Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Heart to Heart
  • Tiga Pertanyaan yg Membantu Untuk Menjawab Tentang Tujuan Hidup: Purpose atau Goals

KarlindaAvatar border
TS
Karlinda
Tiga Pertanyaan yg Membantu Untuk Menjawab Tentang Tujuan Hidup: Purpose atau Goals


Agan masih pada bingung gak sih kalau ditanya tentang tujuan hidup? Gw sih akhir-akhir ini lagi galau dengan hidup gw sendiri. Gw merasa hampa dengan apa yang udah gw dapetin selama ini. Kalaua ditanya tujuan hidup gw adalah kemampanan, ya bisa dibilang gw udah mapan. Lalu gw mikir-mikir gw pengen jadi CTO atau CEO, terus pengen jadi Data Scientist lah, pengen jadi dosenlah, dan sebagainya. Terus kalau gw jawab untuk beribadah rada bullshit juga. Buat gw ibadah adalah keseharian gw. Lagian gw juga bukan orang saleh-saleh amat.

Semua ide masuk di kepala bikin campur aduk dan gak karu-karuan. Suatu hari gw ngehadirin seminar self development gitu, dan gw bertanya tentang gimana caranya nentuin hidup kita. Gw nanya darimana kita tahu this is the right things to do?

Sebelum gw bahas lebih lanjut gw kasih penjelasan, kenapa gw pake istilah purpose sama goals. Ya kalau lu artiin di bahasa Indonesia artinya sama yaitu TUJUAN.

Menurut Cambridge Dictionary:

Quote:


Quote:


Jadi purpose bisa diartikan sebagai alasan atau "reason" sedangkan goals adalah sesuatu yang ingin kita capai dan tentunya ada jangka waktunya. Kalau menurut gw goals itu sifatnya kaya proyek alias ada timelinenya.

Jawaban pemateri simpel sih kurang lebih begini deh:

Quote:


Setelah balik dari seminar itu gw jadi banyak mikir. Gw mikirin tuh betul-betul kata-kata pemateri. Gw masih buram dengan tujuan hidup gw sendiri. Gw banyak bengong, nanya diri sama diri gw sendiri. Nih gw share yang gw lakuin buat menjawab kegalaun gw sendiri tentang tujuan hidup.

1. Gw bayangin diri gw 5 sampai 10 tahun kedepan. Kira-kira seandainya hal-hal yang gw mau tercapai gimana perasaan gw? 

Let say lah gw jadi CEO atau CTO sebuah perusahaan, terus tindakan apa yang bakal gw lakukan selanjutnya. Gw sih selalu berpikir kalau gw gak akan terus menerus ngantor. Suatu saat gw mau berhenti kerja kantoran. So gw ngambil kesimpulan punya jabatan tinggi di perusahaan bukan tujuan hidup gw.

2. Lalu gw mikir hal apa yang mau gw lakuin sepanjang hidup gw tanpa gw mikir bakal berhenti. Malah mau gw lakuin sampe akhir hayat gw. 

Gw mikir cukup lama untuk ngejawab pertanyaan ini. Terus gw bayangin hal apa yang udah lama ada di benak gw terus terbayang tapi selalu gw abaikan. Gw selalu mikir gw butuh makan maka gw harus kerja kantoran, karena di pekerjaan gw, gw dapat gaji yang lumayan banget. Untuk menjawab pertanyaan ini gw inget pertanyaan tentang passion.

3. Hal apa yang lu pengen lakuin kalau lu punya uang banyak dan gak usah pake kerja?

Akhirnya gw nemuin apa yang mau gw lakuin sepanjang hidup untuk memaknai hidup gw. 

Gw mau mau jadi penulis Gan. Gw mau belajar banyak, baca buku yang banyak, diskusi yang banyak supaya gw bisa tuangin dalam tulisan. Berbagi ide sama pandangan buat lo semua. Gw berharap apa yang gw tulis ngasih pengaruh positif buat yang baca.

Tapi inget Gan, ini bukan berarti gw ngebuang semua yang gw punya saat ini. Bukan berarti gw berhenti kerja dan fokus buat nulis. Gw masih butuh makan gan. Lu jangan konyol lah. Ngejar passion boleh tapi harus tetep mikirin kondisi ekonomi. Suatu saat gw bakal berhenti kerja, tapi gw gak akan berhenti nulis.

Buat agan yang masih galau dengan menentukan tujuan hidup semoga pengalaman gw ini bisa membantu. Share juga gan pendapat lu tentang tujuan hidup.

quotes dari gw gan:

Quote:



Kalau agan penasaran sama seminarnya nih di mari gan sumur

emoticon-Toast
Diubah oleh Karlinda 26-11-2018 09:46
decodeca
lsenseyel
lsenseyel dan decodeca memberi reputasi
10
13.1K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.