rescookerAvatar border
TS
rescooker
Beberapa Olahan Tempe Unik Dan Yang Pasti Enak Srkalai
Assalamualaikum agan and sist balik lgi nih sama ane si newbe monggo di baca ya,, gratis tis tis hehehe

BUKAN CUMA DIGORENG, INILAH 6 RESEP MASAKAN TEMPE

minar • 15 Juli 2018 • 



Hallo, semua. Kali ini rescooker.com akan menyajikan 6 Resep Masakan Tempe. Mungkin bunda atau temen-teman semua merasa bosan, jika memasak tempe hanya digoreng. Oleh karena itu, yu cobain resep masakan tempe yang mudah dan enak berikut ini.

Resep Masakan Tempe:

Resep Membuat Bakso Tempe



 

Bahan-bahan:

1 papan tempe100 gram tepung terigu200 gram tepung sagu1 butir telur2 siung bawang putih (haluskan)Secukupnya penyedap rasaSecukupnya garam2 sdm minyak sayurSecukupnya air biasa untuk merebus adonanSecukupnya air es untuk membuat adonan

Cara Membuat:

Potong-potong tempe menjadi beberapa bagian kecil, kemudian kukuslah hingga empuk dan haluskan.Buatlah adonan dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung sagu, telur, bawang putih yang dihaluskan. Aduk hingga tercampur rata, kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga tercampur rata.Tuangkan air es secukupnya, agar adonan bisa dibentuk.Bentuklah adonan menjadi bakso yang seperti pada umumnya atau bisa juga disesuaikan dengan selera.Didihkan air, tambahkan minyak sayur cukup dengan 2 sdm makan.Masukkan adonan bakso ke dalam air mendidih tersebut, masak hingga matang. Bakso akan mengapung jika telah matang.Bakso Tempe siap disajikan.

Resep Membuat Nugget Tempe




Bahan-bahan Adonan:

1 papan tempe (haluskan)3 sdm tepung terigu2 siung bawang putih (haluskan)1 butir telur (kocok lepas)2 sdt garam1 sdt merica bubuk

Bahan Lain:

Secukupnya minyak goreng

Bahan Pelapis:

200 gram tepung roti / tepung panir (sisihkan dalam sebuah wadah)2 butir putih telur (sisihkan dalam sebuah wadah, kocok lepas)

Cara Membuat:

Buatlah adonan dengan cara mencampurkan semua bahan-bahan adonan (tempe yang telah dihaluskan, tepung terigu, bawang putih yang telah dihaluskan, telur yang telah dikocok lepas, merica bubuk, dan garam).Setelah adonan dibuat hingga tercampur rata, ambil sedikit demi sedikit kemudian dibentuk menjadi nugget pada umumnya atau sesuaikan selera.Celupkan nugget kedalam putih telur dan gulingkan pula ke dalam tepung roti.Panaskan minyak, kemudian gorenglah nugget hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.Angkat dan sajikan.

Resep Membuat Pekedal Tempe



Bahan-bahan:

1 papan tempe (dipotong-potong , dikukus, dan dihaluskan)3 sdm tepung terigu2 batang dauh bawang (diiris)3 siung bawang merah (haluskan)3 siung bawang putih (haluskan)2 sdt garam (atau bisa sesuaikan selera)Secukupnya penyedap rasa

Bahan pelapis:

2 butir telur5 sdm tepung (dicampur dengan garam dan lada bubuk)

Cara Membuat:

Campurkan tempe (yang telah dikukus dan dihaluskan) dengan bawang merah dan putih yang telah dihaluskan. Tambahkan irisan daun bawang, dan satu butir telur ayam. Aduk hingga merata, dan tambahkan tepung terigu. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur rata.Bentuk adonan menjadi bulat, atau sesuai selera. Celupkan ke bahan pelapis yaitu telur, kemudian gulingkan kebahan pelapis yaitu tepung.Panaskan minyak, gorenglah adonan tempe hingga matang. Jika telah berwarna kuning kecoklatan, angkat.Perkedal tempe siap disajikan.

 

Resep Membuat Sate Tempe



Bahan-bahan:

1 papan tempe (potong bentuk kubus, seperti pada gambar)6 siung bawang merah4 siung bawang putih100 ml santan1 sdt ketumbar3 cm lengkuas (memarkan)3 cm kunyit2 lembar daun salam3 sdm kecap manisSecukupnya garam dan gula (disesuaikan selera)

Cara Membuat:

Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kunyit.Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan santan, tempe(yang telah dipotong bentuk kubus), lengkuas (yang telah dimemarkan), dan daun salam. Masak hingga bumbu meresap kedalam tempe.Tusuklah tempe seperti pada gambar, namun hati-hati agar tempe tidak hancur. Bakar sebentar sambil diolesi kecap manis.Sate tempe siap disajikan.

Resep Membuat Sambal Tempe



Bahan Utama:

1 papan tempe (potong, dan goreng setengah matang)

Bahan Bumbu:

6 siung bawang merah3 siung bawang putih10 buah cabai rawit5 buah cabai merah keriting3 sdt garam (atau sesuaikan selera)1 sdt gula (atau sesuaikan selera)

Bahan Pelengkap:

kemangi

Cara Membuat:

Panaskan minyak, gorenglah cabai merah dan cabai rawit sebelum dihaluskan. Cukup selama 3-5 menit.Siapkan ulekan, dan haluskan cabai yang telah digoreng bersamaan dengan semua bahan bumbu. Ulek hingga tercmpur rata.Masukkan pula tempe, dan ulek hingga tercampur rata. Cicipi, jika dirasa ada yang kurang, maka tambahkan bumbu.Jika suka, bisa ditambahkan pula kemangi yang telah dicuci bersih.Sambal tempe siap disajikan.

Resep Membuat Tempe Penyet



Bahan Tempe Penyet:

1 papan tempe (potong seperti pada gambar, dan goreng setengah matang)2 siung bawang putih1 L air¼ sdt garamSecukupnya minyak goreng

Bahan Sambal Penyet:

4 siung bawang merah2 siung bawang putih8 buah cabai rawit5 buah cabai merah1 buah tomat¼ sdt garam¼ sdt gula¼ sachet terasi kecil

Cara Membuat:

Siapakan bahan tempe penyet, kemudian haluskan bawang putih, taruslah dalam sebuah wadah. Tambahkan air dan garam, aduk hingga merata. Diamkan selama 3-5 menit, hingga bumbu meresap.Panaskan minyak, gorenglah tempe hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.Siapkan bahan sambal penyet, gorenglah semua bahan sambal kecuali terasi, gula, dan garam. Goreng sebentar sekitar 2 menit.Siapakan ulekan, dan haluskan semua bahan yang telah digoreng tadi. Tambahkan pula terasi , gula, dan garam. Ulek hingga merata. Cicipi, jika dirasa ada yang kurang maka tambahkan lagi bumbu sesuai selera.Sajikan tempe yang telah digoreng dengan cara dipenyet dengan sambal.

Itulah 6 Resep Masakan Tempe, selamat mencoba ya.


Atau juga kunjungi website ane gan sis banyak artikel makanan lainnya.. untu link di bawah ini ya gan sis yg baik


https://rescooker.com
cheria021
cheria021 memberi reputasi
2
6.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.