidup manusia.


Nah, belakangan ini go green sudah jadi gaya hidup loh Gan Sist. Banyak orang yang kini mulai sadar dan beralih berperilaku ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara ekologis, yahh tentunya bertujuan untuk melindungi lingkungan dan mempertahankan sumber daya alamnya untuk generasi saat ini dan juga di masa depan. 

Namun, gaya hidup go green atau ramah lingkungan juga bisa menemui beberapa masalah. Nah, berikut beberapa masalah yang akan kita temui saat ingin beralih ke gaya hidup go green :

1. Minimnya ketersediaan produk ramah lingkungan

Berbeda dengan banyaknya produk yang tidak ramah lingkungan, produk ramah lingkungan justru jarang tersedia. Dan biasanya, kalaupun tersedia, harganya terlalu mahal untuk dibeli.

Spoiler for organic food mahal:

2. Masih jarang yang sadar go green

Walau sudah mulai menjadi gaya hidup, tapi biasanya kita akan kesulitan menemui teman-teman yang memiliki pemikiran yang sama. Pasti di saat kita mencoba hidup lebih ramah lingkungan, ada saja ayang nyinyir. Contohnya nih; “Menggunakan tas kain pas belanja ngga akan menyelamatkan planet ini deh.” “Yaelah, lu ngga mau pakai sedotan plastik? Di luar sana ratusan juta orang minum pakai sedotan plastik. Tetap aja sampah plastik berserabaran di mana-mana.”

Sebel yah Gan Sist? 

Spoiler for sering diketawain:

3. Orang yang membuang sampah sembarangan masih banyak

Di saat kita sudah membuang sampah pada tempatnya, lalu di pisahkan antara sampah organik dan anorganik, ehh ada aja orang yang lempar sampah ke kali. Ada aja orang yang buang sampah dari dalam mobil ke jalanan, dan lain sebagainya yang bikin kesel hati. 


4. Supermarket dan minimarket tidak mendukung go green

Beberapa tahun yang lalu, Pemerintah sempat mengenakan biaya untuk penggunaan kantong pelastik. Namun sayangnya, peraturan tersebut tidak dilanjutkan, dan kini orang tetap saja menggunakan banyak pelastik. Gimana mau bebas pelastik??

Spoiler for belanjaan masih banyak yang pakai plastik:

5. Minimnya dukungan pemerintah

Seperti yang kita tahu, walau Pemerintah sudah menghimbau agar mobil pribadi tidak menggunakan bahan bakar premium, tapi tetap saja masih banyak yang menggunakan.

Lalu, eksploitasi lahan hutan ilegal juga masih banyak terjadi. 

Kalau menurut ane sih, Pemerintah bisa tegas dalam hal-hal ini, demi membuat Indonesia tetap hijau.


Well, kalau menurut ane sih memang perubahan itu ngga bakalan terjadi dalam waktu singkat. Jangan menyeraha Gan Sist, untuk mencoba gaya hidup go green, walau kita sendirian yang melakukannya. Karena dengan melakukannya dengan konsisten, kita bisa kok menularkannya ke teman-teman terdekat kita. Dan bisa jadi efeknya jadi makin luas.

Yah kalau soal dukungan Pemerintah, ane rasa kalau sudah semakin banyak yang aware dengan gaya hidup go green, pastinya bisa bikin perubahan ke jajaran pemerintahan sih.


Nah, itu dia Gan Sist, 5 masalah yang bakal paling sering kita temui pada saat kita ingin beralih ke gaya hidup go green. Menurut Agan Sista, masalah apa lagi sih yang bakalan kita temui dengan gaya hidup go green??


sumber tulisan : pengalaman ane

tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
4.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.