Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ranganuAvatar border
TS
ranganu
negaramaju dah lama berlaku pinjaman bank untuk pendidikan
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meminta pemimpin perbankan di tanah air untuk membuat skema pinjaman kepada pelajar guna mendanai pendidikannya (student loan). Jenis kredit seperti itu telah diterapkan di sejumlah negara maju, seperti Amerika Serikat.

Jokowi meyebut total pinjaman kartu kredit di AS mencapai US$800 miliar. Sementara itu, pinjaman kepada pelajar mencapai US$1,3 triliun.

"Saya ingin memberi PR dengan namanya student loan (ke perbankan). Kaget saya membaca informasi kredit pendidikan di AS," ucap Jokowi di Istana Negara, Kamis (15/3).


Lihat juga:Agar Duit Tak Lari Keluar, Jokowi Buka Pintu Buat Bank Asing

Menurutnya, hal itu perlu diterapkan di Indonesia sehingga sifat konsumtif masyarakat bisa pindah ke hal-hal produktif, seperti pendidikan. Pinjaman untuk pelajar diyakini bisa menjadi produk finansial bank di Indonesia.

"Tolong ini dipelajari. Ini bisa jadi produk baru perbankan. Jadi tolong potensi inovasi menjadi perhatian serius," tuturnya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan kredit untuk keperluan pendidikan sebenarnya sudah ada di Indonesia, tetapi tak khusus diberikan pada pelajar. Kredit tersebut biasanya dikemas secara umum dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Lihat juga:Warga Minta Tambahan Modal usaha ke Jokowi

"Nanti akan kami kembangkan secara khusus (pinjaman untuk pelajar). Bunganya tentu harus rendah dan sangat murah," terang doa.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyambut baik tugas baru yang diberikan Jokowi. Pinjaman bagi pelajar, diakui Kartika, merupakan hal yang lumrah di luar negeri, tapi belum direalisasikan di Indonesia.

"Karena tidak ada elektronik identifikasi kadang-kadang perpindahan susah. Mahasiswa pindah-pindah. Nanti kami coba gagas ini berbasis perguruan tinggi," kata Tiko....... (agi/bir)https://www.google.co.id/url?q=https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20180315132702-78-283245/jokowi-minta-perbankan-siapkan-kredit-untuk-pelajar&sa=U&ved=2ahUKEwjUx5bKh__eAhWGWX0KHSehAksQFjAFegQIAxAB&usg=AOvVaw1jOLsYo4tGrN6qpIl1sGi_....emoticon-Leh Uga .biar pemerintah bertanggung jawab andai lulusan tak dapat kerja dan tidak bisa bayar cicilanemoticon-Ngakak selama ini enak amerrr
Diubah oleh ranganu 01-12-2018 17:20
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.