Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aki2titasikAvatar border
TS
aki2titasik
4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif
4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif


emoticon-JempolSELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA! emoticon-Jempol


Kontrol Minset 

4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif



Tahukah agan bahwa sebagian tindakan kita sehari - hari berasal dari kebiasaan yang telah lama terbentuk?


Mari kita gunakan contoh:


Kebiasaan menggunakan alarm untuk membantu kita bangun tidur lebih awal ternyata dapat memicu pikiran kita menjadi lebih negatif bagi sebagian orang. Sadarkah agan dengan menggunakan alarm memicu pikiran kita menjadi lebih malas untuk bangun di pagi hari, merasa lelah dan tidak sedikit yang mengawali harinya dengan marah - marah karena kekurangan waktu tidur.


Jika agan memiliki kecenderungan seperti contoh diatas, ada baiknya agan mulai merubah pola nya. Memang untuk merubah suatu pola pikir butuh waktu. Tapi cobalah beberapa tips sederhana ini.

Daripada agan berpikir "Saya harus bangun lebih awal". Mending pikirkan sesuatu yang lebih positif seperti. "Dengan bangun lebih awal saya bisa beraktivitas dipagi hari dengan udara yg segar". Atau bisa juga, "Saya harus bangun lebih awal karena saya masih ingin menjalani hidup".


Fokuslah Pada Sesuatu

4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif



Satu hal yang harus agan sadari bahwa selalu saja ada positif dan negatif dalam kehidupan. Tetapi agan tentu bisa mengendalikan yang mana yang harus agan pilih untuk mempengaruhi hidup agan.


Coba lihatlah berapa kali agan buang-buang energi untuk memikirkan masa lalu agan? Berapa banyak energi yang terbuang hanya untuk memikirkan yang pada akhirnya tidak penting?


Seharusnya kita tidak perlu memikirkan segalanya. Seperti apa yang teman - teman kita pikirkan tentang agan, apa yang dikatakan orang - orang di media social atau merasa terganggu oleh rekan kerja yang membicarakan agan dibelakang.

Pada akhirnya agan tidak akan pernah bisa menang dalam semua aspek kehidupan agan. Agan tidak bisa memfokuskan energi pada semuanya.


Kata - Kata Positif

4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif



Pernahkah agan memperhatikan bagaimana orang yang positif dan bahagia cenderung menyebarkan suasana hati mereka kepada orang lain di sekitar mereka? Biasanya senyum disambut dengan senyuman lain. Percakapan yang positif kemungkinan besar akan dipenuhi dengan nada bicara yang baik pula.


Begitu agan mulai menggunakan kata-kata yang lebih positif, itu tidak hanya akan memengaruhi cara berpikir agan sendiri, tetapi itu juga akan memengaruhi orang-orang di sekitar agan.


Dengan menghafal daftar kata-kata positif, agan dapat memaksa otak agan untuk menggunakan kata-kata positif lebih sering dan ini akan membantu agan menjalani kehidupan yang lebih positif.

Dengan cara yang sama agan dapat memprogram ulang pola pikir agan, agan dapat menulis ulang kosakata agan. Kata-kata akan datang sendiri kepada agan secara alami dan pandangan agan akan berubah.


Berani Berkata "Tidak"

4 Cara Menjalani Hidup Lebih Positif


Bagi sebagian orang, sulit untuk mengatakan tidak, karena itu berarti agan akan membuat seseorang tidak nyaman atau membuang sebuah peluang. Jika dilihat lagi antara "ya" dan "tidak", kebanyakan orang akan menilai kata "tidak" sebagai kata berkonotasi negatif.


Hal yang dilupakan orang adalah agan tidak bisa mengatakan "ya" untuk semuanya. Saat agan mengatakan "ya" pada sesuatu, agan juga mengatakan tidak ada hal lain. Sebagai contoh, atasan agan meminta agan untuk lembur menyelesaikan suatu proyek, lalu agan mengatakan "ya" karena agan tidak ingin mengecewakannya. Pada saat yang sama, mungkin agan akan kehilangan waktu bermain bersama anak-anak agan, meskipun agan sudah berjanji kepada mereka untuk pulang lebih awal.

Sumber: Maria Jensen - Lifehack.Org

Quote:
Diubah oleh aki2titasik 06-12-2018 08:30
0
1.2K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.