Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12
Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Ada nggak sih dari kalian ketika pertama kali mencoba jadi traveler mengalami kebingungan soal benda-benda apa sih yang harus banget dibawa dalam perjalanan? Atau cuma gue doang? Hihihi... 

Waktu pertama kali merencanakan perjalanan ala backpacker dulu gue kayak gitu tuh. Tujuan gue cuma Singapura doang padahal, tapi bingungnya minta ampun! Wajar dong namanya juga perjalanan pertama. Selain itu, mendengar cerita orang-orang soal segala hal di Singapura itu mahal, jadi kan ada baiknya sudah persiapan aja dari rumah. Daripada nanti di sana harus ribet lagi. Dalam proses persiapan sebelum berangkat ini biasanya mereka yang baru pertama kali jalan sendiri akan bertanya-tanya tentang banyak hal.

Perlu bawa koper nggak sih sebenarnya?

Kalau bawa ransel, segede apa ya ranselnya supaya semua kebutuhan selama beberapa hari di sana cukup masuk ke dalam?

Kalau nggak cukup di ransel dan mau bawa tas jinjing satu lagi bakalan ribet nggak ya?

Meskipun sekarang itungannya gue udah termasuk yang sering pergi-pergi, pertanyaan-pertanyaan ini masih tetap muncul kok setiap melakukan persiapan atau packing. Apalagi gue adalah tipe orang yang hampir selalu bawa kebanyakan barang karena merasa butuh ini dan itu, padahal sebenarnya setelah sampai sana nggak dipakai sama sekali. Ini terjadi berkali-kali soalnya. Hihihi... Semacam tidak belajar dari kesalahan.

Tapi di antara baju dan celana yang dibawa kebanyakan dan celana dalam yang melimpah ruah karena takut dibutuhkan berlebih, juga kebutuhan kamera dan tetek-bengeknya, ada benda-benda yang menurut gue penting banget untuk masuk ke dalam koper atau ransel lo dalam sebuah perjalanan. Baik ke luar negeri ataupun di dalam negeri. Setidaknya, dalam sepengalaman gue, benda-benda ini membantu untuk mempermudah, meringkas urusan, dan membuat semuanya jadi lebih rapi dan terorganisasi.

1. Kebutuhan Kelistrikan

Gue menyebutnya kebutuhkan kelistrikan soalnya memang benda-benda yang ada di dalam daftar ini terkait dengan colokan listrik. Nomor satu di daftar ini adalah Colokan Ganda atau apapun lo menyebutnya.

Di setiap perjalanan gue nggak pernah bisa nggak bawa laptop. Gue punya dua handphone yang punya fungsi berbeda. Gue juga bawa kamera. Itu aja berarti sudah butuh empat lobang colokan yang berbeda kalau semua bendanya butuh listrik di waktu yang bersamaan. Kadang-kadang kalau nginep di hotel atau hostel sharing room dengan dormitory gitu, posisi-posisi colokannya selain nggak ideal juga kadang-kadang tidak tersedia dalam jumlah yang banyak. Maka di sinilah benda ini berguna. Dari pada repot gilir-giliran ngecasnya, mending sekalian kan. Lebih hemat waktu.

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Selain colokan ganda, yang penting lainnya adalah Universal Travel Adapter. Terutama buat mereka yang doyan jalan-jalan ke luar negeri, atau dalam contoh di pembuka Thread ini ke Singapura misalnya. Karena colokan di Indonesia dan di Singapura berbeda, jadi ini wajib banget di bawa. Universal Travel Adapter menyediakan banyak tipe colokan dari berbagai negara. Jadi dengan punya satu ini, lo bisa pakai di banyak negara dengan berbagai tipe colokan. Sekali beli investasi buat selamanya deh!

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Yang penting lainnya adalah Travel Charger untuk smartphone lo. Travel Charger biasanya punya kemampuan charging yang lebih cepat sehingga lebih efisien waktu. Tapi seharusnya kalau handphone lo adalah brand kekinian yang sudah support fast charging, ini nggak akan jadi masalah sih.

2. Travel Pouch/Organizer

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Travel pouch/organizer biasanya dijual sepaket dan isinya banyak dalam berbagai ukuran yang bisa dipakai untuk menyimpan benda-benda kecil lo selama perjalanan. Termasuk segala Kebutuhan Kelistrikan lo juga. Buat sebagian orang mungkin nggak menganggap ini penting, tapi traveler's bag kayak gini bikin lo jadi lebih gampang menemukan apa yang lo butuhkan tanpa harus membuat koper lo berantakan dalam proses mencari benda tertentu. Lebih teratur dan rapi!

Jadi lo bisa memisahkan kebutuhan mandi di satu kantong dan Kebutuhan Kelistrikan di kantong yang lain. Biasanya gue juga menyediakan satu kantong yang agak besar untuk pakaian-pakaian kotor yang nggak akan sempat dicuci selama perjalanan. Jadi nggak akan kecampur sama benda-benda lain yang ada di dalam koper. 

3. Sling bag

Gue dulu selalu bertanya, buat apa sih orang pakai sling bag padahal mereka sudah menggendong ransel. Apa nggak ribet?

Jawabannya ternyata memang ada dua. Ribet dan nggak ribet.

Ribet kalau misalnya dilihat kok kayaknya banyak banget bawa tas gitu. Terus kalau mau ke toilet misalnya juga ribet harus mencopot dua tas sebelum melakukan ritual di dalam sana. Tapi sling bag akan sangat membantu juga dalam banyak hal sehingga membuat kita nggak ribet.

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Gue biasanya menggunakan tas ini untuk menyimpan benda-benda yang selalu gue butuhkan setiap saat sepanjang perjalanan. Jadi sling bag gue isinya:

1. Handphone
2. Powerbank & kabel charger
3. Sedikit uang tunai kalau kepepet
4. Kartu debit, kartu kredit, KTP. 
5. Paspor dan pulpen

Biasanya dompet akan gue simpan di ransel atau di koper beberapa benda yang ada di dompet, yang akan sering dikeluarkan, gue pindah ke sling bag itu. Gue juga bukan tipe orang yang suka naruh dompet di kantong belakang celana karena pernah punya pengalaman kartu-kartu patah karena sering didudukin wkwkwkkw. Jadi ketika check in (penerbangan domestik) nggak perlu bongkar ransel buat merogoh dompet untuk ngambil KTP karena tinggal buka retsleting slig bag di dada, semua bisa selesai dengan cepat dan simpel. 

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Begitu juga kalau sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Sling bag ini nyaman deh dipakai buat nyimpen paspor jadi gampang merogohnya ketika berhadapan dengan petugas imigrasi. Lalu ketika mendarat dan keluar dari imigrasi negara tujuan, kalau harus mengisi kartu pengunjung, tinggal rogoh pulpen dan paspor lagi. Gampang!

4. Tabir surya dan lip balm

Kesalahan yang selalu gue lakukan dalam perjalanan-perjalanan gue ke manapun adalah nggak pernah membawa tabir surya dan lip balm. Oke, mungkin di kasus ini tergantung kondisi dan kenyamanan masing-masing orang sih ya. Dan juga tergantung cuaca dan negara tujuan. 

Tabir surya sangat diperlukan dalam perjalanan-perjalanan outdoor kayak pantai atau ke kota-kota panas dan negara-negara tropis kayak Thailand gitu. Memang sih enggak 100% membantu membuat lo tidak kusam ketika kembali. Tapi paling nggak after effect dari terpaan sinar mataharinya nggak ekstrem banget. Jadi kulit lo juga bisa lebih terlindungi dan recovery-nya jadi lebih cepat. Ada orang yang nyaman memamerkan kulit gosong abis liburannya di kantor, ada juga orang yang enggak. Daripada kulit lo rusak, mending repot dikit deh masukin tabir surya ke dalam kantong peralatan mandi.

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Yang penting lainnya adalah lip balm. Apalagi kalau kalian melakukan perjalanan di musim dingin atau berangin kayak winter dan autumn gitu. Lip balm penting banget untuk melembabkan bibir karena angin yang merusak. Pernah di suatu musim dingin gue ke Korea dan nggak pakai lipbalm sama sekali, alhasil bibir pecah-pecah dan nggak nyaman euy. Malah pernah sampai berdarah. Terus foto-fotonya jadi jelek. Sebel!

Demi Liburan Nyaman, Barang-barang Ini Wajib Diburu di 12.12


Nah, mumpung sebentar lagi akan ada sale besar-besaran di berbagai market place online di Indonesia, bisa nih lo berburu barang-barang diskon buat liburan lo selanjutnya. Jangan lewatkan momen 12.12 tahun ini untuk cari semua kebutuhan liburan lo. Beberapa di antaranya mungkin barang-barang yang gue sebutkan di atas. Tapi kalau lo butuh koper, ransel, bahkan tiket sekalipun, ini waktunya buat nyicil beli perlengkapan.

Demi liburan berfaedah dan menyenangkan, bray! 

Sebelum belanja, baca dulu Thread gue tentang Deretan Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Belanja 12.12  supaya makin faedah belanjanya.
1
1.2K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.